rpp kelas 4 Bahasa Indonesia (materi membaca kamus)
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2016/10/rpp-kelas-4-bahasa-indonesia-materi.html
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN XXXX
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : IV/ 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi :
Membaca
3. Memahami teks agak
panjang (150-200 kata), petunjuk pemakaian, makna kata dalam kamus/ensiklopedia
Kompetensi
Dasar :
3.3 Menentukan makna
dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedia melalui membaca memindahi
Indikator :
·
Mengidentifikasi makna dan informasi
yang ada dalam bacaan dengan menggunakan kamus/ensiklopedia
·
Menyusun makna dan informasi yang
diperoleh dari membaca memindai sesuai abjad
Alokasi
waktu : 2 x 35 menit (1x
pertemuan)
A. Tujuan
pembelajaran:
·
Dengan menggunakan kamus/ensiklopedi, siswa
dapat mengidentifikasi makna dan informasi yang ada dalam bacaan dengan
menggunakan kamus/ensiklopedia dengan benar
·
Dengan menggunakan kamus/ensiklopedi dan
media kartu kata, siswa dapat menyusun makna dan informasi yang diperoleh dari
membaca memindai sesuai abjad dengan benar
B. Materi
Pembelajaran:
Ø Membaca
kamus (menemukan makna kata)
C. Model
dan Metode Pembelajaran:
Model : Discovery
Metode : Tanya jawab, Diskusi dan
Penugasan
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (5’)
· Mengucapkan
salam
· Menanyakan
kabar siswa
· Menanyakan
kesiapan belajar siswa
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca do’a
· Memeriksa
kehadiran siswa
2.
Kegiatan Inti (60’)
TAHAP
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
SISWA
|
ALOKASI
WAKTU
|
Eksplorasi
|
- Melakukan
apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa mengenai menemukan makna kata
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan metode
yang digunakan
- Menyebutkan
beberapa contoh kata yang berimbuhan
- Meminta
siswa untuk menyebutkan beberapa contoh kata yang berimbuhan
|
- Menyimak dengan
baik pengantar yang diberikan oleh guru
- Menyimak
penjelasan guru
- Menyebutkan
beberapa contoh kata yang berimbuhan
|
15’
|
Elaborasi
|
-
Membagi siswa menjadi beberapa
kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 anggota
-
Menjelaskan cara mencari kata
dalam kamus
-
Memberikan setiap kelompok sebuah
teks cerita dan memintanya mencari kata yang tidak dimengerti dalam kamus
-
Meminta perwakilan kelompok maju
mempresentasikan hasil diskusi
-
Bersama siswa membahas kembali
mengenai menemukan makna kata yang tidak dimengerti dalam kamus
-
Memberikan setiap siswa kartu
kata dan meminta siswa mencari pasangan dari kartu kata
-
Membahas pasangan siswa yang
pertama kartu kata yang cocok
-
Memberikan soal kepada siswa
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
- Membentuk
kelompok dan berkumpul dengan kelompoknya
- Menyimak
penjelasan guru
- Mendiskusikan
dan mencari kata dalam teks cerita yang tidak dimengerti dalam kamus
-
Perwakilan kelompok maju
mempresentasikan hasil diskusi
- Membahas
kembali mengenai menemukan makna kata yang tidak dimengerti dalam kamus
-
Mencari pasangan dari kartu kata
yang dimiliki
-
Menyimak penjelasan guru
-
Mengerjakan soal yang diberikan
guru
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
35’
|
Konfirmasi
|
- Memberikan
penguatan atas materi yang telah diajarkan
- Menanyakan
pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh
|
- Menyimak
dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
- Mencatat
hal-hal penting yang dijelaskan oleh guru
- Bertanya
apabila ada hal yang belum dimengerti
- Menyampaikan
pesan kesan selama pembelajaran berlangsung
|
10’
|
3.
Kegiatan Penutup (5’)
· Memberikan
motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi
dalam belajar
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca doa bersama-sama
E.
Sumber Belajar
-
Darisman, Muh, dkk. Mudah Belajar Bahasa
Indonesia Kelas 4SD, hal 40-41
F.
Media Pembelajaran
- Kamus
- Kartu
kata
G. Penilaian
- Tes
tulis
- Unjuk
kerja
- Sikap
Bangkalan,
13 Oktober 2016
1.
Soal
Kognitif
A. Carilah
makna kata yang berwarna biru dan kata-kata yang menurutmu sulit yang terdapat
pada teks berikut ini!
Transportasi
di Indonesia
Negara Indonesia terdiri atas 17.508
pulau, dengan jumlah penduduk yang
lebih dari dua ratus juta orang. Tentu saja, sistem pengangkutan
(transportasi) penting sekali.
Sistem pengangkutan terdiri atas
bermacam- macam kendaraan. Orang Indonesia biasa berpindah-pindah dari kota ke
kota lain, untuk mencari pekerjaan atau bersekolah. Kebanyakan orang Indonesia
tidak punya mobil, tetapi ada banyak cara lain untuk pergi dari satu tempat ke
tempat yang lain. Anda bisa melihat banyak kendaraan kecil seperti sepeda,
sepeda motor, dan becak. Di kota Jakarta juga ada banyak ”bajaj”. ”Bajaj”, yang biasanya
berwarna oranye, kelihatan seperti sepeda
yang beroda tiga dengan langit-langit. Bajaj dipakai sebagai taksi. Di kota
juga ada bis umum (atau bis kota), dan semacam kendaraan yang seperti bis,
tetapi lebih kecil. Namanya berbeda dari kota ke kota. Namanya bisa ”oplet”,
”kijang”, atau ”bemo”. Kalau mau naik bis atau oplet, biasanya tidak harus
mencari tempat khusus. Alat ini bisa berhenti di mana saja.
Kalau mau turun, harus bilang ”KIRI!”
dengan keras. Bis akan berhenti langsung di sebelah kiri jalan. Di kota-kota
yang dikunjungi turis bisa juga menyewa sado. Sado adalah alat semacam kendaraan yang
beroda dua dan ditarik kuda. Perjalanan naik sado menarik dan menyenangkan karena pelan-pelan dan tidak
ribut (suara bising). Kalau mau pergi dari satu kota ke kota lain, bisa naik
bis, tetapi tidak begitu menyenangkan. Jelek jalan-jalannya dan terlalu banyak
penumpang. Apalagi burung-burung, ayam, dan binatang-binatang lain yang sering
dibawa penumpang. Kalau Anda punya cukup uang, lebih enak naik pesawat terbang.
Di Sumatra atau Kalimantan sungai-sungai juga dipakai sebagai jalan. Ada kapal
tambang (kapal besar yang membawa orang dan kendaraan juga) dan kapal cepat. Di
berbagai daerah naik kapal bisa lebih cepat dari pada naik bis karena
jalan-jalan tidak begitu bagus.
A. Tulislah
makna kata yang berwarna biru dan kata-kata yang tidak kamu ketahui dari bacaan
di atas.
No
|
Kata
|
Arti
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
B. Kamu telah membaca teks jawablah
pertanyaan-pertanyaan berikut!
1. Apakah kegunaan utama alat transportasi bagi manusia?
2. Apakah yang kalian ketahui tentang sado?
3. Sebutkan alat transportasi darat di kota tempat tinggalmu!
Pedoman dan penskoran
A. Pencarian kata
No
|
Kata
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Transportasi
|
Pengangkutan
barang oleh berbagai jenis kendaraan sesuai dengan kemajuan teknologi
|
2
|
2.
|
Pengangkutan
|
Proses,
cara, perbuatan, mengangkut. Usaha membawa, mengantar, atau memindahi orang
atau barang dari suatu tempat ke tempat lain.
|
2
|
3.
|
Bajaj
|
Kendaraan
umum bermotor, beroda tiga (untuk dua atau tiga penumpang, pengemudinya duduk
di depan)
|
2
|
4.
|
Turis
|
Pelancong,
wisatawan asing, wisatawan dari luar negeri
|
2
|
5.
|
Perjalanan
|
Kepergian dari suatu
tempat, jarak yang dicapai dengan berjalan dalam waktu yang tertentu
|
2
|
Skor akhir = x 100%
B. Soal
uraian bebas
No
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Untuk memudahkan aktifitas
manusia
|
3
|
2.
|
Sado adalah alat semacam kendaraan
yang beroda dua dan ditarik kuda
|
2
|
3.
|
Sepeda ontel, sepeda motor, mobil, angkutan, bus
|
4
|
Skor akhir = x 100%
2.
Unjuk
kerja
Penilaian
Diskusi dan Presentasi Mengenai
Mengidentifikasi
provinsi dengan kebudayaannya
Nama Kelompok :
Anggota Kelompok : 1. .............................
2. .............................
3. .............................
4. .............................
5. .............................
Kelas :
Tanggal Diskusi :
No
|
Aspek Yang Dinilai
|
Skor
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1.
|
Aspek Diskusi
Kerjasama yang baik
antar individu dalam kelompok
Suasana demokrasi
dalam kelompok saat diskusi (menghargai pendapat temannya)
Ketepatan diskusi
dengan topik yang sedang dibahas
Keaktifan tiap
individu dalam proses diskusi
Pemahaman akan topik
yang sedang didiskusikan
|
|
|
|
|
2.
|
Aspek Presentasi
Penggunaan bahasa
yang baik saat penyampaian hasil diskusi
Intonasi dan tempo
yang sesuai dalam penyampaian informasi
Suasana demokrasi
saat presentasi
Penyampaian informasi
yang lengkap, akurat dan sistematis
Kemampuan menjelaskan
dalam penyampaian informasi dari hasil diskusi.
|
|
|
|
|
Jumlah
skor yang dicapai
|
|
|
|
|
|
Jumlah
skor maksimum
|
40
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik Skor
4 : Sangat Baik
Rubik penilaian:
0-25 : Kurang baik 51-75 : Baik
26-50 : Cukup baik 76-100 : Sangat
baik
Jumlah skor : jumlah skor tiap tiap indikator penilaian
Skor akhir = x 100%
3. Penilaian Sikap
No
|
Nama
Siswa
|
Perilaku
|
Jumlah
skor
|
Nilai
|
keterangan
|
||
Bekerjasama
|
Patuh
|
Bertanggung jawab
|
|||||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor 1 : Kurang Baik Skor 3 : Baik
Skor 2 : Cukup Baik Skor
4 : Sangat Baik
Keterangan : 91-100 (Sangat Baik)
81-100 (Baik)
71-80 (Cukup Baik)
61-70 (Kurang Baik)
Skor Diperoleh : x 100
Lampiran
Materi
Pelajaran
A. Membaca Kamus
Menemukan
Makna kata
Saat
membaca sebuah teks terkadang ada kata-kata yang tidak kamu ketahui artinya.
Untuk mengetahui arti kata-kata tersebut tentu kamu memerlukan kamus. Cara
mencari arti kata dalam kamus adalah sebagai berikut:
- Menentukan kaya yang tidak diketahui artinya
- Menentukan asal kata dasarnya, seperti contoh berikut:
· Kata
berbelok berasal dari kata belok
· Kata
berseberangan berasal dari kata dasar
seberang
· Kata
melewati berasal dari kata dasar lewat
· Kata
meloloskan berasal dari kata dasar toko
· Kata
pertokoan berasal dari kata dasar toko
Jika
kamu perhatikan, asal kata-kata di atas dapat ditentukan dengan membuang imbuan
ber-,ber-an,me-i, me-kan, dan per-an. Untuk kata dasar yang tidak
berimbuhan kamu tidak perlu encari asal katanya. Seperti luka, senang, obat dan sebagainya.
- Mencari arti kata tersebut sesuai dengan huruf awalnya dalam kamus. Misalnya, untuk mencari kata luka, kamu harus membuka urutan huruf l pada kamus. Untuk mencari arti kata penampilan, kamu harus membuka urutan huruf t pada kamus (kata tampil). Setelah arti kata tampil, carilah arti kata penampilan di bawahnya.