LKS percobaan perubahan bentuk benda
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2016/04/lks-percobaan-perubahan-bentuk-benda_27.html
Lembar Kerja Siswa (LKS)
Perubahan Bentuk Benda
Standar Kompetensi :
Benda dan Sifatnya
2. Mengenal berbagai bentuk benda dan
kegunaannya serta perubahan wujud dapat
dialaminya
Kompetensi
Dasar :
2.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan
wujud benda (Plastisin/tanah liat/ adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu
Indikator : Untuk mendeskripsikan
perubahan bentuk benda
Kelas : II
Kelompok : .......................
Anggota Kelompok :
- ..................................
- ..................................
- ..................................
- ..................................
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan percobaan perubahan
bentuk benda, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan perubahan bentuk benda
dengan tepat.
B. Permasalahan
Benda
dapat berubah bentuk,
perubahan bentuk melalui beberapa cara misalnya dengan ditekan-tekan, dipilin-pilin, dipukul-pukul, dipanasi,
didinginkan.
coba perhatikan gambar berikut
bagaimana cara membuat tembikar?
tembikar terbuat dari tanah liat, tanah liat mudah
diubah bentuknya, tanah liat bersifat lunak, tanah liat dapat dibuat menjadi
tembikar, caranya dengan menekan nekan, tanah liat juga dapat
dibuat pot, batu bata
dan genting.
Pot Batu
Bata Genting
begitu pula plastisin
dan kertas
plastisin dan kertas
dapat diubah ubah bentuknya, benarkah plastisin dan kertas dapat dibentuk?
untuk menguji kebenarannya. Marilah kita mengadakan percobaan berikut.
A. Alat dan Bahan
· Plastisin Kertas
B. Langkah-Langkah Pengamatan
1. Siapkan
alat dan bahan yang akan digunakan
2. Ambil
plastisin, dan bentuk menjadi kupu-kupu, kerbau dan bentuk sesuai keinginanmu.
3. Setelah
membentuk plastisin, amatilah perubahan plastisin tersebut.
4. Setelah itu, bentuklah
kertas menjadi bunga, pesawat-pesawatan dan sesuai keinginanmu. Kemudian amati
perubahan kertas tersebut.
5. Setelah
kalian mengamati perubahan bentuk benda, hasil dari pengamatan tulis pada tabel
yang tersedia.
C. Lembar Pengamatan
Tabel
Berikan
tanda centang (√) pada tabel berikut.
No
|
Pertanyaan
|
Dapat
dibentuk
|
Tidak
dapat dibentuk
|
1.
|
Plastisin
dibentuk menjadi kupu-kupu
|
.........
|
.........
|
2.
|
Plastisin dibentuk
menjadi kerbau
|
.........
|
.........
|
3.
|
Plastisin dibentuk
sesuai keinginanmu
|
.........
|
.........
|
4.
|
Kertas dibentuk
menjadi bunga
|
.........
|
.........
|
5.
|
Kertas dibentuk
pesawat-pesawatan
|
.........
|
.........
|
6.
|
Kertas dibentuk
sesuai keinginamu
|
.........
|
.........
|
D. Analisis
Jawablah
pertanyaan berikut dengan mencoret jawaban yang tidak benar.
1. Saat
plastisin dibentuk menjadi kupu-kupu, apakah bentuk berubah? (iya/tidak)
2. Saat
plastisin dibentuk menjadi kerbau, apakah bentuk berubah? (iya/tidak)
3. Saat
kertas dibentuk menjadi bunga, apakah bentuk berubah? (iya/tidak)
4. Saat
kertas dibentuk menjadi pesawat-pesawatan, apakah bentuk berubah? (iya/tidak)
E. Kesimpulan
Plastisin dan kertas (dapat/tidak dapat)
bentuknya, karena benda (dapat/tidak dapat) berubah dengan kondisi tertentu.
Seperti dibentuk dengan berbagai cara, misalnya dengan ditekan-tekan, dipilin,
dipukul, dibakar dan lain-lain.
F. Soal
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan mencoret jawaban yang tidak benar!
- Benda (dapat/tidak dapat) berubah bentuk akibat kondisi tertentu
- Perubahan bentuk benda (dapat/tidak dapat) dibentuk dengan berbagai cara, seperti dipilin dan ditekan
- Adonan tepung dan tanah liat merupakan benda yang (dapat/tidak dapat) dibentuk sesuai keinginan kita
- Kartas dan kayu juga merupakan benda yang (dapat/tidak dapat) dibentuk sesuai keinginan kita
- Genting dan batu bata dari tanah liat yang (dapat/tidak dapat) dibentuk dengan berbagai cara