rpp kelas 4 keragaman suku bangsa dan budaya (IPS)
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2016/11/rpp-kelas-4-keragaman-suku-bangsa-dan.html
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN XXXX
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas/Semester : IV/ 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi :
1. Memahami sejarah,
kenampakan alam, dan
keragaman suku bangsa
di lingkungan
kabupaten/kota dan
provinsi
Kompetensi
Dasar :
1.4 Menghargai
keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)
Indikator :
·
Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal
Ika
·
Menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa
Indonesia
·
Menjelaskan pentingnya persatuan dalam
keanekaragaman
·
Membandingkan keanekaragaman suku dan
bangsa dan budaya setempat
·
Menjelaskan adat kebiasaan masyarakat
setempat
·
Menunjukkan sikap menerima
keanekaragaman suku bangsa dan budaya dalam masyarakat
Alokasi
waktu : 3 x 35 menit (1x
pertemuan)
A. Tujuan
pembelajaran:
·
Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan
pengertian Bhineka Tunggal Ika dengan benar
·
Dengan diberikan media pop up book, siswa
dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia dengan benar
·
Dengan diberikan media pop up book, siswa
dapat menjelaskan pentingnya persatuan dalam keanekaragaman dengan benar
·
Dengan diberikan pop up book, siswa
dapat membandingkan keanekaragaman suku dan bangsa dan budaya setempat dengan
benar
·
Dengan diberikan pop up book, siswa
dapat menjelaskan adat kebiasaan masyarakat setempat dengan benar
·
Dengan penjelasan guru, siswa dapat
menunjukkan sikap menerima keanekaragaman suku bangsa dan budaya dalam
masyarakat
B. Materi
Pembelajaran:
Ø Keragaman
suku bangsa dan budaya
A. Keragaman
suku bangsa
B. Keragaman
budaya masyarakat
C. Kebiasaan
masyarakat
D. Menghormati
keragaman suku bangsa dan budaya
E. Model
dan Metode Pembelajaran:
Model : Kooperatif
Metode : Tanya jawab, Diskusi dan
Penugasan
F. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (5’)
· Mengucapkan
salam
· Menanyakan
kabar siswa
· Menanyakan
kesiapan belajar siswa
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca do’a
· Memeriksa
kehadiran siswa
2.
Kegiatan Inti (95’)
TAHAP
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
SISWA
|
ALOKASI
WAKTU
|
Eksplorasi
|
- Melakukan
apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa mengenai materi keragaman suku
bangsa dan budaya
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan metode
yang digunakan
- Meminta
siswa menyanyikan lagu dari sabang sampai marauke
- Menyebutkan
beberapa keanekaragaman yang ada di Indonesia
- Meminta
siswa untuk menyebutkan keanekaragaman di Indonesia yang diketahui
|
- Menyimak dengan
baik pengantar yang diberikan oleh guru
- Menyanyikan
lagu dari sabang sampai marauke
- Menyimak
penjelasan guru
- Menyebutkan
keanekaraman di Indonesia yang diketahui
|
15’
|
Elaborasi
|
-
Membagi siswa menjadi beberapa
kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 anggota
-
Menyajikan dan menjelaskan media
pop up book
-
Menjelaskan keragaman suku bangsa
dan buadaya dengan media pop up book
-
Memberikan tugas mengidentifikasi
provinsi dengan kebudayaannya kepada setiap kelompok dan meminta untuk
mengerjakannya
-
Meminta perwakilan kelompok maju
mempresentasikan identifikasi terhadap
provinsi dengan kebudayaannya
-
Bersama siswa membahas provinsi
yang telah diidentifikasi
-
Memberikan soal kepada siswa
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
- Membentuk
kelompok dan berkumpul dengan kelompoknya
- Menyimak
penjelasan guru
- Menyimak
penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang penting
-
Menerima dan mengerjakan tugas
kelompok
-
Perwakilan kelompok maju
mempresentasikan identifikasi terhadap provinsi dengan kebudayaannya
- Membahas
membahas provinsi yang telah diidentifikasi
-
Mengerjakan soal yang diberikan
guru
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
75’
|
Konfirmasi
|
- Memberikan
penguatan atas materi yang telah diajarkan
- Menanyakan
pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh
|
- Menyimak
dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
- Mencatat
hal-hal penting yang dijelaskan oleh guru
- Bertanya
apabila ada hal yang belum dimengerti
- Menyampaikan
pesan kesan selama pembelajaran berlangsung
|
10’
|
3.
Kegiatan Penutup (5’)
· Memberikan
motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi
dalam belajar
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca doa bersama-sama
G. Sumber
Belajar
-
Indriani Pramita dan Saefur Rochmat Ilmu
Pengetahuan Sosial 4 Kelas 4 SD/MI, HAL 40-49
H. Media
Pembelajaran
- Pop
up book
I.
Penilaian
- Tes
tulis
- Unjuk
kerja
- Sikap
Bangkalan,
24 September 2016
Lampiran
Penilaian
1.
Tes tulis
A.
Pilihlah satu jawaban yang benar!
1. Apa
yang dimaksud dengan Bhineka Tunggal Ika?
a.
Berbedada-beda tapi tetap jaya c. Berbeda-beda tapi tetap merdeka
b.
Berbeda-beda tapi tetap satu d. Berbeda-beda tapi tetap rukun
2. Di
Indonesia terdapat 3 suku induk yang sudah ada sejak zaman dahulu, suku
tersebut adalah suku ........
a.
Wedoit, Melayu dan Negrito c. Negrito, Toraja dan Dayak
b.
Melayu, Batak dan Wedoit d. Toraja, Melayu dan Jawa
3. Berikut
ini merupakan salah satu bentuk keragaman budaya Indonesia, kecuali ..........
a.
Pakaian adat c. Lingkungan daerah
b.
Alat musik daerah d. Rumah adat daerah
4. Lagu
ampar-ampar pisang merupakan lagu daerah yang berasal dari daerah ............
a.
Kalimantan selatan c. Sulawesi selatan
b.
Jawa tengah d. Nusa tenggara timur
5. Rumah
adat Kalimantan tengah berbentuk panggung dan panjang berfungsi untuk .........
a.
Tempat kandang kerbau
b.
Tempat memasak dan menumbuk padi
c.
Tempat menyimpan bahan makanan
d.
Tempat menenun dan menumbuk padi
6. Hasil
cipta atau karya manusia yang berbentuk karena keluhuran budi disebut
..........
a.
Nyanyian c. Tarian
b.
Kebudayaan d. Kesenian
7. Arti
pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keanekaragaman diantaranya adalah, kecuali ......
a.
Meningkatkan kekuatan dan ketahanan
masyarakat
b.
Kehidupan di masyarakat serasi, tentram
dan damai
c.
Setiap ada perselisihan tidak dapat
diatasi
d.
Pergaulan antar warga masyarakat
terjalin akrab
8. Masing-masing
suku bangsa mempunyai budaya daerah yang berbeda, hal ini dikarenakan kecuali..........
a.
Keadaan alam yang dipisahkan lautan
maupun pegunungan
b.
Tinggal ditempat yang berbeda-beda
c.
Memiliki kebiasaan yang berbeda-beda
d.
Tidak adanya kesepakatan
9. Karapan
sapi merupakan tradisi dari
a.
Jawa c.
Kalimantan
b.
Madura d.
Sulawesi
10. Berikut
ini merupakan beberapa cara untuk menghargai keragaman yang ada di masyarakat
setempat, kecuali.......
a. Menghormati
semua pemeluk agama
b. Memandang
rendah terhadap budaya dan adat kebiasaan yang ada di masyarakat
c. Senang
bergaul dan bekerjasama dengan semua suku bangsa
d. Menerima
bahasa, adat-istiadat dan kesenian semua suku bangsa
Skor akhir = x 100%
B. Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Bentuk-bentuk keragaman budaya
masyarakat indonesia dapat diketahui dari perbedaan?
2.
Sebutkan suku-suku bangsa yang berasal
dari pulau jawa!
3.
Sebutkan beberapa lagu daerah dan
asalnya yang kamu ketahui?
4.
Apa yang terjadi bila antar suku bangsa
tidak saling menghargai dan mengutamakan kepentingan daerah masing-masing?
5.
Sebutkan 5 manfaat pentingnya sikap
menghormati keragaman suku bangsa dan budaya!
Skor akhir = x 100%
Rubik penilaian
Pedom dan penskoran
untuk penilaian tes tulis
A.
Soal pilihan ganda
No
|
Tujuan
pembelajaran
|
Pertanyaan
|
Level
kognitif
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika dengan
benar
|
Apa yang
dimaksud dengan Bhineka Tunggal Ika?
|
C1
|
b. Berbeda-beda tapi tetap satu
|
2
|
2.
|
Dengan
diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman
bangsa Indonesia dengan benar
|
Di Indonesia
terdapat 3 suku induk yang sudah ada sejak zaman dahulu, suku tersebut adalah
suku ........
|
C2
|
a.
Wedoit, Melayu dan Negrito
|
3
|
3.
|
Dengan diberikan
media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa
Indonesia dengan benar
|
Berikut ini
merupakan salah satu bentuk keragaman budaya Indonesia, kecuali ..........
|
C2
|
c.
Lingkungan daerah
|
3
|
4.
|
Dengan diberikan
media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa
Indonesia dengan benar
|
Lagu
ampar-ampar pisang merupakan lagu daerah yang berasal dari daerah
............
|
C2
|
a.
Kalimantan selatan
|
3
|
5.
|
Dengan
diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman
bangsa Indonesia dengan benar
|
Rumah adat
Kalimantan tengah berbentuk panggung dan panjang berfungsi untuk .........
|
C2
|
d. Tempat menenun dan menumbuk padi
|
2
|
6.
|
Dengan diberikan
media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa
Indonesia dengan benar
|
Hasil cipta
atau karya manusia yang berbentuk karena keluhuran budi disebut ..........
|
C1
|
d.
Kebudayaan
|
2
|
7.
|
Dengan
diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan pentingnya persatuan
dalam keanekaragaman dengan benar
|
Arti
pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keanekaragaman diantaranya adalah, kecuali ......
|
C2
|
c.
Setiap ada perselisihan tidak dapat diatasi
|
3
|
8.
|
Dengan
diberikan pop up book, siswa dapat membandingkan keanekaragaman suku dan
bangsa dan budaya setempat dengan benar
|
Masing-masing
suku bangsa mempunyai budaya daerah yang berbeda, hal ini dikarenakan kecuali..........
|
C2
|
d.
Tidak adanya kesepakatan
|
3
|
9.
|
Dengan
diberikan pop up book, siswa dapat menjelaskan adat kebiasaan masyarakat
setempat dengan benar
|
Karapan
sapi merupakan tradisi dari ......
|
C2
|
b. Madura
|
3
|
10.
|
Dengan
penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan sikap menerima keanekaragaman suku
bangsa dan budaya dalam masyarakat
|
Berikut ini
merupakan beberapa cara untuk menghargai keragaman yang ada di masyarakat
setempat, kecuali.......
|
C2
|
b. Memandang
rendah terhadap budaya dan adat kebiasaan yang ada di masyarakat
|
3
|
B. Soal
uraian bebas
No
|
Tujuan
pembelajaran
|
Pertanyaan
|
Level
kognitif
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan
bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia dengan benar
|
Bentuk-bentuk
keragaman budaya masyarakat indonesia dapat diketahui dari perbedaan
|
C2
|
Rumah adat, pakaian
adat, lagu daerah, tarian daerah dan alat musik daerah
|
0-4
|
2.
|
Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan
bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia dengan benar
|
Sebutkan suku-suku
bangsa yang berasal dari pulau jawa
|
C2
|
Suku Betawi, Sunda,
Jawa, Madura, Tengger, dan Baduy
|
0-6
|
3.
|
Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan
bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia dengan benar
|
Sebutkan 4 lagu daerah dan asalnya yang kamu
ketahui
|
C2
|
Bungong jeumpa dari
Naggroe Aceh, ampar-ampar pisang dari Kalimantan Selatan, angin mamiri dari
Sulawesi Selatan, rasa sayang-sayange dari Maluku, apuse dari Papua dll.
|
0-4
|
4.
|
Dengan penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan
sikap menerima keanekaragaman suku bangsa dan budaya dalam masyarakat
|
Apa yang terjadi bila
antar suku bangsa tidak saling menghargai dan mengutamakan kepentingan daerah
masing-masing
|
C2
|
Indonesia
akan terpecah belah dan tidak akan menjadi negara kesatuan lagi.
|
0-2
|
5.
|
Dengan penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan
sikap menerima keanekaragaman suku bangsa dan budaya dalam masyarakat
|
Sebutkan 5 manfaat
pentingnya sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya!
|
C2
|
1.
Terwujudnya persatuan bangsa
2.
Terciptanya keutuhan hiup
bermasyarakat
3.
Tercipta rasa tentram, aman dan
nyaman di masyarakat
4.
Mendorong masyarakat untuk
berperilaku baik
5.
Memperkuat ketahanan nasional
sehingga tidak mudah untuk dipecah belah
|
0-5
|
2.
Unjuk
kerja
Penilaian
Diskusi dan Presentasi Mengenai
Mengidentifikasi
provinsi dengan kebudayaannya
Nama Kelompok :
Anggota Kelompok : 1. .............................
2. .............................
3. .............................
4. .............................
5. .............................
Kelas :
Tanggal Diskusi :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Aspek Diskusi
Kerjasama yang baik
antar individu dalam kelompok
Suasana demokrasi
dalam kelompok saat diskusi (menghargai pendapat temannya)
Ketepatan diskusi
dengan topik yang sedang dibahas
Keaktifan tiap
individu dalam proses diskusi
Pemahaman akan topik
yang sedang didiskusikan
|
|
|
|
|
2.
|
Aspek Presentasi
Penggunaan bahasa yang
baik saat penyampaian hasil diskusi
Intonasi dan tempo
yang sesuai dalam penyampaian informasi
Suasana demokrasi
saat presentasi
Penyampaian informasi
yang lengkap, akurat dan sistematis
Kemampuan menjelaskan
dalam penyampaian informasi dari hasil diskusi.
|
|
|
|
|
Jumlah
skor yang dicapai
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor maksimum
|
40
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik Skor
4 : Sangat Baik
Rubik penilaian:
0-25 : Kurang baik 51-75 : Baik
26-50 : Cukup baik 76-100 : Sangat
baik
Jumlah skor : jumlah skor tiap tiap indikator penilaian
Skor akhir = x 100%
3. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perilaku
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
keterangan
|
||
Bekerjasama
|
Patuh
|
Bertanggung jawab
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik Skor
4 : Sangat Baik
Keterangan : 91-100 (Sangat Baik)
81-100 (Baik)
71-80 (Cukup Baik)
61-70 (Kurang Baik)
Skor Diperoleh : x 100