rpp kelas 4 keragaman suku bangsa dan budaya (IPS)




Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah             : SDN XXXX
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Sosial
Kelas/Semester            : IV/ 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi   :
1. Memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi
Kompetensi Dasar        :
1.4 Menghargai keragaman suku bangsa dan budaya setempat (kabupaten/kota, provinsi)
Indikator                     :
·      Menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika
·      Menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia
·      Menjelaskan pentingnya persatuan dalam keanekaragaman
·      Membandingkan keanekaragaman suku dan bangsa dan budaya setempat
·      Menjelaskan adat kebiasaan masyarakat setempat
·      Menunjukkan sikap menerima keanekaragaman suku bangsa dan budaya dalam masyarakat

Alokasi waktu          : 3 x 35 menit (1x pertemuan)
A.  Tujuan pembelajaran:
·      Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika dengan benar
·      Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia dengan benar
·      Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan pentingnya persatuan dalam keanekaragaman dengan benar
·      Dengan diberikan pop up book, siswa dapat membandingkan keanekaragaman suku dan bangsa dan budaya setempat dengan benar
·      Dengan diberikan pop up book, siswa dapat menjelaskan adat kebiasaan masyarakat setempat dengan benar
·      Dengan penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan sikap menerima keanekaragaman suku bangsa dan budaya dalam masyarakat


B.  Materi Pembelajaran:
Ø Keragaman suku bangsa dan budaya
A.    Keragaman suku bangsa
B.     Keragaman budaya masyarakat
C.     Kebiasaan masyarakat
D.    Menghormati keragaman suku bangsa dan budaya
E.   Model dan Metode Pembelajaran:
Model                    : Kooperatif
Metode                  : Tanya jawab, Diskusi dan Penugasan

F.   Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan (5’)
·      Mengucapkan salam
·      Menanyakan kabar siswa
·      Menanyakan kesiapan belajar siswa
·      Meminta ketua kelas untuk memimpin membaca do’a
·      Memeriksa kehadiran siswa





2.      Kegiatan Inti (95’)
TAHAP
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
ALOKASI WAKTU
Eksplorasi
-      Melakukan apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa mengenai materi keragaman suku bangsa dan budaya
-      Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan metode yang digunakan
-      Meminta siswa menyanyikan lagu dari sabang sampai marauke
-      Menyebutkan beberapa keanekaragaman yang ada di Indonesia
-      Meminta siswa untuk menyebutkan keanekaragaman di Indonesia yang diketahui
-     Menyimak dengan baik pengantar yang diberikan oleh guru






-     Menyanyikan lagu dari sabang sampai marauke
-     Menyimak penjelasan guru
-     Menyebutkan keanekaraman di Indonesia yang diketahui
15’
Elaborasi














-       Membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 anggota
-       Menyajikan dan menjelaskan media pop up book
-       Menjelaskan keragaman suku bangsa dan buadaya dengan media pop up book
-       Memberikan tugas mengidentifikasi provinsi dengan kebudayaannya kepada setiap kelompok dan meminta untuk mengerjakannya
-       Meminta perwakilan kelompok maju mempresentasikan  identifikasi terhadap provinsi dengan kebudayaannya

-       Bersama siswa membahas provinsi yang telah diidentifikasi

-       Memberikan soal kepada siswa
-       Meminta siswa untuk mengumpulkan soal yang telah dikerjakan
-     Membentuk kelompok dan berkumpul dengan kelompoknya
-       Menyimak penjelasan guru

-       Menyimak penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang penting
-       Menerima dan mengerjakan tugas kelompok




-       Perwakilan kelompok maju mempresentasikan identifikasi terhadap provinsi dengan kebudayaannya
-       Membahas membahas provinsi yang telah diidentifikasi
-       Mengerjakan soal yang diberikan guru
-       Meminta siswa untuk mengumpulkan soal yang telah dikerjakan
75’
Konfirmasi
-     Memberikan penguatan atas materi yang telah diajarkan




-     Menanyakan pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh

-      Menyimak dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
-      Mencatat hal-hal penting yang dijelaskan oleh guru
-      Bertanya apabila ada hal yang belum dimengerti
-      Menyampaikan pesan kesan selama pembelajaran berlangsung
10’
3.    Kegiatan Penutup (5’)
·      Memberikan motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi dalam belajar
·      Meminta ketua kelas untuk memimpin membaca doa bersama-sama

G.  Sumber Belajar
-       Indriani Pramita dan Saefur Rochmat Ilmu Pengetahuan Sosial 4 Kelas 4 SD/MI, HAL 40-49

H.  Media Pembelajaran
-     Pop up book

I.     Penilaian
-     Tes tulis
-     Unjuk kerja
-     Sikap






Bangkalan, 24 September 2016


                                                    



            



Lampiran
Penilaian
1.    Tes tulis
A.      Pilihlah satu jawaban yang benar!
1.    Apa yang dimaksud dengan Bhineka Tunggal Ika?
a.       Berbedada-beda tapi tetap jaya         c. Berbeda-beda tapi tetap merdeka
b.      Berbeda-beda tapi tetap satu             d. Berbeda-beda tapi tetap rukun
2.    Di Indonesia terdapat 3 suku induk yang sudah ada sejak zaman dahulu, suku tersebut adalah suku ........
a.       Wedoit, Melayu dan Negrito             c. Negrito, Toraja dan Dayak
b.      Melayu, Batak dan Wedoit                d. Toraja, Melayu dan Jawa
3.    Berikut ini merupakan salah satu bentuk keragaman budaya Indonesia, kecuali ..........
a.       Pakaian adat               c. Lingkungan daerah
b.      Alat musik daerah      d. Rumah adat daerah
4.    Lagu ampar-ampar pisang merupakan lagu daerah yang berasal dari daerah ............
a.       Kalimantan selatan     c. Sulawesi selatan
b.      Jawa tengah               d. Nusa tenggara timur                      
5.    Rumah adat Kalimantan tengah berbentuk panggung dan panjang berfungsi untuk .........
a.       Tempat kandang kerbau                    
b.      Tempat memasak dan menumbuk padi
c.       Tempat menyimpan bahan makanan
d.      Tempat menenun dan menumbuk padi
6.    Hasil cipta atau karya manusia yang berbentuk karena keluhuran budi disebut ..........
a.       Nyanyian                    c. Tarian
b.      Kebudayaan               d. Kesenian 
7.    Arti pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keanekaragaman diantaranya adalah, kecuali ......
a.       Meningkatkan kekuatan dan ketahanan masyarakat
b.      Kehidupan di masyarakat serasi, tentram dan damai
c.       Setiap ada perselisihan tidak dapat diatasi
d.      Pergaulan antar warga masyarakat terjalin akrab
8.    Masing-masing suku bangsa mempunyai budaya daerah yang berbeda, hal ini dikarenakan kecuali..........
a.       Keadaan alam yang dipisahkan lautan maupun pegunungan
b.      Tinggal ditempat yang berbeda-beda
c.       Memiliki kebiasaan yang berbeda-beda
d.      Tidak adanya kesepakatan
9.    Karapan sapi merupakan tradisi dari
a.       Jawa               c. Kalimantan
b.      Madura           d. Sulawesi
10.     Berikut ini merupakan beberapa cara untuk menghargai keragaman yang ada di masyarakat setempat, kecuali.......
a.  Menghormati semua pemeluk agama
b. Memandang rendah terhadap budaya dan adat kebiasaan yang ada di masyarakat
c.  Senang bergaul dan bekerjasama dengan semua suku bangsa
d. Menerima bahasa, adat-istiadat dan kesenian semua suku bangsa
Skor  akhir =  x 100%

B.  Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.    Bentuk-bentuk keragaman budaya masyarakat indonesia dapat diketahui dari perbedaan?
2.    Sebutkan suku-suku bangsa yang berasal dari pulau jawa!
3.    Sebutkan beberapa lagu daerah dan asalnya yang kamu ketahui?
4.    Apa yang terjadi bila antar suku bangsa tidak saling menghargai dan mengutamakan kepentingan daerah masing-masing?
5.    Sebutkan 5 manfaat pentingnya sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya!
Skor  akhir =  x 100%

Rubik penilaian
Pedom dan penskoran untuk penilaian tes tulis
A.      Soal pilihan ganda
No
Tujuan pembelajaran
Pertanyaan
Level kognitif
Jawaban
Skor
1.
Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian Bhineka Tunggal Ika dengan benar
Apa yang dimaksud dengan Bhineka Tunggal Ika?
C1
b. Berbeda-beda tapi tetap satu
2
2.
Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia dengan benar
Di Indonesia terdapat 3 suku induk yang sudah ada sejak zaman dahulu, suku tersebut adalah suku ........
C2
a. Wedoit, Melayu dan Negrito
3
3.
Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia dengan benar
Berikut ini merupakan salah satu bentuk keragaman budaya Indonesia, kecuali ..........
C2
c. Lingkungan daerah
3
4.
Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia dengan benar
Lagu ampar-ampar pisang merupakan lagu daerah yang berasal dari daerah ............
C2
a. Kalimantan selatan
3
5.
Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia dengan benar
Rumah adat Kalimantan tengah berbentuk panggung dan panjang berfungsi untuk .........
C2
d.  Tempat menenun dan menumbuk padi

2
6.
Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia dengan benar
Hasil cipta atau karya manusia yang berbentuk karena keluhuran budi disebut ..........
C1
d. Kebudayaan
2
7.
Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan pentingnya persatuan dalam keanekaragaman dengan benar
Arti pentingnya persatuan dan kesatuan dalam keanekaragaman diantaranya adalah, kecuali ......
C2
c. Setiap ada perselisihan tidak dapat diatasi

3
8.
Dengan diberikan pop up book, siswa dapat membandingkan keanekaragaman suku dan bangsa dan budaya setempat dengan benar
Masing-masing suku bangsa mempunyai budaya daerah yang berbeda, hal ini dikarenakan kecuali..........
C2
d. Tidak adanya kesepakatan

3
9.
Dengan diberikan pop up book, siswa dapat menjelaskan adat kebiasaan masyarakat setempat dengan benar
Karapan sapi merupakan tradisi dari ......
C2
b. Madura
3
10.
Dengan penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan sikap menerima keanekaragaman suku bangsa dan budaya dalam masyarakat
Berikut ini merupakan beberapa cara untuk menghargai keragaman yang ada di masyarakat setempat, kecuali.......
C2
b. Memandang rendah terhadap budaya dan adat kebiasaan yang ada di masyarakat
3

B.  Soal uraian bebas
No
Tujuan pembelajaran
Pertanyaan
Level kognitif
Jawaban
Skor
1.
Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia dengan benar

Bentuk-bentuk keragaman budaya masyarakat indonesia dapat diketahui dari perbedaan
C2
Rumah adat, pakaian adat, lagu daerah, tarian daerah dan alat musik daerah
0-4
2.
Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia dengan benar
Sebutkan suku-suku bangsa yang berasal dari pulau jawa      
C2
Suku Betawi, Sunda, Jawa, Madura, Tengger, dan Baduy
0-6
3.
Dengan diberikan media pop up book, siswa dapat menjelaskan bentuk keanekaragaman bangsa Indonesia dengan benar
Sebutkan 4 lagu daerah dan asalnya yang kamu ketahui
C2
Bungong jeumpa dari Naggroe Aceh, ampar-ampar pisang dari Kalimantan Selatan, angin mamiri dari Sulawesi Selatan, rasa sayang-sayange dari Maluku, apuse dari Papua dll.
0-4
4.
Dengan penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan sikap menerima keanekaragaman suku bangsa dan budaya dalam masyarakat
Apa yang terjadi bila antar suku bangsa tidak saling menghargai dan mengutamakan kepentingan daerah masing-masing
C2
Indonesia akan terpecah belah dan tidak akan menjadi negara kesatuan lagi.
0-2
5.
Dengan penjelasan guru, siswa dapat menunjukkan sikap menerima keanekaragaman suku bangsa dan budaya dalam masyarakat
Sebutkan 5 manfaat pentingnya sikap menghormati keragaman suku bangsa dan budaya!
C2
1.    Terwujudnya persatuan bangsa
2.    Terciptanya keutuhan hiup bermasyarakat
3.    Tercipta rasa tentram, aman dan nyaman di masyarakat
4.    Mendorong masyarakat untuk berperilaku baik
5.    Memperkuat ketahanan nasional sehingga tidak mudah untuk dipecah belah
0-5











2.    Unjuk kerja
Penilaian Diskusi dan Presentasi Mengenai
Mengidentifikasi provinsi dengan kebudayaannya

Nama Kelompok                :
Anggota Kelompok            : 1. .............................
                                              2. .............................
                                              3. .............................
                                              4. .............................
                                              5. .............................
Kelas                                  :
Tanggal Diskusi                  :
No
Aspek Yang Dinilai
Skor
1
2
3
4
1.
Aspek Diskusi
Kerjasama yang baik antar individu dalam kelompok
Suasana demokrasi dalam kelompok saat diskusi (menghargai pendapat temannya)
Ketepatan diskusi dengan topik yang sedang dibahas
Keaktifan tiap individu dalam proses diskusi
Pemahaman akan topik yang sedang didiskusikan




2.
Aspek Presentasi
Penggunaan bahasa yang baik saat penyampaian hasil diskusi
Intonasi dan tempo yang sesuai dalam penyampaian informasi
Suasana demokrasi saat presentasi
Penyampaian informasi yang lengkap, akurat dan sistematis
Kemampuan menjelaskan dalam penyampaian informasi dari hasil diskusi.




Jumlah skor yang dicapai




Jumlah skor maksimum

40

Keterangan:
Skor 1  : Kurang Baik                    Skor 3  : Baik                                     
Skor 2  : Cukup Baik                      Skor 4  : Sangat Baik
Rubik penilaian:
0-25            : Kurang baik              51-75   : Baik
26-50          : Cukup baik                76-100 : Sangat baik
Jumlah skor  : jumlah skor tiap tiap indikator penilaian

Skor  akhir =  x 100%







3.    Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perilaku
Jumlah skor
Nilai
keterangan
Bekerjasama
Patuh
Bertanggung jawab
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







Keterangan:
Skor 1  : Kurang Baik                    Skor 3  : Baik                                     
Skor 2  : Cukup Baik                      Skor 4  : Sangat Baik
Keterangan                  : 91-100 (Sangat Baik)
                                      81-100 (Baik)
                                      71-80 (Cukup Baik)
                                      61-70 (Kurang Baik)

Skor Diperoleh            :   x 100



Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Komunitas Guru Berbagi Tirtoyudo

item