rpp ips kelas 5 materi kenampakan buatan
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2016/10/rpp-ips-kelas-5-materi-kenampakan-buatan.html
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN XXXX
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas/Semester : V-B/ 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : 1. Menghargai berbagai
peninggalan dan tokoh sejarah yang berskala nasional pada masa Hindu-Budha dan
Islam, keragaman kenampakan alam dan suku bangsa, serta kegiatan ekonomi di
Indonesia.
Kompetensi
Dasar : 1.3 Mengenal keragaman
kenampakan alam dan buatan serta pembagian wilayah waktu di Indonesia dengan
menggunakan peta/atlas/globe dan media lainnya
Indikator :
·
Menjelaskan pengertian kenampakan buatan
·
Mengidentifikasi berbagai bentuk
kenampakan buatan
·
Menyebutkan keuntungan pembangunan
kenampakan buatan
·
Menyebutkan kerugian pembangunan
kenampakan buatan
·
Menjelaskan pembagian waktu di Indonesia
Alokasi
waktu : 3 x 35 menit (1x
pertemuan)
A. Tujuan
pembelajaran:
·
Melalui tanya jawab, siswa dapat
menjelaskan pengertian kenampakan buatan dengan benar
·
Dengan menggunakan media gambar, siswa
dapat mengidentifikasi berbagai bentuk kenampakan buatan dengan benar
·
Dengan menggunakan media gambar, siswa
dapat menyebutkan keuntungan pembangunan kenampakan buatan dengan benar
·
Dengan menggunakan media gambar, siswa
dapat menyebutkan kerugian pembangunan kenampakan buatan dengan benar
·
Dengan menggunakan media peta, siswa
dapat menjelaskan pembagian waktu di Indonesia dengan benar.
B. Materi
Pembelajaran:
Ø Kenampakan
alam dan buatan di Indonesia
A. Kenampakan
buatan
B. Keuntungan
dan kerugian pembangunan kenampakan bumi
Ø Pembagian
wilayah waktu
C. Model
dan Metode Pembelajaran:
Model : Kooperatif
Metode : Discovery, Tanya jawab,
Diskusi dan Penugasan
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (5’)
· Mengucapkan
salam
· Menanyakan
kabar siswa
· Menanyakan
kesiapan belajar siswa
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca do’a
· Memeriksa
kehadiran siswa
2.
Kegiatan Inti (95’)
TAHAP
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
SISWA
|
ALOKASI
WAKTU
|
Eksplorasi
|
- Melakukan
apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa mengenai materi berbagai bentuk
kenampakan buatan
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan metode
yang digunakan
- Memberikan
contoh yang berkaitan dengan bentuk kenampakan buatan
- Meminta
siswa menyebutkan bentuk kenampakan buatan
|
- Menyimak dengan
baik pengantar yang diberikan oleh guru
- Menyimak
penjelasan guru
- Menyebutkan
bentuk kenampakan buatan
|
15’
|
Elaborasi
|
-
Membagi siswa menjadi beberapa
kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 anggota
-
Memberikan kepada setiap kelompok
media gambar kenampakan buatan
-
Meminta setiap kelompok untuk
mengidentifikasi kenampakan buatan yang ada pada media
-
Membahas kenampakan buatan yang
telah diidentifikasi siswa
-
Menjelaskan keuntungan dan
kerugian pembangunan kenampakan buatan
-
Menyajikan media peta dan
menjelaskan pembagian waktu di Indonesia menjelaskan media pop up book
kenampakan alam
-
Memberikan tugas pada siap
kelompok
-
Meminta perwakilan kelompok maju
mempresentasikan tugas yang telah
dikerjakan
-
Bersama siswa membahas lagi tugas
yang telah dikerjakan siswa
-
Memberikan soal kepada siswa
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
- Membentuk
kelompok dan berkumpul dengan kelompoknya
- Menerima
media gambar kenampakan buatan
- Mengidentifikasi
kenampakan buatan yang ada pada media
- Menyimak
penjelasan guru
- Menyimak
penjelasan guru
-
Menerima tugas dan mengerjakannya
-
Perwakilan kelompok maju
mempresentasikan tugas yang telah
dikerjakan
- Membahas
tugas yang telah dikerjakan siswa
-
Mengerjakan soal yang diberikan
guru
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
70’
|
Konfirmasi
|
- Memberikan
penguatan atas materi yang telah diajarkan
- Menanyakan
pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh
|
- Menyimak
dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
- Mencatat
hal-hal penting yang dijelaskan oleh guru
- Bertanya
apabila ada hal yang belum dimengerti
- Menyampaikan
pesan kesan selama pembelajaran berlangsung
|
10’
|
3.
Kegiatan Penutup (5’)
· Memberikan
motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi
dalam belajar
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca doa bersama sama
E.
Sumber Belajar
-
Indriani Pramita dan Saeful Rochmat,
Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD/MI, hal 49-54
F.
Media Pembelajaran
- Maket
kenampakan buatan
- Peta
G. Penilaian
- Tes
tulis
- Unjuk
kerja
- Sikap
Bangkalan,
15 Oktober 2016
Lampiran
Penilaian
1.
Tes
pilihan ganda
A.
Pilihlah salah satu jawaban yang benar!
1. Kenampakan
yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kepentingan tertentu disebut?
a.
Kenampaka buatan c. Kenampakan daratan
b.
Kenampakan alam d. Kenampakan perairan
2. Berikut
ini yang bukan contoh kenampakan buatan adalah .......
a.
Waduk c.
Danau
b.
Pelabuahan d. Jalan
3. Contoh
kenampakan buatan yang dibagun untuk memperlancar perhubungan atau mempermudah
tranportasi disebut?
a.
Waduk c.
Danau
b.
Pelabuhan d. Jalan
4. Tempat
daratan yang dipersiapkan untuk menempatkan, pendaratan, dan pemberangkatan
pesawat terbang disebut?
a.
Pelabuhan laut c. Pelabuhan air
b.
Pelabuhan udara d. Pelabuhan angin
5. Berikut
ini merupakan manfaat pembangunan waduk bagi kehidupan manusia, kecuali ......
a.
Pengairan sawah c.
Pemeliharaan ikan
b.
Tempat pembuangan sampah d.
Adanya listrik dari PLTA
6. Manfaat
adanya pembangunan kawasan indrustri atau pabrik dapat .......
a.
Menganggu keseimbangan alam
b.
Menyerap atau membuka lapangan kerja
c.
Mengakibatkan penyemaran lingkungan
d.
Mengakibatkan bencana
7. Salah
satu kerugian adanya pembangunan waduk ....
a.
Mengurangi lahan pertanian dan tempat
tinggal
b.
Mengurangi daerah resapan air
c.
Mengakibatkan bencana
d.
Terganggunya keseimbangan alam
8. Kerugian
pembangunan jalan raya adalah ......
a.
Mengurangi lahan produksi c. Resapan air semakin berkurang
b.
Sumber polusi d. Menimbulkan kebisingan
9. Wilayah
Indonesia dibagi menjadi tiga waktu yaitu ......
a.
WIB, GMT, WITA c. WITA, GMT, WIT
b.
WIB, WITA, WIT d. GMT, WIT, WIB
10.
Pedoman waktu internasional mengacu di
kota .......
a.
London, Inggris c. Greenwich, Inggris
b.
Birmingham, Inggris d.
Britania, Inggris
Skor akhir = x 100%
B. Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.
Apa yang dimaksud dengan kenampakan
buatan?
2.
Sebutkan 5 contoh kenampakan buatan!
3.
Sebutkan 3 keuntungan adanya pembangunan
kenampakan buatan!
4.
Sebutkan 3 kerugian adanya pembangunan
kenampakan buatan!
5.
Daerah mana saja yang termasuk Waktu
Indonesia Timur?
Skor akhir = x 100%
Rubik penilaian
Pedom dan penskoran
untuk penilaian tes tulis
A.
Soal pilihan ganda
No
|
Tujuan
pembelajaran
|
Pertanyaan
|
Level
kognitif
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian kenampakan buatan dengan
benar
|
Kenampakan
yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kepentingan tertentu disebut?
|
C2
|
a. Kenampakan buatan
|
3
|
2.
|
Dengan
menggunakan media gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk
kenampakan buatan dengan benar
|
Berikut ini
yang bukan contoh kenampakan buatan adalah .......
|
C2
|
c. Danau
|
3
|
3.
|
Dengan
menggunakan media gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk
kenampakan buatan dengan benar
|
Contoh
kenampakan buatan yang dibagun untuk memperlancar perhubungan atau
mempermudah tranportasi disebut?
|
C2
|
d. Jalan
|
3
|
4.
|
Dengan
menggunakan media gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk
kenampakan buatan dengan benar
|
Tempat daratan
yang dipersiapkan untuk menempatkan, pendaratan, dan pemberangkatan pesawat
terbang disebut?
|
C2
|
b. Pelabuhan udara
|
3
|
5.
|
Dengan
menggunakan media gambar, siswa dapat menyebutkan keuntungan pembangunan
kenampakan buatan dengan benar
|
Berikut ini
merupakan manfaat pembangunan waduk bagi kehidupan manusia, kecuali ......
|
C1
|
b. Tempat
pembuangan sampah
|
2
|
6.
|
Dengan
menggunakan media gambar, siswa dapat menyebutkan keuntungan pembangunan
kenampakan buatan dengan benar
|
Manfaat adanya
pembangunan kawasan indrustri atau pabrik dapat .......
|
C1
|
b.
Menyerap atau membuka lapangan kerja
|
2
|
7.
|
Dengan
menggunakan media gambar, siswa dapat menyebutkan kerugian pembangunan
kenampakan buatan dengan benar
|
Salah satu
kerugian adanya pembangunan waduk ....
|
C1
|
a. Mengurangi lahan pertanan dan tempat
tinggal
|
2
|
8.
|
Dengan
menggunakan media gambar, siswa dapat menyebutkan kerugian pembangunan
kenampakan buatan dengan benar
|
Kerugian
pembangunan jalan raya adalah ......
|
C1
|
a. Mengurangi lahan produksi
|
2
|
9.
|
Dengan
menggunakan media peta, siswa dapat menjelaskan pembagian waktu di Indonesia
dengan benar.
|
Wilayah
Indonesia dibagi menjadi tiga waktu yaitu ......
|
C2
|
b. WIB, WITA, WIT
|
3
|
10.
|
Dengan
menggunakan media peta, siswa dapat menjelaskan pembagian waktu di Indonesia
dengan benar.
|
Pedoman
waktu internasional mengacu di kota .......
|
C2
|
c. Greenwich,
Inggris
|
3
|
B. Soal
uraian bebas
No
|
Tujuan
pembelajaran
|
Pertanyaan
|
Level
kognitif
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Melalui
tanya jawab, siswa dapat menjelaskan pengertian kenampakan buatan dengan
benar
|
Apa
yang dimaksud dengan kenampakan buatan?
|
C2
|
Kenampakan
buatan adalah kenampakan yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kepentingan
tertentu.
|
0-2
|
2.
|
Dengan
menggunakan media gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk
kenampakan buatan dengan benar
|
Sebutkan
5 contoh kenampakan buatan!
|
C2
|
Waduk,
pelabuhan, perkebunan, jalan, kawasan industri dll
|
0-4
|
3.
|
Dengan menggunakan media gambar, siswa dapat
menyebutkan keuntungan pembangunan kenampakan buatan dengan benar
|
Sebutkan
3 keuntungan adanya pembangunan kenampakan buatan!
|
C1
|
Membuka
lapangan kerja, memperoleh manfaat langsung, meningkatkan pendapatan
masyarakat
|
0-3
|
4.
|
Dengan
menggunakan media gambar, siswa dapat menyebutkan kerugian pembangunan
kenampakan buatan dengan benar
|
Sebutkan
3 kerugian adanya pembangunan kenampakan buatan!
|
C1
|
Mengganggu
keseimbangan alam, persebaran penduduk tidak merata, pencemaran polusi dll.
|
0-3
|
5.
|
Dengan
menggunakan media peta, siswa dapat menjelaskan pembagian waktu di Indonesia
dengan benar.
|
Daerah
mana saja yang termasuk Waktu Indonesia Timur?
|
C2
|
Pulau papua,
kepulauan maluku, dan pulau-pulau di sekitarnya
|
0-3
|
2. Unjuk kerja
Penilaian
Diskusi dan Presentasi Mengidentifikasih Peta dengan
Pembagian
Waktu dan permainan TTS
Nama Kelompok :
Anggota Kelompok : 1. .............................
2. .............................
3. .............................
4. .............................
5. .............................
Kelas :
Tanggal Diskusi :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Aspek Diskusi
Kerjasama yang baik
antar individu dalam kelompok
Suasana demokrasi
dalam kelompok saat diskusi (menghargai pendapat temannya)
Ketepatan diskusi
dengan topik yang sedang dibahas
Keaktifan tiap
individu dalam proses diskusi
Pemahaman akan topik
yang sedang didiskusikan
|
|
|
|
|
2.
|
Aspek Presentasi
Penggunaan bahasa
yang baik saat penyampaian hasil diskusi
Intonasi dan tempo
yang sesuai dalam penyampaian informasi
Suasana demokrasi
saat presentasi
Penyampaian informasi
yang lengkap, akurat dan sistematis
Kemampuan menjawab
pertanyaan dalam proses presentasi
Kemampuan berargumentasi
dengan baik
Kemampuan menjelaskan
dalam penyampaian informasi dari hasil diskusi.
|
|
|
|
|
Jumlah
skor yang dicapai
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor maksimum
|
48
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik
Skor 2 : Cukup Baik
Skor 3 : Baik
Skor 4 : Sangat Baik
Jumlah skor : jumlah skor tiap tiap indikator penilaian
Skor akhir = x 100%
3. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perilaku
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
keterangan
|
||
Bekerjasama
|
Patuh
|
Bertanggung jawab
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik Skor
4 : Sangat Baik
Keterangan : 91-100 (Sangat Baik)
81-100 (Baik)
71-80 (Cukup Baik)
61-70 (Kurang Baik)
Skor Diperoleh : x 100
Lampiran
Materi Pelajaran
Bab
II
Kenampakan
Alam dan Buatan di Indonesia
B. Kenampakan Buatan
1.
Berbagai
bentuk kenampakan buatan
Kenampakan
buatan adalah kenampakan yang sengaja dibuat oleh manusia untuk kepentingan
tertentu. Kenampakan buatan yang ada di Indonesia antara lain: waduk,
pelabuhan, perkebuhan, jalanan dan kawasan industri.
a. Waduk
Waduk adalah kolam besar tempat
menampung air. Waduk mengatuur pengeluaran air pada saat musim kemarau dan musim
penghujan. Contoh waduk di Indonesia adalah Waduk Asahan (Sumatera Utara), Waduk Saguling (Jawa Barat), dan Waduk Sadang
(Sulawesi).
b. Pelabuhan
Pelabuha terdiri atas pelabuhan laut dan
pelabuhan udara. Pelabuhan laut adalah tempat berlabuhannya kapal-kapal laut.
Pelabuhan udara adalah tempat di daratan yang dipersiapkan untuk penempatan,
pendaratan, dan pemberangkatan pesawat terbang. Contoh pelabuhan laut Merak
(Banten), Bakauheni (Lampung, Gilimanuk (Bali) dll.
c. Perkebunan
Perkebunan adalah tanah yang luas yag
ditanami tumbuhan yang menguntungkan manusia. Perkebunan biasanya hanya
ditanami satu jenis tumbuhan, misalnya perkebunan kopi, karet, kelapa, kelapa
sawit, teh dan cokelat.
d. Jalan
Jalan adalah tanah atau lahan yang dapat
dilewati orang atau kendaraan. Jalan dibangun untuk memperlancar perhubungan.
Berdasarkan wewenang pengelolannya, tingkatan jalan terdiri atas jalan
kampus/desa, jalan kabupaten/kota, jalan provinsi, dan jalan negara. Jalan yang
dibangun di kota-kota besar, di antaranya adalah jalan lingkar, jalan layang,
dan jalan tol. Jalan-jalan tersebut dibangun untuk mengatasi kepadatan lalu
lintas dan mengurangi kemacetan. Lalu lintas yang lancar perjalanan dapat
menghemat waktu dan biaya.
e. Kawasan industri
Kawasan industri adalah tempat yang
dikhususkan untuk memproduksi barang. Kawasan industri terdiri atas satu macam
pabrik atau lebih. Kawasan industri pada umumnya berada di luar kota atau di
pinggir kota dan jauh dari pemukiman. Pembangunan kawasan industri harus
memperhatikan kelestarian lingkungan. Contoh kawasan industri, yaitu kawasan
industri pulogadung (Jakarta), Tugu Wijaya (Semarang), Jababeka (Bekasi), dan
Gresik.
2. Keuntungan dan Kerugian Pembangunan
Kenampakan Buatan
Kenampakan buatan yang dibangun oleh manusia
mendatangkan ketuntungan juga dapat mendatangkan kerugian. Keuntungan bagi
masyarakat atas pembangunan kenampakan buatan:
· Membuka
lapangan kerja
· Memperoleh
manfaat langsung
· Meningkatkan
pendapatan masyarakat
Kerugian bagi masyarakat atas pembangunan kenampakan
buatan, antara lain sebagai berikut:
· Menganggu
keseimbangan alam
· Persebaran
penduduk tidak merata
C.
Pembagian Wilayah Waktu
Secara astronomis, bumi terbagi ke dalam
garis-garis bujur dan garis-garis lintang. Garis bujur adalah garis khayal yang
menghubungkan kutub utara dengan kutub selatan bumi. Garis bujur digunakan
sebagai pedoman pembagian wilayah waktu. Garis lintang adalah garis khayal yang
melintang mengelilingi bumi dari barat ke timur. Garis lintang digunakan
sebagai pedoman pembagian wilayah iklim. Garis bujur terdiri atas 0° bujur
barat (BB) sampai 180° bujur barat (BB) dan 0° bujur timur (BT) sampai 180°
bujur timur (BT). Garis 0° BB dan 0° BT berimpit melalui kota Greenwich dekat
kota London di Inggris. Garis bujur 0° yang berimpit disebut “meridian pangkal”.
Garis itu dipakai sebagai pedoman waktu internasional yang disebut Greenwich Mean Time (GMT). Garis bujur
180° BT dan 180° BB berimpit melalui
Samudra pasifik. Garis bujur 0° BB- 180°
BB berada di bagian barat kota Greenwich. Garis bujur 0° BT- 180° BT berada di bagian timur kota
Greenwich.
Bumi berotasi satu kali putaran penuh
membentuk lingkaran 360° selama 24 jam.
Untuk berputar 1°, bumi membutuhkan waktu 4 menit. Bila berputar 15° maka bumi
membutuhkan waktu 1 jam. Jadi, setiap tempat di bumi yang mempunyai selisih
garis bujur 15° akan mempunyai perbedaan waktu 1 jam. Wilayah Indonesia
terletak pada garis bujur 95° BT-141° BT. Rentang garis bujur dari ujung barat
sampai ujung timur adalah 141°-95° = 46 °. Setiap wilayah waktu terdiri atas
15° garis bujur. Setiap wilayah waktu mempunyai selisih waktu 1 jam. Pembagian
wilayah waktu di Indonesia terdiri atas Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu
Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT).
WIB terletak antara 95° BT-110° BT, WITA
terletak antara 110° BT- 125° BT, WIT terletak antara 125° BT-141° BT.
Pembagian wilayah waktu di Indonesia secara resmi berlaku sejak tanggal 1
Januari 1988. WIB 7 jam lebih awal dari GMT. Apabila di Jakarta pukul 07.00
WIB. WITA 8 jam lebih awal dari GMT. WIT lebih awal dari GMT.
Bagus, ijin cuplik ya
BalasHapusTerimakasih... rpp cukup baik dilengkapi dengan lampiran2nya
BalasHapusizin copas mba...
BalasHapus