RPP berbasis kecerdasan majemuk(Kecerdasan Interpersonal) bahasa indonesia kelas 5 SD

TAHAP
|
KEGIATAN
PEMBELAJARAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Eksplorasi
|
- Melakukan
tepuk semangat untuk meningkatkan minat belajar siswa
- Melakukan
apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa mengenai materi cerita rakyat
- Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh
siswa dan metode yang digunakan
- Guru
memberikan wawasan tentang pentingnya kompetensi dasar dalam kehidupan
sehari-hari
- Guru
memberikan contoh yang berkaitan dengan cerita rakyat yang ada di indonesia
- Guru
meminta siswa menyebutkan contoh cerita rakyat yang diketahuinya
|
15’
|
Elaborasi
|
-
Guru mengajak siswa untuk membuat
lingkaran dan bernyanyi bersama dengan berputar
-
Setelah itu siswa membentuk
kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4 siswa
-
Guru menjelaskan materi pelajaran
yaitu pengertian cerita rakyat, jenis-jenis cerita rakyat dan unsur-unsur
cerita rakyat
-
Guru memperkenalkan media
pembelajaran dan bercerita menggunakan media tersebut
-
Setelah bercerita, guru
menjelaskan cara mengidentifikasi unsur-unsur cerita rakyat dari cerita
tersebut
-
Setelah bercerita, guru
menjelaskan cara mengidentifikasi unsur-unsur cerita rakyat dari cerita
tersebut
-
Guru memberikan soal kepada
setiap kelompok yang terdiri dari 5 soal dan perwakilan dari setiap kelompok
menyampaikan jawabannya di depan kelas
-
Guru membahas jawaban dari setiap
kelompok dan mengajak siswa mengidentifikasi unsur cerita dari cerita rakyat
yang telah didengarnya
-
Guru memberikan potongan gambar mengenai
salah satu cerita rakyat pada setiap kelompok
-
Setiap kelompok menyusun gambar
tersebut, kemudian menebak cerita rakyat yang ada pada gambar
-
Menganalisi unsur-unsur cerita
rakyat dan mencari hikma dari kisah tersebut
-
Setelah selesai, setiap
perwakilan kelompok maju ke depan dan membacakan hasil diskusi kelompoknya
-
Guru meminta setiap kelompok lain untuk menanggapi teman yang ada di
depan
-
Guru mengajak setiap anggota
kelompok untuk bermain tembak-tembakan, dimana kelompok membentuk lingkaran
dan anggota kelompok berbaris kebelakang
-
Anggota yang berada di depan
duduk dengan bertugas berkata door dan memilih anggota kelompok yang lain,
yang berada di beris no 2 duduk agak lebih tinggi dari anggota no 1 dan
bertugas untuk memjawab pertanyaan, yang berada pada baris no 3 berdiri agak
rendah bertugas untuk menjawab pertanyaan dan yang anggota no 4 berdiri
paling tinggi di antara anggota lain dan bertugas membacakan soal
-
Ketika satu kelompok menembak
kepada kelompok lain, maka kelompok yang ditembak itu menjawab pertanyaan,
dan kalau benar menjawab soal, menembak kelompok lain dan memberikan
pertanyaan. Ketika kelompok tidak bisa atau salah pertanyaan menjawab, maka
kelompok itu gugur
-
Guru bersama siswa mengevaluasi
hasil permainan
-
Guru memberikan soal kepada siswa
-
Setelah selesi mengerjakan soal,
siswa mengumpulkan jawaban kepada guru
|
70’
|
Konfirmasi
|
- Memberikan
penguatan atas materi yang telah diajarkan
- Memberikan
pekerjaan rumah (PR) untuk dikerjakan siswa
- Menanyakan
pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh
- Memberikan
motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi
dalam belajar
- Menyimak
dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
|
10’
|
- Jelaskan apa yang dimaksud dengan cerita rakyat!
- Sebutkan 4 contoh cerita rakyat yang kamu ketahui!
- Sebutkan jenis-jenis cerita rakyat!
- Sebutkan unsur-unsur cerita rakyat!
- Ceritakan secara singkat salah satu cerita rakyat yang kamu ketahui!
No
|
Aspek
|
Skor
|
1.
|
Menjelaskan pengertian cerita rakyat
|
0-2
|
2.
|
Menyebutkan contoh
cerrita rakyat
|
|
Menyebutkan 1-2 contoh cerrita rakyat
|
0-2
|
|
Menyebutkan 3-4 contoh cerrita rakyat
|
0-2
|
|
3.
|
Menyembutkan jenis-jenis cerita rakyat
|
|
Menyembutkan 1-3 jenis-jenis cerita rakyat
|
0-2
|
|
Menyembutkan 4-5 jenis-jenis cerita rakyat
|
0-2
|
|
4.
|
Menyebutkan unsur-unsur cerita rakyat
|
|
Menyebutkan 1-3 cerita rakyat
|
0-2
|
|
Menyebutkan 4-5 jenis pekerjaan
|
0-3
|
|
5.
|
Menceritakan secara singkat cerita rakyat yang diketahui
|
0-7
|
No
|
Tingkat
|
Bobot
|
1.
|
Mudah
|
2
|
2.
|
Sedang
|
4
|
3.
|
Sedang
|
4
|
4.
|
Sedang
|
5
|
5.
|
Sulit
|
7
|

No
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Mengetahui unsur-unsur cerita rakyat (tokoh,
alur, latar, tema dan amanat)
|
|
|
|
|
2.
|
Menyebutkan tokoh dari cerita
rakyat tersebut dengan benar
|
|
|
|
|
3.
|
Menyebutkan alur dan
latar cerita dengan tepat
|
|
|
|
|
4.
|
Menyebutkan tema dari cerita
tersebut
|
|
|
|
|
5.
|
Menjelaskan amanat yang ada dalam
cerita tersebut
|
|
|
|
|
Skor yang dicapai
|
|
|
|
|
|
Skor maksimal
|
20
|
No
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Mengetahui tokoh utama yang ada dalam cerita
|
|
|
|
|
2.
|
Menyebutkan watak tokoh utama
dalam cerita tersebut
|
|
|
|
|
3.
|
Menyampaikan pendapat
mengenai watak tokoh dengan bahasa yang jelas
|
|
|
|
|
4.
|
Menyebutkan amanat yang bisa
diambil dan diteladani dari cerita
|
|
|
|
|
Skor yang dicapai
|
|
|
|
|
|
Skor maksimal
|
16
|
No
|
Aspek
Yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Menceritakan kembali sesuai dengan
cerita rakyat tersebut
|
|
|
|
|
2.
|
Bercerita dengan penggunaan bahasa
sendiri dengan benar
|
|
|
|
|
3.
|
Menggunakan bahasa yang jelas dan
singkat
|
|
|
|
|
Skor yang dicapai
|
|
|
|
|
|
Skor maksimal
|
12
|

No
|
Kriteria
penilaian
|
Nomor
absen siswa
|
||||||||
01
|
02
|
03
|
04
|
05
|
06
|
07
|
08
|
dsb
|
||
1.
|
Religious
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Bertanggung
jawab
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Berani
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Percaya
diri
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Rasa
ingin tahu
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Riang
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Disiplin
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Gigih
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Jujur
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
No
|
Kriteria
penilaian
|
Keterangan
|
|
1.
|
Religious
|
A
|
Siswa
selalu mengikuti kegiatan berdoa sebelum memulai dan setelah selesai
pelajaran
|
B
|
Siswa
jarang mengikuti kegiatan berdoa sebelum memulai dan setelah selesai
pelajaran
|
||
C
|
Siswa
tidak pernah mengikuti kegiatan berdoa sebelum memulai dan setelah selesai
pelajaran
|
||
2.
|
Bertanggung
jawab
|
A
|
Siswa
selalu mengerjakan tugas dan melakukan piket dengan rasa tanggung jawab
|
B
|
Siswa
jarang mengerjakan tugas dan melakukan piket dengan rasa tanggung jawab
|
||
C
|
Siswa
tidak pernah mengerjakan tugas dan melakukan piket dengan rasa tanggung jawab
|
||
3.
|
Berani
|
A
|
Siswa
berani menampaikan gagasan di dalam kelas
|
B
|
Siswa
masih malu-malu dalam menyampaikan gagasan di dalam kelas
|
||
C
|
Siswa
tidak pernah menyampaikan gagasan di dalam kelas
|
||
4.
|
Percaya
diri
|
A
|
Siswa
percaya diri tampil di depan kelas
|
B
|
Siswa
masih malu-malu tampil di depan kelas
|
||
C
|
Siswa
tidak pernah tampil di depan kelas
|
||
5.
|
Rasa
ingin tahu
|
A
|
Siswa
sangat bersemangat saat mencari tahu suatu informasi ditujukkan dengan aktif
bertanya dan membaca buku
|
B
|
Siswa
mencari tahu informasi asal-asalan yang penting selesai ditujukkan dengan
membaca buku asal-asalan
|
||
C
|
Siswa
tidak memiliki rasa ingin tahu ditujukkan dengan tidak aktif bertanga, dan
tidak membaca buku
|
||
6.
|
Riang
|
A
|
Siswa
selalu riang dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran
|
B
|
Siswa
kadang-kadang jenuh lemas dalam mengikuti pelajaran
|
||
C
|
Siswa
tidak pernah riang dan bersemangat dalam mengikuti pelajaran
|
||
7.
|
Disiplin
|
A
|
Siswa
selalu datang dan mengumpulkan tugas tepat waktu
|
B
|
Siswa
selalu datang dan mengumpulkan tugas pada saat telah mendekati waktu yang
ditentukan
|
||
C
|
Siswa
selalu terlambat datang dan mengumpulkan tugas
|
||
8.
|
Gigih
|
A
|
Siswa
sangat gigih dan tak mengeluh dalam mengerjakan tugas
|
B
|
Siswa
sedikit gigih dan sedikit mengeluh dalam mengerjakan tugas
|
||
C
|
Siswa
tidak gigih dan selalu mengeluh dalam mengerjakan tugas
|
||
9.
|
Jujur
|
A
|
Siswa
selalu berkata jujur pada guru dan teman
|
B
|
Siswa
sedikit berkata jujur pada guru dan teman
|
||
C
|
Siswa
tidak pernah berkata jujur pada guru dan teman
|
No.
|
Aspek yang di Nilai
|
Nilai
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1.
|
Keaktifan anggota
kelompok
|
|
|
|
2.
|
Kerjasama Kelompok
|
|
|
|
3.
|
Keberanian menyampaikan
hasil diskusi
|
|
|
|
Jumlah
|
|
|
|
|
Skor Maksimum
|
9
|

No
|
Aspek
|
Kriteria
|
Nilai
|
Deskripsi
|
1.
|
Keaktifan anggota
|
Baik
|
3
|
Semua anggota ikut menyampaikan
pendapat
|
Tidak ada anggota yang diam atau
main sendiri
|
||||
Cukup
|
2
|
Ada 1 anggota yang tidak
menyampaikan pendapat
|
||
Ada 1 anggota yang diam atau main
sendiri
|
||||
Kurang
|
1
|
Ada 2-3 anggota yang tidak
menyampaikan pendapat
|
||
Ada 2-3 anggota yang diam atau main
sendiri
|
||||
2.
|
Kerjasama Kelompok
|
Baik
|
3
|
Semua anggota berpartisipasi dalam
menyelesaikan soal diskusi
|
Semua anggota kompak dalam
menyelesaikan soal diskusi
|
||||
Cukup
|
2
|
Ada 1 anggota yang tidak
berpartisipasi dalam menyelesaikan soal diskusi
|
||
Ada 1 anggota yang tidak kompak
dalam menyelesaikan soal diskusi
|
||||
Kurang
|
1
|
Ada 2-3 anggota yang tidak
berpartisipasi dalam menyelesaikan soal diskusi
|
||
Ada2-3 anggota yang tidak kompak
dalam menyelesaikan soal diskusi
|
||||
3.
|
Keberanian menyampaikan hasil
diskusi
|
Baik
|
3
|
Menyampaikan hasil diskusi dengan
penuh percaya diri
|
Cukup
|
2
|
Menyampaikan hasil diskusi dengan
sedikit gugup
|
||
Kurang
|
1
|
Menyampaikan hasil diskusi dengan
sedikit paksaan
|
- Ruang Cerita (RUCE)
![]() |
Add caption |