rpp kelas 5 kenampakan alam (IPS)
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2016/11/rpp-kelas-5-kenampakan-alam-ips.html
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDNXXXX
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas/Semester : V-A/ 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : 1. Menghargai berbagai
peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan
Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia.
Kompetensi
Dasar : 1.3 Mengenal keragaman
kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan
menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
Indikator :
·
Menyebutkan berbagai bentuk kenampakan
alam
·
Mengklasifikasikan bentuk kenampakan
alam wilayah daratan
·
Mengklasifikasikan bentuk kenampakan
alam wilayah lautan
·
Membedakan berbagai bentuk kenampakan
alam
·
Menjelaskan kenampakan alam pada peta
Alokasi
waktu : 2 x 35 menit (1x
pertemuan)
A. Tujuan
pembelajaran:
·
Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan
berbagai bentuk kenampakan alam dengan benar
·
Dengan diberikan media pembelajaran,
siswa dapat mengklasifikasikan bentuk kenampakan alam wilayah daratan dengan
benar
·
Dengan diberikan media pembelajaran,
siswa dapat mengklasifikasikan bentuk kenampakan alam wilayah lautan dengan
benar
·
Dengan diberikan media pembelajaran,
siswa dapat membedakan berbagai bentuk kenampakan alam dengan benar
·
Dengan penjelasan guru, siswa dapat
menjelaskan kenampakan alam pada peta dengan benar
Karakter
siswa yang diharapkan:
·
Kerjasama
·
Tanggung jawab
·
Menerima pendapat orang lain
B. Materi
Pembelajaran:
Ø Kenampakan
alam dan buatan di Indonesia
A. Kenampakan
alam
1. Berbagai
bentuk kenampakan alam
- Wilayah
daratan dan wilayah perairan
2. Kenampakan
alam pada peta
B. Model
dan Metode Pembelajaran:
Model : Kooperatif
Metode : Tanya jawab, Diskusi dan
Penugasan
C. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (5’)
· Mengucapkan
salam
· Menanyakan
kabar siswa
· Menanyakan
kesiapan belajar siswa
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca do’a
· Memeriksa
kehadiran siswa
2.
Kegiatan Inti (60’)
TAHAP
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
SISWA
|
ALOKASI
WAKTU
|
Eksplorasi
|
- Melakukan
apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa mengenai materi berbagai bentuk
kenampakan alam
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan metode
yang digunakan
- Memberikan
contoh yang berkaitan dengan bentuk kenampakan alam baik di wilayah daratan
maupun perairan
- Meminta
siswa menyebutkan bentuk kenampakan alam baik di wilayah daratan maupun
perairan
|
- Menyimak dengan
baik pengantar yang diberikan oleh guru
- Menyimak
penjelasan guru
- Menyebutkan
bentuk kenampakan alam baik di wilayah daratan maupun perairan
|
15’
|
Elaborasi
|
-
Membagi siswa menjadi beberapa
kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 anggota
-
Menjelaskan materi kenampakan
alam
-
Memberikan media maket kenampakan
alam pada setiap kelompok
-
Menyajikan dan menjelaskan media maket
kenampanpakan alam
-
Meminta setiap anggota kelompok
untuk mengidentifikasi kenampakan alam berupa wilayah daratan dan perairan
-
Meminta perwakilan kelompok maju
mempresentasikan kenampakan alam yang
telah diidentifikasi
-
Bersama siswa membahas kenampakan
alam yang telah diidentifikasi oleh siswa
-
Membagikan peta pada setiap
kelompok
-
Menjelaskan kenampakan alam pada peta
-
Memberikan soal kepada siswa
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
- Membentuk
kelompok dan berkumpul dengan kelompoknya
- Menyiak
penjelasan guru
- Menerima
media maket kenampakan alam
- Menyimak
penjelasan guru
- Meminta
setiap anggota kelompok untuk mengidentifikasi kenampakan alam berupa wilayah
daratan dan perairan
-
Perwakilan kelompok maju
mempresentasikan kenampakan alam yang
telah diidentifikasi
- Membahas
kenampakan alam yang telah diidentifikasi oleh siswa
-
Menerima peta
-
Menyimak penjelasan guru
-
Mengerjakan soal yang diberikan
guru
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
35’
|
Konfirmasi
|
- Memberikan
penguatan atas materi yang telah diajarkan
- Menanyakan
pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh
|
- Menyimak
dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
- Mencatat
hal-hal penting yang dijelaskan oleh guru
- Bertanya
apabila ada hal yang belum dimengerti
- Menyampaikan
pesan kesan selama pembelajaran berlangsung
|
10’
|
3.
Kegiatan Penutup (5’)
· Memberikan
motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi
dalam belajar
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca doa bersama sama
D. Sumber
Belajar
-
Indriani Pramita dan Saeful Rochmat,
Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD/MI, hal 40-45
E.
Media Pembelajaran
- Maket
kenampakan alam
- Atlas
F.
Penilaian
- Tes
tulis
- Unjuk
kerja
Bangkalan,
15 September 2016
Lampiran
Penilaian
1.
Tes
Tulis (Uraian)
A.
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan
benar!
1.
Kenampakan alam dikelompokkan menjadi?
Sebutkan!
2.
Sebutkan empat contoh wilayah daratan!
3.
Pegunungan tertinggi di Indonesia
adalah?
4.
Sebutkan tiga nama gunung yang kamu ketahui!
5.
Apa yang dimaksud dengan wilayah
perairan?
6.
Sebutkan empat contoh wilayah perairan?
7.
Apa yang dimaksud dengan danau?
8.
Sebutkan beberapa teluk yang ada di
Indonesia!
9.
Kenampakan alam apa sajakah yang ada di
provinsimu?
10. Gambarkan
simbol pada peta kenampakan alam yang meliputi simbol gunung, sungai dan danau!
Kisi-kisi
Soal
No
|
Jawaban
|
1.
|
Dikelompokkan menjadi
2, yaitu wilayah daratan dan perairan
|
2.
|
Pegunungan, dataran
tinggi, dataran rendah, dan pantai
|
3.
|
Pegunungan jayawijaya
|
4.
|
Gunung kelud, gunung
bromo, gunung arjuno dll.
|
5.
|
Wilayah perairan
adalah
|
6.
|
Danau, laut, sungai, dan
teluk
|
7.
|
Danau adalah genangan
air yang sangat luas yang dikelilingi oleh daratan
|
8.
|
Teluk lampung, Teluk
balikpapan, Teluk bone, Teluk Cendrawasih, dan Teluk tomini
|
9.
|
Pegungang, Dataran
tinggi, Dataran Rendah, Pantai, Laut, Teluk
|
10.
|
Gunung ( ), danau ( ), sungai ( )
|
Rubik
soal no 1-10
No
|
Aspek
|
Skor
|
1.
|
Menyebutkan
kenampakan alam
|
0-2
|
2.
|
Menyebutkan empat
contoh wilayah daratan
|
0-4
|
3.
|
Menyebutkan
pegunungan tertinggi di Indonesia
|
0-2
|
4.
|
Menyebutkan tiga nama
gunung yang diketahui
|
0-3
|
5.
|
Menjelaskan
pengertian wilayah perairan
|
0-3
|
6.
|
Menyebutkan empat
contoh wilayah perairan
|
0-4
|
7.
|
Menjelaskan
pengertian danau
|
0-3
|
8.
|
Menyebutkan beberapa
teluk yang ada di Indonesia
|
0-5
|
9.
|
Menyebutkan
kenampakan alam yang ada di provinsi
|
0-5
|
10.
|
Menggambarkan simbol
pada peta kenampakan alam yang meliputi simbol gunung, sungai dan danau
|
0-3
|
Pembobotan:
No
|
Tingkat
|
Bobot
|
1.
|
Mudah
|
2
|
2.
|
Sedang
|
3
|
3.
|
Mudah
|
2
|
4.
|
Sedang
|
4
|
5.
|
Mudah
|
3
|
6.
|
Sedang
|
4
|
7.
|
Sedang
|
3
|
8.
|
Sulit
|
5
|
9.
|
Sulit
|
5
|
10.
|
Mudah
|
3
|
Skor=
2. Unjuk kerja
Penilaian
Diskusi dan Presentasi Mengenai
Mengidentifikasi
Kenampakan Alam
Nama Kelompok :
Anggota Kelompok : 1. .............................
2. .............................
3. .............................
4. .............................
5. .............................
Kelas :
Tanggal Diskusi :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Aspek Diskusi
Kerjasama yang baik
antar individu dalam kelompok
Suasana demokrasi
dalam kelompok saat diskusi (menghargai pendapat temannya)
Ketepatan diskusi
dengan topik yang sedang dibahas
Keaktifan tiap
individu dalam proses diskusi
Pemahaman akan topik
yang sedang didiskusikan
|
|
|
|
|
2.
|
Aspek Presentasi
Penggunaan bahasa
yang baik saat penyampaian hasil diskusi
Intonasi dan tempo
yang sesuai dalam penyampaian informasi
Suasana demokrasi
saat presentasi
Penyampaian informasi
yang lengkap, akurat dan sistematis
Kemampuan menjawab
pertanyaan dalam proses presentasi
Kemampuan
berargumentasi dengan baik
Kemampuan menjelaskan
dalam penyampaian informasi dari hasil diskusi.
|
|
|
|
|
Jumlah
skor yang dicapai
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor maksimum
|
48
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik
Skor 2 : Cukup Baik
Skor 3 : Baik
Skor 4 : Sangat Baik
Jumlah skor : jumlah skor tiap tiap indikator penilaian
Skor akhir = x 100%
Lampiran
Laporan Media Pembelajaran
v Nama
Media : Maket
kenampakan alam
v Jenis
Media : Tiga dimensi
v Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan
v Kelas : 5-A (Semester
1)
v Standar
Kompetensi : 1. Menghargai berbagai
peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan
Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia.
v Kompetensi
Dasar : 1.3 Mengenal keragaman
kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan
menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
v Indikator :
·
Menyebutkan berbagai bentuk kenampakan
alam
·
Mengklasifikasikan bentuk kenampakan
alam wilayah daratan
·
Mengklasifikasikan bentuk kenampakan
alam wilayah lautan
·
Membedakan berbagai bentuk kenampakan
alam
·
Menjelaskan kenampakan alam pada peta
v
Bahan dan Cara membuat media:
·
Bahan dan Alat:
Ø
Koran bekas
Ø
Kardus
Ø
Tepung kanji
Ø
Air
Ø
Pewarna (Kuning, Hijau, cokelat dan biru)
Ø
Guting
·
Cara membuat media pembelajaran:
Ø
Potong kardus 10 cm x 20 cm sebanyak 4
potongan
Ø
Basai koran yang telah digunting
kecil-kecil menggunakan air kemudian campur dengan tempung kanji yang telah
dimasak ditambah dengan air
Ø
Bentuk adonan koran dan tepung kanji
sesuai dengan miniatur kenampakan alam di atas potongan kardus
Ø
Keringkan miniatur di bawah sinar
matahari
Ø
Warnai miniatur sesuai dengan warna yang
diharapkan
v
Langkah-langkah penggunaan media
1. Guru
masuk kelas dengan mengucapkan salam
2. Lalu
guru menjelaskan apa yang akan dipelajari pada hari ini dan tujuan pembelajaran
3. Guru
menjelaskan sedikit tentang kenampakan alam
4. Guru
menjelaskan tentang media pembelajaran maket kenampakan alam
5. Guru
meminta setiap kelompok untuk mengelompokan dan mendiskusikan wilayah daratan
dan perairan
6. Guru
meminta perwakilan kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi
v
Kelebihan dan kekurangan:
·
Kelebihan :
Ø
Media mudah dibuat dan didapat
bahan-bahannya
Ø
Dapat mempermudah proses pembelajaran
Ø
Tidak memerlukan biaya yang banyak atau
murah
Ø
Membuat pemahaman siswa lebih faham
terhadap materi pembelajaran yang di ajarkan.
·
Kekurangan :
Ø
Media mudah rusak
Ø
Media hanya menampilkan bentuk miniatur,
guru harus memberi menjelasan lebih.
v Gambar
Media
saya suka postingannya mba ....sangat membantu
BalasHapussEHARUSNYA LEBIH RINCI
BalasHapusSaya sangat berterima kasih atas postingan RPP nya.karena dpt membantu saya dalam membuat RPP.
BalasHapus