soal dan kisi- kisi materi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2017/11/soal-dan-kisi-kisi-materi-cara-makhluk.html
Lampiran
Penilaian
1.
Tes
pilihan ganda
A.
Pilihlah salah satu jawaban yang benar!
1. Burung
pemakan daging memiliki bentuk paruh runcing, tajam, dan melengkung. Paruh
tersebut berfungsi untuk mencabik-cabik mangsa. Contoh burung tersebut adalah
......
a.
Burung kakatua b. Burung bangau
b.
Burung elang c. Burung kolibri
2. Berikut
ini merupakan contoh tipe mulut serangga penusuk dan pengisap adalah ......
a.
Kumbang c.
Nyamuk
b.
Kupu-kupu d, lalat
3. Itik
memiliki paruh yang pipih. Paruh tersebut berfungsi untuk.....
a.
Memecah biji-bijian yang keras
b.
Memudahkan mencari makanan dalam air
c.
Mematuk pohon yang lapuk
d.
Menciduk ikan dalam air
4. Sapi
adalah hewan herbivor. Gigi taring sapi tumbuh hampir menyerupai gigi serinya.
Gigi-gigi ini berfungsi .....
a.
Menggigit dan mencabik makanan
b.
Mencincang dan memotong daging
c.
Memotong rerumputan dan dedaunan
d.
Memakan buah-buahan
5. Contoh
burung perenang yang memiliki kaki berselaput untuk berenang...
a.
Bebek
b.
Elang
c.
Pelatuk
d.
Kolibri
6. Bentuk
kaki atau kuku burung berbeda-beda. Perbedaan tersebut disesuaikan dengan
.......
a.
Tempat tinggal
b.
Fungsinya
c.
Cara melindungi diri
d.
Makanannya
7. Bagian
tubuh penguin yang membuat hangat dan tidak merasa dingin adalah ....
a.
Paru c.
Lapisan lemak
b.
Bulu d.
Sayap
8. Contoh
hewan yang mampu memutuskan bagian tubuhnya ketika terancam oleh musuh adalah kecuali.....
a.
Kadal c.
Tokek
b.
Cecak
d. Bunglon
9. Hewan
yang berpura-pura mati ketika diserang musuh adalah ....
a.
Kecoa c.
Belalang
b.
Cecak d.
Lebah
10.
Cara melindungi diri dengan merubah
warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya disebut ......
a.
Autotomi c. Hibernasi
b.
Mimikri d.
Menyengat
Skor akhir = x 100%
B. Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Sebutkan 4 contoh hewan yang termasuk
karnivor, yang memiliki gigi dan taring yang tajam!
2.
Mengapa unta bertahan hidup di padang
pasir yang panas dan sanggup tidak makan atau minum selama berhari-hari?
3.
Jelaskan bagaimana bunglon melindungi
dirinya dari musuh?
4.
Tuliskan cara-cara hewan melindungi
dirinya!
5.
Sebutkan 3 hewan yang melindungi dirinya
dari musuh dengan cara memutuskan ekornya!
Skor akhir = x 100%
Rubik penilaian
Pedom dan penskoran
untuk penilaian tes tulis
A.
Soal pilihan ganda
No
|
Tujuan
pembelajaran
|
Pertanyaan
|
Level
kognitif
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Dengan
diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat
menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri untuk memperoleh makanannya
dengan benar
|
Burung pemakan
daging memiliki bentuk paruh runcing, tajam, dan melengkung. Paruh tersebut
berfungsi untuk mencabik-cabik mangsa. Contoh burung tersebut adalah ......
|
C1
|
b. Burung elang
|
2
|
2.
|
Dengan
diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat
menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri untuk memperoleh makanannya
dengan benar
|
Berikut ini
merupakan contoh tipe mulut serangga penusuk dan pengisap adalah ......
|
C1
|
c. Nyamuk
|
1
|
3.
|
Dengan
menggunakan media gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk
kenampakan buatan dengan benar
|
Itik memiliki
paruh yang pipih. Paruh tersebut berfungsi untuk.....
|
C2
|
d. Memudahkan
mencari makanan dalam air
|
3
|
4.
|
Dengan
diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat
menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk memperoleh makanan dengan benar
|
Sapi adalah
hewan herbivor. Gigi taring sapi tumbuh hampir menyerupai gigi serinya.
Gigi-gigi ini berfungsi .....
|
C2
|
c. Memotong rerumputan dan dedaunan
|
3
|
5.
|
Dengan
menggunakan Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan),
siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk memperoleh makanan
dengan benar
|
Contoh burung
perenang yang memiliki kaki berselaput untuk berenang...
|
C1
|
a. Bebek
|
2
|
6.
|
Dengan
diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat
menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri terhadap habitatnya dengan
benar
|
Bentuk kaki
atau kuku burung berbeda-beda. Perbedaan tersebut disesuaikan dengan .......
|
C1
|
b. Fungsinya
|
2
|
7.
|
Dengan
diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat
menjelaskan cara penyesuain diri hewan terhadap habitatnya dengan benar
|
Bagian tubuh
penguin yang membuat hangat dan tidak merasa dingin adalah ....
|
C2
|
b. Bulu
|
3
|
8.
|
Dengan
diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat
menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri untuk melindungi diri dengan
benar
|
Contoh hewan
yang mampu memutuskan bagian tubuhnya ketika terancam oleh musuh adalah kecuali.....
|
C1
|
d. Bunglon
|
2
|
9.
|
Dengan
diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat
menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk melindungi diri dengan benar
|
Hewan yang
berpura-pura mati ketika diserang musuh adalah ....
|
C2
|
a. Kecoa
|
3
|
10.
|
Dengan
diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat
menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk melindungi diri dengan benar
|
Cara
melindungi diri dengan merubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya
disebut ......
|
C2
|
b. Mimikri
|
3
|
B. Soal
uraian bebas
No
|
Tujuan
pembelajaran
|
Pertanyaan
|
Level
kognitif
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Dengan
diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menyebutkan
contoh hewan yang menyesuaikan diri untuk memperoleh makanannya dengan benar
|
Sebutkan
4 contoh hewan yang termasuk karnivor, yang memiliki gigi dan taring yang
tajam!
|
C1
|
Harimau,
Singa, Anjing, Srigala dll.
|
0-2
|
2.
|
Dengan
diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat
menjelaskan cara penyesuain diri hewan terhadap habitatnya dengan benar
|
Mengapa
unta bertahan hidup di padang pasir yang panas dan sanggup tidak makan atau
minum selama berhari-hari?
|
C2
|
Karena
unta memiliki punuk. Punuk adalah semacam kantong penyimpanan makanan dan
minuman yang ada pada tubuh unta
|
0-4
|
3.
|
Dengan diberikan media kalender PDH
(Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan
untuk melindungi diri dengan benar
|
Jelaskan
bagaimana bunglon melindungi dirinya dari musuh?
|
C2
|
Dengan
cara merubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya
|
0-2
|
4.
|
Dengan
diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat
menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk melindungi diri dengan benar
|
Tuliskan
cara-cara hewan melindungi dirinya!
|
C2
|
Dengan cara mimikri,
autotomi, menggulung tubuh, menyemprotkan tinta dan cairan berbau, masuk ke
dalam cangkang, menyengat dan berpura-pura mati
|
0-5
|
5.
|
Dengan
diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat
menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk melindungi diri dengan benar
|
Sebutkan
3 hewan yang melindungi dirinya dari musuh dengan cara memutuskan ekornya!
|
C2
|
Cecak, tokek, kadal
dll.
|
0-2
|
2. Unjuk kerja
Penilaian
Diskusi dan Presentasi Menyusun dan menjelaskan gambar pada puzzle dan
permainan TTS
Nama Kelompok :
Anggota Kelompok : 1. .............................
2. .............................
3. .............................
4. .............................
5. .............................
Kelas :
Tanggal Diskusi :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Aspek Diskusi
Kerjasama yang baik
antar individu dalam kelompok
Suasana demokrasi
dalam kelompok saat diskusi (menghargai pendapat temannya)
Ketepatan diskusi
dengan topik yang sedang dibahas
Keaktifan tiap
individu dalam proses diskusi
Pemahaman akan topik
yang sedang didiskusikan
|
|
|
|
|
2.
|
Aspek Presentasi
Penggunaan bahasa
yang baik saat penyampaian hasil diskusi
Intonasi dan tempo yang
sesuai dalam penyampaian informasi
Suasana demokrasi
saat presentasi
Penyampaian informasi
yang lengkap, akurat dan sistematis
Kemampuan menjawab
pertanyaan dalam proses presentasi
Kemampuan
berargumentasi dengan baik
Kemampuan menjelaskan
dalam penyampaian informasi dari hasil diskusi.
|
|
|
|
|
Jumlah
skor yang dicapai
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor maksimum
|
48
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik
Skor 2 : Cukup Baik
Skor 3 : Baik
Skor 4 : Sangat Baik
Jumlah skor : jumlah skor tiap tiap indikator penilaian
Skor akhir = x 100%
3. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perilaku
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
keterangan
|
||
Bekerjasama
|
Patuh
|
Bertanggung jawab
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik Skor
4 : Sangat Baik
Keterangan : 91-100 (Sangat Baik)
81-100 (Baik)
71-80 (Cukup Baik)
61-70 (Kurang Baik)
Skor Diperoleh : x 100