contoh silabus IPS kelas 3 semester 2
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2016/03/contoh-silabus-ips-kelas-3-semester-2.html
SILABUS
Sekolah :
SDN xxxxx
Kelas :
3
Mata Pelajaran :
IPS
Semester : II
Pengembang : ......... ...........
Standar
Kompetensi: 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian
|
Materi Pokok
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Tenik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
|
1. Menjelaskan
pengertian kebutuhan
2. Menyebutkan
jenis-jenis kebutuhan
3. Menjelaskan
pengertian pekerjaan
4. Menyebutkan
jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar
5. Mengklasifikasikan
macam-macam pekerjaan berdasarkan hasil pekerjaan
6. Membedakan pekerjaan
yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa
|
Mengenal jenis-jenis pekerjaan
|
-
Guru memberikan contoh yang berkaitan dengan
kebutuhan
-
Menyajikan gambar tentang berbagai
-
Guru menjelaskan macam-macam pekerjaan berdasarkan
hasil pekerjaan
-
Guru memberikan permainan dengan setiap siswa maju
untuk mengambil kertas dan menjelaskan pekerjaan yang ada di dalam kertas
tersebut
-
Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk
mendiskusikan pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang
menghasilkan jasa
-
Perwakilan kelompok mempresentesikan hasil dari
diskusi
-
Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil diskusi
siswa
|
-
Tes tulis
-
Daftar cek
-
Unjuk kerja
|
-
Pilihan ganda dan uraian
-
Unjuk kerja
-
Diskusi
|
1.
Contoh dari kebutuhan siswa adalah......
2.
Sebagian besar orang yang berada di sekitar pantai.....
-
Terlampir
-
Terlampir
|
6
x 35 menit (2x pertemuan)
|
Wida
Widianti dan Ratih Hurriyati, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 51-60.
Sunarti
dan Eko Setiawan S, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 65-73.
|
2.2 Memahami pentingnya semangat kerja
|
1. Menjelaskan
pengertian semangat kerja
2. Menyebutkan
ciri-ciri semangat kerja
3. Menjelaskan
watak orang yang bekerja keras
4. Membandingkan
orang yang semangat kerja dan tidak semangat kerja
5. Menguraikan
hal-hal yang menimbulkan semangat kerja
6. Menyebutkan
manfaat semangat kerja
|
Memahami pentingnya semangat kerja
|
-
Guru menyajikan vidio mengenai cerita seorang
bersemangat dalam berkerja
-
Siswa melihat dan menganalisis vidio yang
ditampilkan oleh guru
-
Guru meminta kepada salah satu siswa untuk
menyampaikan inti dan pesan dari vidio
-
Siswa menjelaskan tentang pengertian semangat
bekerja
-
Dengan tanya jawab, siswa menjelaskan watak orang
bekerja keras
-
Guru menyajikan vidio lagi, dengan menampilkan
cerita orang yang tidak bekerja keras
-
Siswa menganalisis dan membandingkan sifat dari
orang yang bekerja keras dan yang tidak berdasarkan kedua vidio tadi
-
Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapat
mengenai sifat dari cerita vidio tadi
-
Guru bersama siswa mengidentifikasi manfaat dari sifat
bekerja keras
|
-
Tes tertulis
-
Daftar cek
|
-
Uraian
-
Unjuk kerja
|
1. Manfaat
bekerja keras yaitu mendapatkan..........
2. Setiap
pekerjaan harus dilakukan dengan penuh .......
-
Terlampir
|
9
x 35 menit (3x pertemuan)
|
Wida
Widianti dan Ratih Hurriyati, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 61-72.
Sunarti
dan Eko Setiawan S, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 74-77.
|
2.3 Memahami kegiatan jual beli di lingkungan
rumah dan sekolah
|
1.
Menjelaskan pengertian jual beli
2.
Menyebutkan syarat-syarat terjadinya jual beli
3.
Menyebutkan jenis-jenis tempat belanja
4.
Menjelaskan pengertian tempat belanja
5.
Membedakan antara pasar tradisional dan pasar
modern
6.
Membedakan antara pasar nyata dan pasar tidak
nyata
7.
Membedakan antara pasar hewan, pasar ikan, pasar
loak dan pasar buah dan sayur
8.
Mempraktekan kegiatan jual beli di sekolah
9.
Menganalisis tujuan jual beli
10. Menganalisis
manfaat jual beli
|
Memahami kegiatan jual beli di lingkungan
rumah dan sekolah
|
-
Guru memberikan apersepsi mengenai kegiatan jual
beli di masarakat
-
Siswa menjelaskan pengertian jual beli
-
Dengan tanya jawab siswa menyebutkan syarat-syarat
terjadinya jual beli
-
Guru menyajikan media pop up book dan siswa menyebutkan
jenis-jenis tempat belanja
-
Menyajikan media pop up book dan menjelaskan
pengertian tempat belanja
-
Siswa membedakan berbagai tempat belanja yang ada
dengan media pop up book
-
Menjelaskan persaingan jual beli secara sehat dan
meminta siswa untuk membuat iklan suatu produk
-
Setelah mempelajari materi kemudian mempraktekan
kegiatan jual beli di sekolah
-
Melakukan diskusi dan menganalisis tujuan jual
beli serta manfaat dari jual beli
|
- Tes tulis
- Penilaian
sikap
- Penilaian
produ
- Unjuk kerja
|
-
Uraian
-
Observasi
-
Iklan produk
-
Kegiatan jual beli dan diskusi
|
1. Barang yang
termasuk kebutuhan sehari-hari adalah.......
2. Orang yang
menjual barang disebut ..........
-
Terlampir
-
Terlampir
-
Terlampir
|
9
x 35 menit (3x Pertemuan)
|
Sunarti
dan Eko Setiawan S, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 81-96.
|
2.4 Mengenal sejarah uang
|
1. Menjelaskan
sistem barter dalam pemenuhan kebutuhan
2. Menyebutkan
syarat terjadinya barter
3. Mengidentifikasi
kelemahan sistem barter
4. Menguraikan
sejarah uang di Indonesia
5. Menyebutkan
jenis-jenis uang
6. Membedakan
uang kertas dan uang giral
7. Menjelaskan
nilai uang
8. Menjelaskan
fungsi uang
|
Mengenal sejarah uang
|
-
Guru bercerita mengenai kegitan jual beli pada
zaman dahulu
-
Siswa menyimak dan menjelaskan sistem barter dalam
pemenuhan kebutuhan
-
Melalui tanya jawab siswa menyebutkan syarat
terjadinya barter
-
Dari hasil tanya jawab, sistem mengidentifikasi
kelemahan sistem barter barter siswa
-
Guru menyajikan media berupa berbagai gambar uang
pada zaman dahulu hingga sekarang
-
Guru menceritakan sejarah uang di Indonesia
-
Guru meminta siswa menceritakan kembali sejarah
uang di Indonesia
-
Dengan disediakan berbagai gambar uang siswa dapat
menyebutkan jenis-jenis uang
-
Dengan diberikan soal, siswa dapat membedakan
jenis uang kartar dan giral
-
Dengan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan
nilai uang
-
Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan
fungsi uang
|
-
Tes tulis
-
Penilaian sikap
|
-
Uraian
-
Observasi
|
1. Tukar-menukar
barang dengan barang disebut ....
2. Alat
tukar sekarang berbentuk ......
-
Terlampir
|
15
x 35 menit (5x pertemuan)
|
Wida
Widianti dan Ratih Hurriyati, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 85-98.
Sunarti
dan Eko Setiawan S, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 97-109.
|
2.5 Mengenal penggunaan uang sesuai dengan
Kebutuhan
|
1. Menjelaskan
pengertian pengelolaan uang
2. Menguraikan
alasan pengelolahan uang
3. Menyebutkan
cara pengelolahan uang
4. Menyusun
kebutuhan sesuai keperluan
5. Menjelaskan
manfaat dari menabung
|
Mengenal penggunaan uang sesuai dengan
Kebutuhan
|
-
Guru menyajikan media berupa gambar mengenai
pengelolahan uang seperti gambar orang belanja, bayar angkutan, dll.
-
Siswa menjelaskan pengertian pengelolahan uang
-
Guru menyimpulkan dan membenarkan jawaban siswa
mengenai pengertian pengelolahan uang
-
Siswa mengungkapkan pendapat tentang alasan
pengelolahan uang
-
Dengan didampingi guru, siswa menyebutkan cara
pengelohan uang
-
Siswa disuruh untuk menuliskan kebutuhan siswa dan
menyusunnya kebutuhan sesuai keperluan
-
Melalui diskusi, siswa menjelaskan manfaat dari
menabung
-
Guru menyuruh perwakilan kelompok untuk
mengungkapkan hasil diskusi
-
Guru bersama siswa membahas hasil dari diskusi
tadi
-
Guru memberikan soal kepada siswa, untuk
mengevaluasi keberhasilan dan pencapaian tujuan pembelajaran
|
-
Tes tertulis
-
Unjuk kerja
|
-
Uraian
-
Diskusi
|
1. Membelanjakan
uang harus sesuai dengan ....
2. Manfaat
mengelola uang dengan baik kehidupan menjadi ....
-
Terlampir
|
12
x 35 menit (4x pertemuan)
|
Wida
Widianti dan Ratih Hurriyati, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 99-106.
Sunarti
dan Eko Setiawan S, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 109-111.
|