rpp ipa kelas 5 cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2017/11/rpp-ipa-kelas-5-cara-makhluk-hidup.html
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDN XXXX
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Alam
Kelas/Semester : V-A/ 1 (Ganjil)
Standar
Kompetensi : 3. Mengidentifikasi cara
makhluk hidup
menyesuaikan diri
dengan lingkungan
Kompetensi
Dasar : 3.1 Mengidentifikasi
penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
Indikator :
·
Menyebutkan contoh hewan yang
menyesuaikan diri untuk memperoleh makanannya
·
Menjelaskan cara penyesuain diri hewan
untuk memperoleh makanan
·
Menyebutkan contoh hewan yang
menyesuaikan diri terhadap habitatnya
·
Menjelaskan cara penyesuain diri hewan
terhadap habitatnya
·
Menyebutkan contoh hewan yang
menyesuaikan diri untuk melindungi diri
·
Menjelaskan cara penyesuain diri hewan
untuk melindungi diri
Alokasi
waktu : 3 x 35 menit (1x
pertemuan)
A. Tujuan
pembelajaran:
·
Dengan diberikan media kalender PDH
(Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang
menyesuaikan diri untuk memperoleh makanannya dengan benar
·
Dengan diberikan media kalender PDH
(Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan
untuk memperoleh makanan dengan benar
·
Dengan diberikan media kalender PDH
(Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang
menyesuaikan diri terhadap habitatnya dengan benar
·
Dengan diberikan media kalender PDH
(Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan
terhadap habitatnya dengan benar
·
Dengan diberikan media kalender PDH
(Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang
menyesuaikan diri untuk melindungi diri dengan benar
·
Dengan diberikan media kalender PDH
(Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan
untuk melindungi diri dengan benar
B. Materi
Pembelajaran:
Ø Penyesuaian
Makhluk Hidup dengan Lingkungannya
A. Penyesuaian
Diri Hewan
1. Penyesuaian
diri hewan untuk memperoleh makan
2. Penyesuaian
diri hewan terhadap habitatnya
3. Penyesuaian
diri hewan untuk melindungi diri
B. Model
dan Metode Pembelajaran:
Model : Kooperatif
Metode : Tanya jawab, Diskusi dan
Penugasan
C. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (5’)
· Mengucapkan
salam
· Menanyakan
kabar siswa
· Menanyakan
kesiapan belajar siswa
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca do’a
· Memeriksa
kehadiran siswa
2.
Kegiatan Inti (95’)
TAHAP
|
KEGIATAN
GURU
|
KEGIATAN
SISWA
|
ALOKASI
WAKTU
|
Eksplorasi
|
- Melakukan
apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa mengenai materi penyesuaian diri
hewan
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan metode
yang digunakan
- Memberikan
contoh yang berkaitan dengan penyesuaian diri hewan
- Meminta
siswa menyebutkan contoh lain yang berkaintan dengan penyesuaian diri hewan
|
- Menyimak dengan
baik pengantar yang diberikan oleh guru
- Menyimak
penjelasan guru
- Menyebutkan
contoh lain yang berkaintan dengan penyesuaian diri hewan
|
15’
|
Elaborasi
|
-
Membagi siswa menjadi beberapa
kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 anggota
-
Menyajikan dan menjelaskan media
kalender PDH
-
Meminta siswa untuk
mengidentifikasi gambar yang ada pada kalender PDH
-
Menjelaskan materi penyesuan diri
hewan dengan kalender PDH yang telah diidentifikasi siswa
-
Memberikan tugas pada setiap
kelompok untuk menyusun puzzle dan menjelaskan gambar yang ada pada puzzle serta
mengerjakan TTS
-
Meminta perwakilan kelompok maju
mempresentasikan tugas yang telah
dikerjakan
-
Bersama siswa membahas kembali
tugas kelompok yang telah dipresentasikan oleh siswa
-
Memberikan soal kepada siswa
-
Meminta siswa untuk mengumpulkan
soal yang telah dikerjakan
|
- Membentuk
kelompok dan berkumpul dengan kelompoknya
- Menyimak
penjelasan guru
- Mengidentifikasi
gambar yang ada pada kalender PDH
- Menyimak
penjelasan guru
- Setiap
kelompok mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru
-
Perwakilan kelompok maju
mempresentasikan tugas yang telah
dikerjakan
- Membahas
kembali tugas kelompok yang telah dipresentasikan oleh siswa
-
Mengerjakan soal yang diberikan
guru
-
Mengumpulkan soal yang telah
dikerjakan
|
70’
|
Konfirmasi
|
- Memberikan
penguatan atas materi yang telah diajarkan
- Menanyakan
pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh
|
- Menyimak
dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
- Mencatat
hal-hal penting yang dijelaskan oleh guru
- Bertanya
apabila ada hal yang belum dimengerti
- Menyampaikan
pesan kesan selama pembelajaran berlangsung
|
10’
|
3.
Kegiatan Penutup (5’)
· Memberikan
motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi
dalam belajar
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca doa bersama sama
D. Sumber
Belajar
-
Suyitno, A dan Rachmadi Achirul Salam,
Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD/MI, hal 30-34
E.
Media Pembelajaran
- Kalender
PDH (Penyesuaian Diri Hewan)
- Puzzle
F.
Penilaian
- Tes
tulis
- Unjuk
kerja
- Sikap
gila
BalasHapusbgmn ini cara donlodnya anjirr
BalasHapus