rpp kelas 6 ipa (materi konduktor dan isolator)
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2016/10/rpp-kelas-6-ipa-materi-konduktor-dan.html
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN XXXX
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : VI-A/ 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi :
Sifat Benda
5.
Memahami saling hubungan antara suhu, sifat hantaran dan kegunaan benda
Kompetensi
Dasar :
5.1 Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan panas dari berbagai benda
Indikator :
·
Menjelaskan pengertian konduktor
·
Mengklasifikasikan jenis benda yang
bersifat konduktor
·
Menjelaskan pengertian isolator
·
Mengklasifikasikan jenis benda yang
bersifat isolator
·
Membedakan antara benda yang bersifat
konduktor dan isolator
·
Menjelaskan alasan pemilihan benda
berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
Alokasi
waktu : 2 x 35 menit (1x
pertemuan)
A. Tujuan
pembelajaran:
·
Melalui tanya jawab, siswa dapat
menjelaskan pengertian konduktor dengan benar
·
Melalui sebuah percobaan, siswa dapat
mengklasifikasikan jenis benda yang bersifat konduktor dengan benar
·
Melalui tanya jawab, siswa dapat
menjelaskan pengertian isolator dengan benar
·
Melalui sebuah percobaan, siswa dapat
mengklasifikasikan jenis benda yang bersifat isolator dengan benar
·
Melalui sebuah percobaan, siswa dapat
membedakan antara benda yang bersifat konduktor dan isolator dengan benar
·
Melalui penjelasan guru, siswa dapat
menjelaskan alasan pemilihan benda berdasarkan kemampuan menghantarkan panas
dengan benar
B. Materi
Pembelajaran:
Ø Konduktor
dan isolator
A. Benda-benda
yang bersifat konduktor dan isolator
B. Pemanfaatan
bahan konduktor dan isolator
C. Model
dan Metode Pembelajaran:
Model : Inkuiri Terbimbimg
Metode : Tanya jawab, Diskusi dan
Penugasan
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (5’)
· Mengucapkan
salam
· Menanyakan
kabar siswa
· Menanyakan
kesiapan belajar siswa
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca do’a
· Memeriksa
kehadiran siswa
2.
Kegiatan Inti (60’)
TAHAP
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
SISWA
|
ALOKASI
WAKTU
|
Eksplorasi
|
- Melakukan
apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa mengenai materi konduktor dan
isolator
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan metode
yang digunakan
- Memberikan
contoh yang berkaitan contoh benda konduktor dan isolator
- Meminta
siswa menyebutkan contoh benda yang termasuk konduktor dan isolator
|
- Menyimak dengan
baik pengantar yang diberikan oleh guru
- Menyimak
penjelasan guru
- Menyebutkan
contoh benda yang termasuk konduktor dan isolator
|
15’
|
Elaborasi
|
-
Membagi siswa menjadi beberapa
kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 anggota
-
Memberikan lks dan alat peraga
pada setiap kelompok
-
Menjelaskan lks dan percobaan
yang akan dilakuakan
-
Meminta dan membimbing setiap
kelompok untuk melakukan percobaan
-
Setelah selesai melakukan
percobaan, perwakilan kelompok untuk maju mempresentasikan hasil percobaan
yang telah dilakukan
-
Bersama siswa membahas dan
menjelaskan percobaan yang telah dilakukan oleh siswa
-
Memberikan soal kepada siswa
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
- Membentuk
kelompok dan berkumpul dengan kelompoknya
- Menerima
lks dan alat peraga yang diberikan oleh guru
- Menyimak
penjelasan guru dan bertanya apabila belum mengerti
- Melakukan
percobaan dengan bimbingan guru
-
Perwakilan kelompok untuk maju
mempresentasikan hasil percobaan yang telah dilakukan
-
Bersama gur membahas dan
menjelaskan percobaan yang telah dilakukan oleh siswa
-
Mengerjakan soal yang diberikan
guru
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
35’
|
Konfirmasi
|
- Memberikan
penguatan atas materi yang telah diajarkan
- Menanyakan
pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh
|
- Menyimak
dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
- Mencatat
hal-hal penting yang dijelaskan oleh guru
- Bertanya
apabila ada hal yang belum dimengerti
- Menyampaikan
pesan kesan selama pembelajaran berlangsung
|
10’
|
3.
Kegiatan Penutup (5’)
· Memberikan
motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi
dalam belajar
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca doa bersama sama
E.
Sumber Belajar
-
Suyitno, A dan Rachmadi Achirul Salam,
Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VI SDD/MI, hal 43-50
F.
Media Pembelajaran
- Alat
peraga penghantar panas
G. Penilaian
- Tes
tulis
- Unjuk
kerja
- Sikap
Lampiran
Penilaian
1.
Tes
pilihan ganda
A.
Pilihlah salah satu jawaban yang benar!
1. Benda
yang dapat menghantarkan panas disebut .......
a.
Konduksi c. Isolasi
b.
Konduktor d. Isolator
2. Bahan
yang mempunyai sifat konduktor adalah ........
a.
Plastik c.
Kayu
b.
Karet d.
Logam
3. 1.
Penggaris besi 3. Pensil
2.
Kain 4. Garbu
Benda-benda
di atas yang bersifat konduktor adalah ......
a.
1 dan 2 c.
2 dan 3
b.
3 dan 4 d.
1 dan 4
4. Isolator
adalah ........
a.
Benda yang dapat menghantarkan panas
b.
Benda yang tidak dapat menghantarkan
panas
c.
Benda yang dapat menghantarkan listrik
d.
Benda yang tidak dapat menghantarkan
listrik
5. Berikut
ini yang bukan termasuk benda yang bersifat isolator adalah ......
a.
Kain c.
Plastik
b.
Gabus d.
Besi
6. Yang
bukan merupakan isolator panas adalah ......
a.
Bulu hewan c. Wol
b.
Logam d.
Kayu
7. Alat
yang menggunakan bahan konduktor adalah ........
a.
Piring c.
Ember
b.
Setrika d.
Baskom
8. Kayu
merupakan bahan isolator sehingga digunakan untuk membuat .......
a.
Wajan c.
Panci
b.
Kompor d.
Gagang Panci
9. Umumnya
alat memasak terbuat dari logam karena ........
a.
Logam tidak menyerap panas dengan baik
b.
Logam menyerap panas dengan baik
c.
Logam dapat meningkatkan panas dari
kompor
d.
Logam tidak mudah menyerap panas
10.
Benda berikut yang paling cepat panas
ketika terkena sinar matahari adalah .......
a.
Tembok c.
Pohon
b.
Tiang Listrik d. Tanah
Skor akhir = x 100%
B. Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Apa yang dimaksud dengan konduktor dan
isolator?
2.
Sebutkan 3 contoh benda yang bersifat
konduktor dan isolator!
3.
Manakah yang lebih cepat dingin, air
yang disimpan dalam botol kaca atau dalam tremos alumunium? Jelaskan!
4.
Mengapa orang lebih suka memasak nasi
dengan periuk alumunium dari pada periuk tanah?
5.
Mengapa pegangan setrika terbuat dari
plastik?
Skor akhir = x 100%
Rubik penilaian
Pedom dan penskoran
untuk penilaian tes tulis
A.
Soal pilihan ganda
No
|
Tujuan
pembelajaran
|
Pertanyaan
|
Level
kognitif
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian konduktor dengan benar
|
Benda yang
dapat menghantarkan panas disebut .......
|
C1
|
b. Konduktor
|
2
|
2.
|
Melalui
sebuah percobaan, siswa dapat mengklasifikasikan jenis benda yang bersifat
konduktor dengan benar
|
Bahan yang
mempunyai sifat konduktor adalah ........
|
C2
|
d. Logam
|
3
|
3.
|
Melalui
sebuah percobaan, siswa dapat mengklasifikasikan jenis benda yang bersifat konduktor
dengan benar
|
1.Penggaris
besi
2.
Kain
3. Pensil
4. Garbu
Benda-benda di atas yang bersifat
konduktor adalah ......
|
C2
|
d. 1 dan 4
|
3
|
4.
|
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian isolator dengan benar
|
Isolator
adalah ........
|
C1
|
b. Benda yang
tidak dapat menghantarkan panas
|
2
|
5.
|
Melalui
sebuah percobaan, siswa dapat mengklasifikasikan jenis benda yang bersifat
isolator dengan benar
|
Berikut
ini yang bukan termasuk benda yang bersifat isolator adalah ......
|
C2
|
d. Besi
|
3
|
6.
|
Melalui
sebuah percobaan, siswa dapat mengklasifikasikan jenis benda yang bersifat
isolator dengan benar
|
Yang bukan
merupakan isolator panas adalah ......
|
C2
|
b. Logam
|
3
|
7.
|
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan alasan pemilihan benda berdasarkan
kemampuan menghantarkan panas dengan benar
|
Alat yang
menggunakan bahan konduktor adalah ........
|
C2
|
b. Setrika
|
3
|
8.
|
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan alasan pemilihan benda berdasarkan
kemampuan menghantarkan panas dengan benar
|
Kayu
merupakan bahan isolator sehingga digunakan untuk membuat .......
|
C2
|
d. Gagang Panci
|
3
|
9.
|
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan alasan pemilihan benda berdasarkan
kemampuan menghantarkan panas dengan benar
|
Umumnya
alat memasak terbuat dari logam karena ........
|
C2
|
b. Logam menyerap panas dengan baik
|
3
|
10.
|
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan alasan pemilihan benda berdasarkan
kemampuan menghantarkan panas dengan benar
|
Benda
berikut yang paling cepat panas ketika terkena sinar matahari adalah .......
|
C2
|
b. Tiang
Listrik
|
3
|
B. Soal
uraian bebas
No
|
Tujuan
pembelajaran
|
Pertanyaan
|
Level
kognitif
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian konduktor dan isolator dengan
benar
|
Apa
yang dimaksud dengan konduktor dan isolator?
|
C1
|
Konduktor
adalah benda yang dapat menghantarkan panas. Sedangkan isolator adalah benda
yang tidak dapat menghantarkan panas
|
0-2
|
2.
|
Melalui
sebuah percobaan, siswa dapat mengklasifikasikan jenis benda yang bersifat
konduktor dan isolator dengan benar
|
Sebutkan
3 contoh benda yang bersifat konduktor dan isolator!
|
C2
|
Contoh
benda yang bersifat konduktor: Logam, Besi, Kaca, Alumunium, Tembaga, Seng
dll
Contoh
benda yang bersifat isolator: Kayu, Plastik, Kain, Gabus dll.
|
0-4
|
3.
|
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan alasan pemilihan benda berdasarkan
kemampuan menghantarkan panas dengan benar
|
Manakah
yang lebih cepat dingin, air yang disimpan dalam botol kaca atau dalam tremos
alumunium? Jelaskan!
|
C2
|
Yang cepat dingin adalah air yang disimpan
dalam botol kaca, walaupun kaca dan alumunium sama-sama termasuk benda yang
bersifat konduktor tetapi kaca daya
hantar anasnya tidak sebaik alumunium.
|
0-4
|
4.
|
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan alasan pemilihan benda berdasarkan
kemampuan menghantarkan panas dengan benar
|
Mengapa
orang lebih suka memasak nasi dengan periuk alumunium dari pada periuk tanah?
|
C2
|
Karena memasak dengan
periuk alumunium, nasi akan cepat matang. Hal itu dikarenakan alumunium
termasuk dalam benda yang bersifat konduktor, benda yang dapat menghantarkan
listrik. Sedangkan periuk tanah termasuk benda yang bersifat isolator
|
0-4
|
5.
|
Melalui
penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan alasan pemilihan benda berdasarkan
kemampuan menghantarkan panas dengan benar
|
Mengapa
pegangan setrika terbuat dari plastik?
|
C2
|
Plastik digunakan
untuk gagang setrika agar tangan kita ketika memegang setrika tidak panas.
Karena plastik termasuk benda yang bersifat isolator, yaitu benda yang tidak
dapat menghantarkan panas.
|
0-4
|
2. Unjuk kerja
Penilaian
Percobahan dan Presentasi Mengenai
Benda
yang dapat dan tidak dapat menghantarkan panas
Nama Kelompok :
Anggota Kelompok : 1. .............................
2. .............................
3. .............................
4.
.............................
5. .............................
Kelas :
Tanggal Percobaan :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Aspek Percobaan
Kerjasama yang baik
antar individu dalam kelompok
Suasana demokrasi
dalam kelompok saat percobaan (menghargai pendapat temannya)
Keaktifan tiap
individu dalam proses melakukan percobaan
Pemahaman akan materi
yang diuji cobakan
Ketepatan saat
melakukan percobaan
|
|
|
|
|
2.
|
Aspek Presentasi
Penggunaan bahasa
yang baik saat penyampaian hasil diskusi
Intonasi dan tempo
yang sesuai dalam penyampaian informasi
Suasana demokrasi
saat presentasi
Penyampaian informasi
yang lengkap, akurat dan sistematis
Kemampuan menjawab
pertanyaan dalam proses presentasi
Kemampuan
berargumentasi dengan baik
Kemampuan menjelaskan
dalam penyampaian informasi dari hasil diskusi.
|
|
|
|
|
Jumlah
skor yang dicapai
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor maksimum
|
48
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik
Skor 2 : Cukup Baik
Skor 3 : Baik
Skor 4 : Sangat Baik
Jumlah skor : jumlah skor tiap tiap indikator penilaian
Skor akhir = x 100%
3. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perilaku
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
keterangan
|
||
Bekerjasama
|
Patuh
|
Bertanggung jawab
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik Skor
4 : Sangat Baik
Keterangan : 91-100 (Sangat Baik)
81-100 (Baik)
71-80 (Cukup Baik)
61-70 (Kurang Baik)
Skor Diperoleh : x 100
Lampiran
Materi
Pelajaran
Bab
IV
Konduktor
dan Isolator
A. Benda-Benda
yang Bersifat Konduktor Dan Isolator
Benda-benda
dapat dikelompokkan berdasarkan kemampuannya menghantarkan panas. Ada benda
yang bersifat konduktor dan ada pula yang bersifat isolator. Konduktor
berkaitan dengan konduksi. Konduksi adalah proses perpindahan panas melalui
bahan pengantar. Sedangkan konduktor adalah benda yang dapat menghantarkan
panas. Contohnya antara lain besi, alumunium, tembaga, seng dan benda-benda
yang terbuat dari logam serta kaca. Isolator berkaitan dengan isolasi. Isolasi
adalah proses penghambatan perpindahan panas. Isolator adalah benda yang tidak
dapat menghantarkan panas. Contohnya antara lain kayu, plastik, dan gabus.
B. Pemanfaatan
Bahan Konduktor dan Isolator
Bahan
konduktor dan isolator banyak digunakan untuk membuat peralatan. Berikut ini
bahan-bahan konduktor dan isolator yang sering kamu jumpai:
1.
Logam
Termasuk
logam-logam konduktor adalah baja, alumunium, besi, tembaga dan seng. Logam-logam
tersebut digunakan untuk membuat wajan, teko, setrika, hingga panci raksasa.
2.
Kaca
Kaca
adalah bahan non logam. Kaca juga memiliki daya hantar panas. Namun, daya
hantar panas kaca tidak sebaik logam. Sebagaimana halnya logam, daya hantar
kacapun beragam. Ada kaca yang mudah pecah ketika dipanaskan. Ada pula yang
tahan panas. Kaca dapat dipergunakan untuk membuat alat masak seperti panci.
Dengan beberapa penyempurnaan, daya hantar panas kaca dapat ditingkatkan. Hal
ini menjadikan kaca sebagai konduktor tembus pandang
3.
Kayu
Kayu
merupakan bahan isolator. Daya hantar panas kayu lambat. Kayu dipergunakan
untuk menghalau panas pada alat-alat masak.
4.
Kain
Bahan
kain merupakan isolator. Kain digunakan sebagai pelapis alat-alat masak.
Misalnya pelindung tangan atau cempal.
5.
Karet dan Plastik
Plastik
dan karet juga bersifat isolator. Keistimewaan dua bahan ini adalah
kemampuannya yang elastis. Keduanya mudah dibentuk. Karet dan plastik banyak
dipergunakan pada alat-alat masak. Fungsinya sebagai pelapis.