rpp kelas 3 sd pkn norma yang berlaku di masyarakat
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2016/09/rpp-kelas-3-sd-pkn-norma-yang-berlaku.html
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN XXXX
Mata
Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : III/ 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi :
2. Melaksanakan norma yang berlaku di masyarakat
Kompetensi
Dasar :
2.1 Mengenal
aturan-aturan yang berlaku di lingkungan masyarakat sekitar
Indikator :
·
Menjelaskan pengertian norma
·
Mengidentifikasi macam-macam norma
·
Mengidentifikasi aturan yang berlaku di
masyarakat
·
Menyebutkan contoh norma dan aturan
dimasyarakat yang tertulis
·
Menyebutkan contoh norma dan aturan
dimasyarakat yang tidak tertulis
Alokasi
waktu : 3 x 35 menit (1x
pertemuan)
A. Tujuan
pembelajaran:
·
Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan
pengertian norma dengan benar
·
Dengan diberikan sebuah gambar dan
cerita, siswa dapat Mengidentifikasi macam-macam norma yang berlaku di
masyarakat dengan benar
·
Dengan diberikan sebuah gambar dan
cerita, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku di masyarakat dengan
benar
·
Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan
contoh norma dan aturan dimasyarakat yang tertulis dengan benar
·
Melalui penjelasan guru, siswa dapat
menyebutkan contoh norma dan aturan dimasyarakat yang tidak tertulis dengan
benar
B. Materi
Pembelajaran:
Ø Norma
di Masyarakat
A. Norma
dan aturan yang berlaku di masyarakat
1.
Norma dalam masyarakat
2.
Macam-macam norma
B. Aturan
yang berlaku di masyarakat
C. Model
dan Metode Pembelajaran:
Model : Pembelajaran Kontekstual
dan Kelompok
Metode : Tanya jawab, Diskusi dan
Penugasan
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (5’)
· Mengucapkan
salam
· Menanyakan
kabar siswa
· Menanyakan
kesiapan belajar siswa
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca do’a
· Memeriksa
kehadiran siswa
2.
Kegiatan Inti (65’)
TAHAP
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
SISWA
|
ALOKASI
WAKTU
|
Eksplorasi
|
- Melakukan
apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa mengenai norma dan aturan yang
berlaku di masyarakat
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan metode
yang digunakan
- Menyebutkan
contoh norma-norma yang berlaku di masyarakat
- Meminta
siswa untuk menyebutkan contoh norma-norma yang berlaku di masyarakat yang
diketahui
|
- Menyimak dengan
baik pengantar yang diberikan oleh guru
- Menyimak
penjelasan guru
- Menyebutkan
contoh norma-norma yang berlaku di masyarakat yang diketahui
|
15’
|
Elaborasi
|
-
Membagi siswa menjadi beberapa
kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 anggota
-
Mrnyajikan media gambar dan
menceritakan keadaan yang ada pada gambar
-
Bertanya dan membahas macam-macam
norma menggunakan stik gambar, aturan yang berlaku di masyarakat, dan fungsi
dari aturan tersebut
-
Memberikan tugas memberikan pendapat
atas sebuah gambar dan mengerjakan TTS
-
Meminta perwakilan kelompok maju
mempresentasikan tugas yang telah
dikerjakan
-
Bersama siswa membahas kembali
tugas kelompok yang telah di presentasikan
-
Memberikan soal kepada siswa
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
- Membentuk
kelompok dan berkumpul dengan kelompoknya
-
Menyimak cerita guru
-
Menjawab pertanyaan guru seputar
cerita dan menyimak penjelasan guru
-
Mengerjakan tugas yang telah
diberikan oleh guru
-
Perwakilan kelompok maju mempresentasikan tugas yang telah dikerjakan
- Membahas
kembali tugas kelompok yang telah di presentasikan
-
Mengerjakan soal yang diberikan
guru
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
35’
|
Konfirmasi
|
- Memberikan
penguatan atas materi yang telah diajarkan
- Menanyakan
pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh
|
- Menyimak
dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
- Mencatat
hal-hal penting yang dijelaskan oleh guru
- Bertanya
apabila ada hal yang belum dimengerti
- Menyampaikan
pesan kesan selama pembelajaran berlangsung
|
10’
|
3.
Kegiatan Penutup (5’)
· Memberikan
motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi
dalam belajar
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca doa bersama-sama
E.
Sumber Belajar
-
Sunarso, dkk. PKN Pendidikan
Kewarganegaraan kelas III SD. Hal
F.
Media Pembelajaran
- Gambar
sebuah peristiwa
G. Penilaian
- Tes
tulis
- Unjuk
kerja
- Sikap
Bangkalan,
26 September 2016
Lampiran
Penilaian
1.
Tes tulis
A.
Pilihlah satu jawaban yang benar!
1. Ketentuan-ketentuan
yang mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat disebut?
a.
Aturan c.
Norma
b.
Tradisi d.
Nilai-nilai
2. Norma-norma
banyak sekali yang berlaku di masyarakat, diantaranya adalah kecuali ..........
a.
Norma agama c. Norma hukum
b.
Norma kesopanan d. Norma kesantunan
3. Ahmad
ketika berangkat sekolah selalu berpamitan dengan kedua orang tuanya dan selalu
memakai bahasa yang halus dan sopan ketika berbicara dengan orang yang lebih
tua adalah contoh norma .........
a.
Norma kesusilaan c. Norma agama
b.
Norma agama d. Norma kesopanan
4. Norma
agama bersumber dari .......
a.
Ucapan orang tua c. Firman Tuhan
b.
Pemerintah d. Nenek moyang
5. Aturan
dibuat untuk .......
a.
Kacau c.
Tentram
b.
Gelisah d.
Pertikaian
6. Aturan
keluarga berlaku untuk .......
a.
Ayah dan ibu c. Adik dan kakak
b.
Kakek dan nenek d. Semua anggota keluarga
7. Contoh
aturan yang terdapat dalam keluarga adalah .....
a.
Menghargai teman c. Membantu pekerjaan rumah
b.
Kerja bakti di lingkungan sekitar d. Menengok teman yang sakit
8. Jika
kita melanggar aturan di sekolah akan mendapatkan .....
a.
Hukuman c.
Penghargaan
b.
Disayangi para guru d. Dikucilkan
9. Jika
ada tamu yang bertamu lebih dari 24 jam harus melapor kepada ketua RT merupakan
......
a.
Aturan tertulis c. Aturan tidak tertulis
b.
Aturan setempat d. Aturan bersama
10.
Ketika ada kerja bakti di lingkungan
sekitar rumah kita harus ....
a.
Melihat saja c. Bersembunyi ke dalam rumah
b.
Ikut membantu d. Tidak perduli
Skor akhir = x 100%
B. Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Apa yang dimaksud dengan norma?
2.
Sebutkan macam-macam norma yang berlaku
di masyarakat!
3.
Bolehkah kita melanggar aturan
dimasyarakat? Mengapa?
4.
Berikan tiga contoh aturan yang ada di
sekolah!
5.
Berikan dua contoh aturan dalam
keluarga!
Skor akhir = x 100%
Rubik penilaian
Pedom dan penskoran
untuk penilaian tes tulis
A.
Soal pilihan ganda
No
|
Tujuan
pembelajaran
|
Pertanyaan
|
Level
kognitif
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian norma dengan benar
|
Ketentuan-ketentuan
yang mengatur tingkah laku manusia dalam masyarakat disebut?
|
C2
|
c. Norma
|
3
|
2.
|
Dengan
diberikan sebuah gambar dan cerita, siswa dapat Mengidentifikasi macam-macam
norma yang berlaku di masyarakat dengan benar
|
Norma-norma
banyak sekali yang berlaku di masyarakat, diantaranya adalah kecuali ..........
|
C1
|
d. Norma kesantunan
|
2
|
3.
|
Dengan
diberikan Dengan diberikan sebuah gambar dan cerita, siswa dapat Mengidentifikasi
macam-macam norma yang berlaku di masyarakat dengan benar
|
Ahmad ketika
berangkat sekolah selalu berpamitan dengan kedua orang tuanya dan selalu
memakai bahasa yang halus dan sopan ketika berbicara dengan orang yang lebih
tua adalah contoh norma .........
|
C1
|
d. Norma kesopanan
|
2
|
4.
|
Dengan
diberikan sebuah gambar dan cerita, siswa dapat Mengidentifikasi macam-macam
norma yang berlaku di masyarakat dengan benar
|
Norma agama
bersumber dari .......
|
C1
|
c. Firman Tuhan
|
2
|
5.
|
Dengan
diberikan sebuah gambar dan cerita, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang
berlaku di masyarakat dengan benar
|
Aturan dibuat
untuk .......
|
C1
|
c. Tentram
|
2
|
6.
|
Dengan
diberikan sebuah gambar dan cerita, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang
berlaku di masyarakat dengan benar
|
Aturan
keluarga berlaku untuk .......
|
C1
|
d.
Semua anggota keluarga
|
2
|
7.
|
Dengan
diberikan sebuah gambar dan cerita, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang
berlaku di masyarakat dengan benar
|
Contoh
aturan yang terdapat dalam keluarga adalah .....
|
C1
|
c. Membantu pekerjaan
rumah
|
2
|
8.
|
Dengan
diberikan sebuah gambar dan cerita, siswa dapat mengidentifikasi aturan yang
berlaku di masyarakat dengan benar
|
Jika
kita melanggar aturan di sekolah akan mendapatkan .....
|
C1
|
a. Hukuman
|
2
|
9.
|
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan contoh norma dan aturan dimasyarakat
yang tertulis dengan benar
|
Jika
ada tamu yang bertamu lebih dari 24 jam harus melapor kepada ketua RT
merupakan ......
|
C1
|
a. Aturan tertulis
|
2
|
10.
|
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan contoh norma dan aturan dimasyarakat
yang tidak tertulis dengan benar
|
Ketika
ada kerja bakti di lingkungan sekitar rumah kita harus ....
|
C1
|
b. Ikut
membantu
|
2
|
B. Soal
uraian bebas
No
|
Tujuan
pembelajaran
|
Pertanyaan
|
Level
kognitif
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian norma dengan benar
|
Apa yang dimaksud
dengan norma?
|
C2
|
Norma adalah
ketentuan-ketentuan yang mengatur tingkah laku manusia dalam bermasyarakat
|
0-4
|
2.
|
Dengan
diberikan sebuah gambar dan cerita, siswa dapat Mengidentifikasi macam-macam
norma yang berlaku di masyarakat dengan benar
|
Sebutkan macam-macam
norma yang berlaku di masyarakat!
|
C1
|
Norma kesusilaan,
norma agama, norma kesopanan dan norma hukuman
|
0-2
|
3.
|
Dengan diberikan sebuah gambar dan cerita,
siswa dapat mengidentifikasi aturan yang berlaku di masyarakat dengan benar
|
Bolehkah kita
melanggar aturan dimasyarakat? Mengapa?
|
C1
|
Jawaban bebas seputar
pendapat yang benar.
|
0-2
|
4.
|
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan contoh norma dan aturan dimasyarakat
yang tertulis dengan benar
|
Berikan tiga contoh
aturan yang ada di sekolah!
|
C1
|
Membantu pekerjaan rumah, bagun pagi, saat bermain
atau keluar rumah harus berpamitan orang tua, dll
|
0-3
|
5.
|
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan contoh norma dan aturan dimasyarakat
yang tidak tertulis dengan benar
|
Berikan dua contoh
aturan dalam keluarga!
|
C1
|
Memakai seragam sekolah dengan rapi dan sopan,
datang tepat waktu ke sekolah, menjaga kebersihan lingkungan sekolah, dll.
|
0-3
|
2.
Unjuk
kerja
Penilaian
Diskusi dan Presentasi
Memberikan
pendapat atas sebuah gambar dan mengerjakan TTS
Nama Kelompok :
Anggota Kelompok : 1. .............................
2. .............................
3. .............................
4. .............................
5. .............................
Kelas :
Tanggal Diskusi :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Aspek Diskusi
Kerjasama yang baik
antar individu dalam kelompok
Suasana demokrasi
dalam kelompok saat diskusi (menghargai pendapat temannya)
Ketepatan diskusi
dengan topik yang sedang dibahas
Keaktifan tiap
individu dalam proses diskusi
Pemahaman akan topik
yang sedang didiskusikan
|
|
|
|
|
2.
|
Aspek Presentasi
Penggunaan bahasa
yang baik saat penyampaian hasil diskusi
Intonasi dan tempo
yang sesuai dalam penyampaian informasi
Suasana demokrasi
saat presentasi
Penyampaian informasi
yang lengkap, akurat dan sistematis
Kemampuan menjelaskan
dalam penyampaian informasi dari hasil diskusi.
|
|
|
|
|
Jumlah
skor yang dicapai
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor maksimum
|
40
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik Skor
4 : Sangat Baik
Rubik penilaian:
0-25 : Kurang baik 51-75 : Baik
26-50 : Cukup baik 76-100 : Sangat
baik
Jumlah skor : jumlah skor tiap tiap indikator penilaian
Skor akhir = x 100%
3. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perilaku
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
keterangan
|
||
Bekerjasama
|
Patuh
|
Bertanggung jawab
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik Skor
4 : Sangat Baik
Keterangan : 91-100 (Sangat Baik)
81-100 (Baik)
71-80 (Cukup Baik)
61-70 (Kurang Baik)
Skor Diperoleh : x 100