penilaian kognitif, psikomotorik, dan afektif materi perubahan bentuk dan wujud benda kelas 2 Sd
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2016/05/penilaian-kognitif-psikomotorik-dan.html
Penilaian
a. Tes Tulis
Soal
pilihan ganda
Pilihan
salah satu jawaban yang benar di bawah ini!
1. Berikut
ini yang merupakan contoh benda yang dapat berubah bentuk adalah, kecuali.......
a.
Adonan tepung c. Es lilin
b.
Plastisin
2. Berikut
ini contoh benda yang terbuat dari tanah liat yang mengalami perubahan bentuk
benda adalah.......
a.
Tembikar c.
Pisau
b.
Panci alumunium
3.
Es batu adalah salah satu contoh benda
yang dapat berubah ...........
a.
Bentuk c. Ubah
b.
Wujud
4. Contoh
benda padat yang dapat berubah wujud menjadi cair jika dipanaskan adalah......
a.
Margarin c. Kayu
b.
Kertas
5.
Tembikar dibuat dengan cara .......
a.
Ditekan-tekan c. Didinginkan
b.
Dipilin-pilin
6. Dibawah
ini yang termasuk faktor yang mempengaruhi perubahan bentuk platisin adalah, Kecuali.........
a.
Ditekan-tekan c. Dibiarkan
b.
Dipilin
7.
Gambar di samping merupakan gambar es
batu, es batu bisa membeku karena.........
a.
Dipanaskan dengan api c. Dimasukkan ke dalam lemari
b.
Didinginkan di dalam
kulkas
8.
Gambar
di atas merupakan gambar margarin, margarin bisa mencair karena..........
a.
Dipanaskan dengan api c. Dimasukkan ke dalam lemari
b.
Didinginkan di dalam kulkas
Skor akhir = x 100%
Rubik penilaian
Pedom dan penskoran
untuk penilaian tes tulis
No
|
Pertanyaan
|
Level
Kognitif
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Berikut ini yang
merupakan contoh benda yang dapat berubah bentuk adalah, kecuali.......
|
C1
|
c. Es lilin
|
2
|
2.
|
Berikut ini contoh benda yang terbuat dari
tanah liat yang mengalami perubahan bentuk benda adalah.......
|
C1
|
a. Tembikar
|
2
|
3.
|
Es berubah menjadi
air jika...........
|
C1
|
a. Dipanaskan
|
2
|
4.
|
Benda padat akan yang
dapat berubah wujud menjadi cair jika dipanaskan adalah......
|
C1
|
a. Margarin
|
2
|
5.
|
Tembikar dibuat
dengan cara .......
|
C2
|
a. Ditekan-tekan
|
3
|
6.
|
Dibawah ini yang
termasuk faktor yang mempengaruhi perubahan bentuk platisin adalah, Kecuali........
|
C2
|
c. Dibiarkan
|
3
|
7.
|
Gambar di samping
merupakan gambar es batu, es batu bisa membeku karena.........
|
C4
|
b. Didinginkan di
dalam kulkas
|
5
|
8.
|
Gambar
di atas merupakan gambar margarin, margarin bisa mencair karena..........
|
C4
|
a. Dipanaskan dengan
api
|
5
|
b.
Instrumen unjuk kerja dalam bentuk rubik penilaian
Rubik
kegiatan percobaan perubahan wujud benda melalui kerja kelompok
No
|
Kriteria
|
Baik Sekali
4
|
Baik
3
|
Cukup
2
|
Perlu Bimbingan
1
|
1.
|
Ketepatan
melakukan percobaan perubahan wujud benda
|
Tidak
terdapat kesalahan dalam melakukan percobaan perubahan wujud benda sesuai dengan
prosedur pelaksanaan
|
Terdapat
1 atau 2 kesalahan dalam melakukan percobaan perubahan wujud benda sesuai
dengan prosedur pelaksanaan
|
Terdapat
3 atau lebih kesalahan dalam melakukan percobaan perubahan wujud benda sesuai
dengan prosedur pelaksanaan
|
Siswa
belum bisa melakukan percobaan perubahan wujud benda sesuai dengan prosedur
pelaksanaan
|
2.
|
Kerjasama
kelompok
|
Seluruh
anggota berpartisipasi aktif
|
Setengah
atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Kurang
dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif
|
Seluruh
anggota kelompok terlihat
|
Cara
penilaian kegiatan percobaan perubahan wujud benda
No
|
Nama
Siswa
|
Perolehan
Skor
|
|
Kriteria
1
|
Kriteria
2
|
||
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
Rumus perhitungan
sebagai berikut:
Keterangan:
·
Jumlah skor yang
diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan
kriteria 2
·
Skor ideal
adalah perkalian dari banyak kriteria dengan skor tertinggi.
c. Sikap
Nilai
karakter yang dikembangkan
|
Definisi
|
Indikator
|
Disiplin
|
Ketaatan atau
kepatuhan terhadap peraturan
|
- Kehadiran
ke sekolah tepat waktu
- Senantiasa
menjalankan tugas piket
- Menyelesaikan
tugas sesuai waktu yang disepakati
|
Lembar pengamatan
Minggu ke ....... bulan ...... 2016
Nilai karakter yang dikembangkan:
Disiplin
No
|
Nama
|
Perkembangan
|
Ket
|
|||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
|||
1.
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
*) Guru memberikan tanda (√) pada setiap kriteria sesuai dengan
nilai karakter yang muncul dari siswa
Keterangan :
Tahapan perkembangan nilai karakter sebagaimana
tercantum dalam Kerangka Acuan Pendidikan Karakter (Kemendiknas, 2010)
meliputi:
BT: Belum
Terlihat
Apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda-
tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator karena belum memahami makna
dari nilai itu (Tahap
Anomi).
MT: Mulai
Terlihat
Apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya
tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum
konsisten karena sudah ada pemahaman dan mendapat penguatan lingkungan terdekat
(Tahap Heteronomi).
MB: Mulai
Berkembang
Apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai
tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten, karena
selain sudah ada pemahaman dan kesadaran juga mendapat penguatan lingkungan
terdekat dan lingkungan yang lebih luas (Tahap Sosionomi).
SM: Sudah
Membudaya
Apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan
perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten karena selain sudah
ada pemahaman dan kesadaran dan mendapat penguatan lingkungan terdekat dan
lingkungan yang lebih luas sudah tumbuh kematangan moral (Tahap Autonomi).