Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pembelajaran Olah Raga SD (Cakram)
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2016/03/rencana-pelaksanaan-pembelajaran.html
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN xxxxx
Mata
Pelajaran : Penjas Orkes
Kelas/Semester : III/ 2 (Genap)
Standar
Kompetensi : 2. Mempraktikkan
berbagai gerak dasar dalam permainan sederhana dan nilai-nilai yang terkandung
di dalamnya
Kompetensi
Dasar : 2.2 Mempraktikkan
kombinasi gerak memutar, menekuk lutut, mengayun lengan dan meliukkan badan
dengan koordinasi gerak yang baik dalam permainan sederhana, serta nilai
kerjasama dan menghargai lawan atau diri sendiri
Alokasi
waktu : 2 x 35 menit (1x
pertemuan)
Indikator :
·
Menjelaskan pengertian lempar cakram
·
Menyebutkan teknik-teknik lempar cakram
·
Menjelaskan cara memegang cakram
·
Menyebutkan gaya dalam melempar cakram
·
Menjelaskan gaya samping dalam melempar cakram
·
Menjelaskan gaya belakang dalam melempar cakram
·
Menjelaskan peraturan dalam lempar cakram
·
Mempraktekan gaya samping dalam melempar cakram
·
Mempraktekan gaya belakang dalam melempar cakram
A. Tujuan
pembelajaran:
·
Setelah guru menjelaskan pengertian lempar
cakram, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menjelaskan pengertian lempar
cakram dengan benar
·
Melalui tanya jawab, siswa SDN xxxxx
diharapkan dapat menyebutkan teknik-teknik lempar cakram dengan tepat
·
Dengan mendengar penjelasan guru, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menjelaskan cara melempar cakram dengan benar
·
Melalui tanya jawab, siswa SDN xxxxx
diharapkan dapat menyebutkan gaya dalam melempar cakram dengan tepat
·
Setelah guru menjelaskan pengertian gaya samping
dalam melempar cakram, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menjelaskan gaya
samping dalam melempar cakram dengan benar
·
Setelah guru menjelaskan pengertian gaya
belakang dalam melempar cakram, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat
menjelaskan gaya belakang dalam melempar cakram dengan tepat
·
Setelah guru menjelaskan pengertian peraturan
dalam lempar cakram, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menjelaskan
peraturan dalam lempar cakram dengan benar
·
Setelah guru mempraktekan cara gaya samping
dalam melempar cakram, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat Mempraktekan gaya
samping dalam melempar cakram dengan benar
·
Setelah guru mempraktekan cara gaya belakang
dalam melempar cakram, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat Mempraktekan gaya
belakang dalam melempar cakram dengan benar
B. Materi
Pembelajaran:
-
Pengertian lempar cakram
-
Teknik-teknik lempar cakram
-
Mempraktikan lemar cakram
C. Metode
Pembelajaran:
-
Ceramah
-
Demonstrasi
-
Tanya jawab
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (15’)
·
Mengucapkan
salam
· Menanyakan kabar siswa
· Menanyakan kesiapan belajar siswa
· Meminta ketua kelas untuk memimpin membaca
do’a
· Memeriksa kehadiran siswa
· Pemanasan
2.
Kegiatan Inti
TAHAP
|
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
ALOKASI WAKTU
|
Eksplorasi
|
-
Melakukan apersepsi dengan tanya jawab kepada
siswa mengenai materi lempar cakram
-
Menyampaikan tujuan pembelajaran atau
kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan metode yang digunakan
-
Menjelaskan pengertian dan teknik-teknik
lempar cakram
-
Mempraktikan cara memegang cakram dengan benar
-
Mempraktikan cara melempar cakram, baik gaya
samping dan gaya belakang
|
-
Menyimak dengan baik pengantar yang diberikan
oleh guru
-
Menyimak tujuan pembelajaran yang disampaikan
oleh guru
-
Menyimak penjelasan guru
-
Memperhatikan contoh memegang cakram dengan
benar yang dipraktikan guru
-
Memperhatikan contoh cara melempar cakram,
baik gaya samping dan gaya belakang yang dipraktikan guru
|
10’
|
Elaborasi
|
-
Membagi siswa menjadi 3 kelompok, 1 kelompok
laki-laki dan 2 kelompok perempuan
-
Setiap kelompok membuat barisan ke belakang
hingga membentuk 3 baris
-
Menyuruh setiap siswa mempraktikan melempar
cakram, baik gaya ke samping dan gaya ke belakang, berurutan sesuai dengan
kelompok dan urutan
-
Setelah mempraktikan melempar cakram,
melakukan permainan estafet cakrman
|
-
Berkumpul dengan masing-masing kelompok
-
Mengikuti pola barisan yang ditentukan oleh
guru
-
Mempraktikan melempar cakram, baik gaya ke
samping dan gaya ke belakang
-
Melakukan permainan estafet cakram
|
40’
|
Konfirmasi
|
-
Memberikan penguatan atas materi yang telah
diajarkan
-
Menanyakan pesan kesan mengenai pelajaran yang
baru saja diperoleh
|
-
Menyimak dengan baik penguatan yang diberikan
oleh guru
-
Bertanya apabila ada hal yang belum dimengerti
-
Menyampaikan pesan kesan selama pembelajaran
berlangsung
|
5’
|
3. Kegiatan
Penutup (5’)
·
Memberikan
pesan-pesan untuk giat berolahraga
·
Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca doa bersama sama
E. Media
Pembelajaran
- Cakram
F.
Penilaian
-
Unjuk kerja
Bangkalan, 19
Desember 2015
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru