RPP ipa kelas 4 sd (alat indra manusia)
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2016/03/rpp-ipa-kelas-4-sd-alat-indra-manusia.html
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN xxxxx
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : IV/ 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi : 1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia
dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
Kompetensi
Dasar : 1.5 Mendeskripsikan
hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
1.6 Menerapkan cara
memelihara kesehatan panca indera
Indikator :
· Menjelaskan
pengertian alat indra
· Menyebutkan
macam-macam alat indra
· Menyebutkan
bagian dari masing-masing alat indra
· Menyebutkan
fungsi dari masing-masing alat indra
· Menjelaskan
cara kerja dari masing-masing alat indra
· Menjelaskan
cara memelihara kesehatan alat indra
· Melaksanakan
cara memeliahara kesehatan alat indra
· Menyebutkan
cacat dan kelainan pada masing-masing alat indra
Alokasi
waktu : 3 x 35 menit (1x
pertemuan)
A. Tujuan
pembelajaran :
· Setelah
mendengarkan penjelasan guru, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat
menjelaskan pengertian alat indra dengan benar.
· Dengan
menampilkan slide, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menyebutkan
macam-macam alat indra dengan tepat.
· Melalui
penjelasan guru dan tampilan slide, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menyebutkan
bagian dari masing-masing alat indra secara rinci.
· Melalui
tanya jawab setelah ditampilkannya slide, siswa SDN xxxxx diharapkan
dapat menyebutkan fungsi dari masing-masing alat indra dengan benar dan tepat.
· Melalui
tanya jawab, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menjelaskan cara kerja
dari masing-masing alat indra dengan benar.
· Melalui
diskusi, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat Menjelaskan cara memelihara kesehatan alat
indra dengan tepat.
· Setelah
proses pembelajaran, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat melaksanakan cara
memeliahara kesehatan alat indra dengan baik.
· Dengan
penjelasan guru dan ditampilkannya slide, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menyebutkan
cacat dan kelainan pada masing-masing alat indra dengan benar.
B. Materi
Pembelajaran:
· Alat
indra manusia
-
Indra penglihatan (mata)
-
Indra mendengarkan (telinga)
-
Indra peraba (kulit)
-
Indra perasa (lidah)
-
Indra pembau (hidung)
C. Metode
Pembelajaran:
· Ceramah
· Tanya
jawab
· Diskusi
· Penugasan
· Tugas
kelompok
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (5’)
· Mengucapkan
salam
· Menanyakan
kabar siswa
· Menanyakan
kesiapan belajar siswa
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca do’a
· Memeriksa
kehadiran siswa
2.
Kegiatan Inti (95’)
TAHAP
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
SISWA
|
ALOKASI
WAKTU
|
Eksplorasi
|
- Melakukan
apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa mengenai materi alat indra manusia
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan metode
yang digunakan
- Memberikan
wawasan tentang pentingnya kompetensi dasar dalam kehidupan sehari-hari
- Memberikan
contoh yang berkaitan dengan alat indra yang dimiliki manusia dan fungsinya
- Meminta
siswa menyebutkan fungsi dari indra manusia yang mereka ketahui
|
- Menyimak dengan
baik pengantar yang diberikan oleh guru
- Menulis
tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
- Menyimak
penjelasan guru
- Menyebutkan
fungsi dari indra manusia yang mereka ketahui
|
15’
|
Elaborasi
|
-
Menunjukkan media pembelajaran
(ppt) kepada siswa dan menjelaskannya
-
Menunjukkan slide yang berisi
pengertian dan gambar alat indra manusia, kemudian menjelaskannya
-
Meminta siswa menjelaskan kembali
pengertian alat indra dan macam-macam alat indra
-
Menampilkan slide yang berupa
macam-macam alat indra kemudian guru menyuruh siswa untuk memilih alat indra
yang mana yang harus dipelajari terlebih dahulu
-
Dengan slide guru menjelaskan
alat indra yang telah dipilih siswa yang berupa bagian-bagiannya, cara
kerjanya dan cara memeliharanya
-
Setelah itu guru menyuruh siswa
kembali menyebutkan bagian-bagian, cara kerja dan gangguan dan penyakit alat
indra tersebut
-
Setelah menjelaskan alat indra
tadi, guru kembali menampilkan slide yang berupa macam-macam alat indra
kemudian menyuruh siswa kembali menyuruh memilih alat indra yang ingin
dipelajari selanjutnya dan menjelaskannya (diulangi kembali sampai
mempelajari semua alat indra manusia)
-
Meminta siswa menjadi beberapa
kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa) dan berkumpul sesuai dengan
kelompok
-
Meminta setiap kelompok untuk mendiskusikan
cara memelihara alat indra dengan baik
-
Setelah proses diskusi selesai,
guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk membacakan hasil diskusi
-
Menampilkan slide kembali tentang
cara memelihara alat indra dengan baik kemudian membahasnya dan disangkutkan
dengan hasil diskusi siswa
-
Menampilkan slide berupa soal dan
menyuruh siswa untuk menjawabnya
|
- Menyimak
penjelasan guru
- Menjelaskan
kembali pengertian dan macam-macam alat indra
- Memilih
alat indra yang ingin dipelajari terlebih dahulu
- Menyimak
penjelasan guru
- Menyebutkan
kembali bagian-bagian, cara kerja dan gangguan dan penyakit indra tersebut
- Menyimak
penjelasan guru
- Membentuk
kelompok dan berkumpul sesuai dengan kelompoknya
- Mendiskusikan
cara memelihara alat indra dengan baik bersama kelompoknya
- Perwakilan
kelompok maju ke depan kelas dan membacakan hasil diskusi
- Menyimak
penjelasan guru
- Menjawab
soal yang diberikan guru
|
70’
|
Konfirmasi
|
- Memberikan
penguatan atas materi yang telah diajarkan
- Memberikan
pekerjaan rumah (PR) untuk dikerjakan siswa
- Menanyakan
pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh
- Memberikan
motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi
dalam belajar
|
- Menyimak
dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
- Mencatat
hal hal penting yang dijelaskan oleh guru
- Bertanya
apabila ada hal yang belum dimengerti
- Mencatat
pekerjaan rumah yang diberikan guru
- Menyampaikan
pesan kesan selama pembelajaran berlangsung
- Menyimak
pesan guru
|
10’
|
3.
Kegiatan Penutup (5’)
· Memberikan
pesan-pesan untuk menghargai setiap alat indra yang dimiliki dan harus
memeliharanya dengan baik
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca doa bersama sama
E.
Sumber Belajar
-
BSE
F.
Media Pembelajaran
- Ppt
G. Penilaian
- Tes
tulis
- Daftar
cek
- Unjuk
kerja