media Kalender PHD (Penyesuaian Diri Hewan) kelas 5 IPA
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2017/11/media-kalender-phd-penyesuaian-diri.html
Laporan Media Pembelajaran
v Nama
Media : Kalender PHD
(Penyesuaian Diri Hewan)
v Jenis
Media : Tiga dimensi
v Mata
Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
v Kelas : 5-A (Semester
1)
v Standar
Kompetensi : 1. Mengidentifikasi cara
makhluk hidup
menyesuaikan diri
dengan lingkungan
v Kompetensi
Dasar : 3.1 Mengidentifikasi
penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
v Indikator :
·
Menyebutkan contoh hewan yang
menyesuaikan diri untuk memperoleh makanannya
·
Menjelaskan cara penyesuain diri hewan
untuk memperoleh makanan
·
Menyebutkan contoh hewan yang
menyesuaikan diri terhadap habitatnya
·
Menjelaskan cara penyesuain diri hewan
terhadap habitatnya
·
Menyebutkan contoh hewan yang
menyesuaikan diri untuk melindungi diri
·
Menjelaskan cara penyesuain diri hewan
untuk melindungi diri
v
Bahan dan Cara membuat media:
·
Bahan dan Alat:
Ø
Kertas manila
Ø
Gambar-gambar hewan
Ø
Guting
Ø
Double tipe
Ø
Staples
·
Cara membuat media pembelajaran:
Ø
Potong kertas manila menjadi empat
Ø
Gunting-gunting gambar hewan
Ø
Kemudian tempel-tempel gambar hewan pada
kertas manila sesuai dengan materi
Ø
Setelah semua halaman pada kertas manila
sudah ditempeli gambar, kertas manila disusun sesuai dengan urutan materi
Ø
Setelah itu gambari permukaan manila dan
dijilid jadi satu
v
Langkah-langkah penggunaan media
1. Guru
masuk kelas dengan mengucapkan salam
2. Lalu
guru menjelaskan apa yang akan dipelajari pada hari ini dan tujuan pembelajaran
3. Membagi
siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 anggota
4. Menyajikan
dan menjelaskan media kalender PDH
5. Meminta
siswa untuk mengidentifikasi gambar yang ada pada kalender PDH
6. Menjelaskan
materi penyesuan diri hewan dengan kalender PDH yang telah diidentifikasi siswa
7. Memberikan
tugas pada setiap kelompok untuk menyusun puzzle dan menjelaskan gambar yang
ada pada puzzle serta mengerjakan TTS
8. Meminta
perwakilan kelompok maju mempresentasikan
tugas yang telah dikerjakan
9. Bersama
siswa membahas kembali tugas kelompok yang telah dipresentasikan oleh siswa
10. Memberikan
soal kepada siswa
11. Meminta
siswa untuk mengumpulkan soal yang telah dikerjakan
v
Kelebihan dan kekurangan:
·
Kelebihan :
Ø
Media mudah dibuat dan didapat
bahan-bahannya
Ø
Dapat mempermudah proses pembelajaran
Ø
Tidak memerlukan biaya yang banyak atau
murah
Ø
Membuat pemahaman siswa lebih faham
terhadap materi pembelajaran yang di ajarkan.
·
Kekurangan :
Ø
Media mudah rusak
Ø
Media hanya menampilkan bentuk miniatur,
guru harus memberi menjelasan lebih.