rpp kelas 2 sd materi dunia tubuhan semester 1
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2016/09/rpp-kelas-2-sd-materi-dunia-tubuhan.html
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN XXX
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : II/ 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi :
Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan
1.
Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan,
pertumbuhan hewan dan tumbuhan serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Kompetensi
Dasar :
1.1 Mengenal
bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
Indikator :
·
Menyebutkan contoh tumbuhan yang ada di
lingkungan sekitar tempat tinggal
·
Mengklasifikasikan tumbuhan besar dan
kecil
·
Menyebutkan bagian-bagian tubuh tumbuhan
·
Menjelaskan fungsi bagian-bagian tubuh
tumbuhan
·
Menjelaskan pertumbuhan pada tumbuhan
Alokasi
waktu : 3 x 35 menit (1x
pertemuan)
A. Tujuan
pembelajaran:
·
Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal dengan benar
·
Dengan diberikan media gambar, siswa
dapat mengklasifikasikan tumbuhan besar dan kecil dengan benar
·
Dengan diberikan media kongkret berupa
tumbuhan, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian tubuh tumbuhan dengan benar
·
Dengan diberikan media kongkret berupa
tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian-bagian tubuh tumbuhan dengan
benar
·
Dengan diberikan media kongkret berupa
tumbuhan, siswa dapat menjelaskan pertumbuhan pada tumbuhan dengan benar
B. Materi
Pembelajaran:
Ø Dunia
Tumbuhan
A. Bagian
tubuh tumbuhan
B. Pertumbuhan
tumbuhan
C. Model
dan Metode Pembelajaran:
Model : Paikem
Metode : Tanya jawab, Diskusi dan
Penugasan
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (5’)
· Mengucapkan
salam
· Menanyakan
kabar siswa
· Menanyakan
kesiapan belajar siswa
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca do’a
· Memeriksa
kehadiran siswa
2.
Kegiatan Inti (95’)
TAHAP
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
SISWA
|
ALOKASI
WAKTU
|
Eksplorasi
|
- Melakukan
apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa mengenai materi dunia tumbuhan
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan metode
yang digunakan
- Memberikan
contoh yang berkaitan dengan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar tempat
tinggal
- Meminta
siswa menyebutkan tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal
|
- Menyimak dengan
baik pengantar yang diberikan oleh guru
- Menyimak
penjelasan guru
- Menyebutkan
tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal
|
15’
|
Elaborasi
|
-
Menjelaskan materi tentang
tumbuhan berukuran besar dan kecil
-
Meminta siswa untuk mengelompokan
tumbuhan berdasarkan ukuran dan cirinya
-
Menyajikan tumbuhan kongkret dan
menjelaskan tentang bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya
-
Menyajikan kembali tumbuhan
kongkret dan menjelaskan tentang pertumbuhan tumbuhan
-
Memberikan soal kepada siswa
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
- Menyimak
penjelasan guru
- Mengelompokkan tumbuhan berdasarkan ukuran dan cirinya
- Menyimak
penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang penting
-
Menerima dan mengerjakan tugas
kelompok
-
Mengerjakan soal yang diberikan
guru
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
75’
|
Konfirmasi
|
- Memberikan
penguatan atas materi yang telah diajarkan
- Menanyakan
pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh
|
- Menyimak
dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
- Mencatat
hal-hal penting yang dijelaskan oleh guru
- Bertanya
apabila ada hal yang belum dimengerti
- Menyampaikan
pesan kesan selama pembelajaran berlangsung
|
10’
|
3.
Kegiatan Penutup (5’)
· Memberikan
motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi
dalam belajar
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca doa bersama-sama
E.
Sumber Belajar
-
Sally, V.K, Septi Oktavia, Belajar Sains
2 SD Kelas II, hal 23-28
F.
Media Pembelajaran
- Gambar
tumbuh-tumbuhan
- Tumbuhan
kongkret
- Tumbuhan
kongkret
G. Penilaian
- Tes
tulis
- Sikap
Bangkalan,
23 September 2016
Lampiran
Penilaian
1.
Tes tulis
A.
Pilihlah satu jawaban yang benar!
1. Salah
satu contoh tumbuhan di sekitar lingkungan yang berfungsi sebagai hiasan adalah
........
a.
Pohon kelapa c. Bunga mawar
b.
Bayam
2. Tumbuhan
yang besar dan kuat disebut .......
a. Perdu
c. Tanaman
b. Pohon
3. Tumbuhan
yang memiliki batang yang lunak dan lemah adalah .......
a. Tumbuhan
herba c. Tumbuhan pemanjat
b. Tumbuhan
merambat
4. Semangka
dan labu termasuk tumbuhan .......
a. Tumbuhan
perdu c. Tumbuhan pemanjat
b. Tumbuhan
merambat
5. Akar
adalah bagian tumbuhan yang berada di dalam .......
a. Tanah
c. Buah
b. Bunga
6. Di
atas akar ada .......
a. Daun c. Batang
b. Bunga
7. Buah
dan biji berfungsi untuk ......
a. Menyimpan
makanan c. Mengangkut air
dan zat makanan
b. Menarik
perhatian serangga
8. Bagian
tumbuhan yang berfungsi untuk membuat makanan adalah .......
a. Akar
c. Batang
b. Daun
9. Perubahan
biji menjadi tumbuhan .........
a. Perkecambahan c. Pertumbuhan
b. Perkembangbiakan
10.Pertumbuhan pada
tumbuhan dimulai ketika ...... berkecambah.
a.
Batang c. Biji
d.
buah
Skor akhir = x 100%
B. Berilah
tanda centang (√) untuk pernyataan yang
benar dan tanda (×) untuk pernyataan yang salah!
1.
Pohon toman berfungsi sebagai hiasan (
)
2.
Tumbuhan perdu adalah tumbuhan berukuran lebih kecil dari
pada pohon ( )
3.
Bunga adalah bagian tumbuhan yang
tercantik (
)
4.
Buah adalah tempat untuk membuat makanan (
)
5.
Di dalam biji terkandung calon tumbuhan (
)
Skor akhir = x 100%
Rubik penilaian
Pedom dan penskoran
untuk penilaian tes tulis
A.
Soal pilihan ganda
No
|
Tujuan
pembelajaran
|
Pertanyaan
|
Level
kognitif
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menyebutkan tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan
tempat tinggal dengan benar
|
Salah
satu contoh tumbuhan di sekitar lingkungan yang berfungsi sebag
ai hiasan
adalah ........
|
C1
|
c. Bunga mawar
|
2
|
2.
|
Dengan
diberikan media gambar, siswa dapat mengklasifikasikan tumbuhan besar dan
kecil dengan benar
|
Tumbuhan yang besar dan kuat
disebut .......
|
C2
|
b.
Pohon
|
3
|
3.
|
Dengan diberikan
media gambar, siswa dapat mengklasifikasikan tumbuhan besar dan kecil dengan
benar
|
Tumbuhan yang memiliki batang
yang lunak dan lemah adalah .......
|
C2
|
a.
Tanaman herba
|
3
|
4.
|
Dengan diberikan
media kongkret berupa tumbuhan, siswa dapat mengklasifikasikan tumbuhan besar
dan kecil dengan benar
|
Semangka dan labu termasuk
tumbuhan .......
|
C2
|
b.
Tumbuhan merambat
|
3
|
5.
|
Dengan
diberikan media kongkret berupa tumbuhan, siswa dapat menyebutkan
bagian-bagian tubuh tumbuhan dengan benar
|
Akar adalah bagian tumbuhan yang
berada di dalam .......
|
C1
|
a.
Tanah
|
2
|
6.
|
Dengan diberikan
media kongkret berupa tumbuhan, siswa dapat menyebutkan bagian-bagian tubuh
tumbuhan dengan benar
|
Di atas akar ada .......
|
C1
|
c.
Batang
|
2
|
7.
|
Dengan
diberikan media kongkret berupa tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi
bagian-bagian tubuh tumbuhan dengan benar
|
Buah dan biji berfungsi untuk
......
|
C2
|
a.
Menyimpan makanan
|
3
|
8.
|
Dengan diberikan
media kongkret berupa tumbuhan, siswa dapat menjelaskan fungsi bagian-bagian
tubuh tumbuhan dengan benar
|
Bagian tumbuhan yang berfungsi
untuk membuat makanan adalah .......
|
C2
|
b.
Daun
|
3
|
9.
|
Dengan diberikan
media kongkret berupa tumbuhan, siswa dapat menjelaskan pertumbuhan pada
tumbuhan dengan benar
|
Perubahan biji menjadi tumbuhan
.........
|
C2
|
a.
Perkecambahan
|
3
|
10.
|
Dengan diberikan
media kongkret berupa tumbuhan, siswa dapat menjelaskan pertumbuhan pada
tumbuhan dengan benar
|
Pertumbuhan pada
tumbuhan dimulai ketika ...... berkecambah.
|
C2
|
c.
Biji
|
3
|
B. Soal
benar salah
No
|
Tujuan
pembelajaran
|
Pertanyaan
|
Level
kognitif
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
tumbuhan yang ada di sekitar lingkungan tempat tinggal dengan benar
|
Pohon tomat berfungsi sebagai hiasan
|
C1
|
Salah
|
2
|
2.
|
Dengan diberikan media gambar, siswa dapat
mengklasifikasikan tumbuhan besar dan kecil dengan benar
|
Tumbuhan perdu
adalah tumbuhan berukuran lebih kecil dari pada pohon
|
C2
|
Benar
|
3
|
3.
|
Dengan diberikan media kongkret berupa tumbuhan,
siswa dapat menyebutkan bagian-bagian tubuh tumbuhan dengan benar
|
Bunga adalah bagian tumbuhan yang tercantik
|
C1
|
Benar
|
2
|
4.
|
Dengan diberikan media kongkret berupa tumbuhan, siswa
dapat menjelaskan fungsi bagian-bagian tubuh tumbuhan dengan benar
|
Buah adalah tempat untuk membuat makanan
|
C2
|
Salah
|
3
|
5.
|
Dengan diberikan media kongkret berupa tumbuhan,
siswa dapat menjelaskan pertumbuhan pada tumbuhan dengan benar
|
Di dalam biji terkandung calon tumbuhan
|
C2
|
Benar
|
3
|
2. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perilaku
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
keterangan
|
||
Bekerjasama
|
Patuh
|
Bertanggung jawab
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik Skor
4 : Sangat Baik
Keterangan : 91-100 (Sangat Baik)
81-100 (Baik)
71-80 (Cukup Baik)
61-70 (Kurang Baik)
Skor Diperoleh : x 100