soal dan kisi- kisi materi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan



Lampiran
Penilaian
1.    Tes pilihan ganda
A.      Pilihlah salah satu jawaban yang benar!
1.    Burung pemakan daging memiliki bentuk paruh runcing, tajam, dan melengkung. Paruh tersebut berfungsi untuk mencabik-cabik mangsa. Contoh burung tersebut adalah ......
a.       Burung kakatua          b. Burung bangau
b.      Burung elang              c. Burung kolibri
2.    Berikut ini merupakan contoh tipe mulut serangga penusuk dan pengisap adalah ......
a.       Kumbang       c. Nyamuk
b.      Kupu-kupu     d, lalat
3.    Itik memiliki paruh yang pipih. Paruh tersebut berfungsi untuk.....
a.       Memecah biji-bijian yang keras
b.      Memudahkan mencari makanan dalam air
c.       Mematuk pohon yang lapuk
d.      Menciduk ikan dalam air
4.    Sapi adalah hewan herbivor. Gigi taring sapi tumbuh hampir menyerupai gigi serinya. Gigi-gigi ini berfungsi .....
a.       Menggigit dan mencabik makanan
b.      Mencincang dan memotong daging
c.       Memotong rerumputan dan dedaunan
d.      Memakan buah-buahan
5.    Contoh burung perenang yang memiliki kaki berselaput untuk berenang...
a.       Bebek
b.      Elang
c.       Pelatuk
d.      Kolibri
6.    Bentuk kaki atau kuku burung berbeda-beda. Perbedaan tersebut disesuaikan dengan .......
a.       Tempat tinggal
b.      Fungsinya
c.       Cara melindungi diri
d.      Makanannya
7.    Bagian tubuh penguin yang membuat hangat dan tidak merasa dingin adalah ....
a.       Paru                c. Lapisan lemak
b.      Bulu               d. Sayap
8.    Contoh hewan yang mampu memutuskan bagian tubuhnya ketika terancam oleh musuh adalah kecuali.....
a.       Kadal             c. Tokek
b.      Cecak            d. Bunglon
9.    Hewan yang berpura-pura mati ketika diserang musuh adalah ....
a.       Kecoa                         c. Belalang
b.      Cecak             d. Lebah
10.          Cara melindungi diri dengan merubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya disebut ......
a.       Autotomi        c. Hibernasi
b.      Mimikri          d. Menyengat

Skor  akhir =  x 100%

B.  Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar!
1.    Sebutkan 4 contoh hewan yang termasuk karnivor, yang memiliki gigi dan taring yang tajam!
2.    Mengapa unta bertahan hidup di padang pasir yang panas dan sanggup tidak makan atau minum selama berhari-hari?
3.    Jelaskan bagaimana bunglon melindungi dirinya dari musuh?
4.    Tuliskan cara-cara hewan melindungi dirinya!
5.    Sebutkan 3 hewan yang melindungi dirinya dari musuh dengan cara memutuskan ekornya!

Skor  akhir =  x 100%
Rubik penilaian
Pedom dan penskoran untuk penilaian tes tulis
A.      Soal pilihan ganda
No
Tujuan pembelajaran
Pertanyaan
Level kognitif
Jawaban
Skor
1.
Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri untuk memperoleh makanannya dengan benar
Burung pemakan daging memiliki bentuk paruh runcing, tajam, dan melengkung. Paruh tersebut berfungsi untuk mencabik-cabik mangsa. Contoh burung tersebut adalah ......
C1
b. Burung elang

2
2.
Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri untuk memperoleh makanannya dengan benar
Berikut ini merupakan contoh tipe mulut serangga penusuk dan pengisap adalah ......
C1
c. Nyamuk
1
3.
Dengan menggunakan media gambar, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk kenampakan buatan dengan benar
Itik memiliki paruh yang pipih. Paruh tersebut berfungsi untuk.....
C2
d. Memudahkan mencari makanan dalam air

3
4.
Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk memperoleh makanan dengan benar
Sapi adalah hewan herbivor. Gigi taring sapi tumbuh hampir menyerupai gigi serinya. Gigi-gigi ini berfungsi .....
C2
c. Memotong rerumputan dan dedaunan
3
5.
Dengan menggunakan Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk memperoleh makanan dengan benar
Contoh burung perenang yang memiliki kaki berselaput untuk berenang...
C1
a. Bebek

2
6.
Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri terhadap habitatnya dengan benar
Bentuk kaki atau kuku burung berbeda-beda. Perbedaan tersebut disesuaikan dengan .......
C1
b. Fungsinya  
2
7.
Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan terhadap habitatnya dengan benar
Bagian tubuh penguin yang membuat hangat dan tidak merasa dingin adalah ....
C2
 b. Bulu

3
8.
Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri untuk melindungi diri dengan benar
Contoh hewan yang mampu memutuskan bagian tubuhnya ketika terancam oleh musuh adalah kecuali.....
C1
d. Bunglon
2
9.
Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk melindungi diri dengan benar
Hewan yang berpura-pura mati ketika diserang musuh adalah ....
C2
a. Kecoa
3
10.
Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk melindungi diri dengan benar
Cara melindungi diri dengan merubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya disebut ......
C2
b. Mimikri
3

B.  Soal uraian bebas
No
Tujuan pembelajaran
Pertanyaan
Level kognitif
Jawaban
Skor
1.
Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri untuk memperoleh makanannya dengan benar
Sebutkan 4 contoh hewan yang termasuk karnivor, yang memiliki gigi dan taring yang tajam!
C1
Harimau, Singa, Anjing, Srigala dll.
0-2
2.
Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan terhadap habitatnya dengan benar
Mengapa unta bertahan hidup di padang pasir yang panas dan sanggup tidak makan atau minum selama berhari-hari?
C2
Karena unta memiliki punuk. Punuk adalah semacam kantong penyimpanan makanan dan minuman yang ada pada tubuh unta
0-4
3.
 Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk melindungi diri dengan benar
Jelaskan bagaimana bunglon melindungi dirinya dari musuh?
C2
Dengan cara merubah warna kulitnya sesuai dengan lingkungannya
0-2
4.
Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk melindungi diri dengan benar
Tuliskan cara-cara hewan melindungi dirinya!

C2
Dengan cara mimikri, autotomi, menggulung tubuh, menyemprotkan tinta dan cairan berbau, masuk ke dalam cangkang, menyengat dan berpura-pura mati
0-5
5.
Dengan diberikan media kalender PDH (Penyesuaian Diri Hewan), siswa dapat menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk melindungi diri dengan benar
Sebutkan 3 hewan yang melindungi dirinya dari musuh dengan cara memutuskan ekornya!
C2
Cecak, tokek, kadal dll.
0-2


2.    Unjuk kerja
Penilaian Diskusi dan Presentasi Menyusun dan menjelaskan gambar pada puzzle dan permainan TTS
Nama Kelompok                :
Anggota Kelompok            : 1. .............................
                                              2. .............................
                                              3. .............................
                                              4. .............................
                                              5. .............................
Kelas                                  :
Tanggal Diskusi                  :
No
Aspek Yang Dinilai
Skor
1
2
3
4
1.
Aspek Diskusi
Kerjasama yang baik antar individu dalam kelompok
Suasana demokrasi dalam kelompok saat diskusi (menghargai pendapat temannya)
Ketepatan diskusi dengan topik yang sedang dibahas
Keaktifan tiap individu dalam proses diskusi
Pemahaman akan topik yang sedang didiskusikan




2.
Aspek Presentasi
Penggunaan bahasa yang baik saat penyampaian hasil diskusi
Intonasi dan tempo yang sesuai dalam penyampaian informasi
Suasana demokrasi saat presentasi
Penyampaian informasi yang lengkap, akurat dan sistematis
Kemampuan menjawab pertanyaan dalam proses presentasi
Kemampuan berargumentasi dengan baik
Kemampuan menjelaskan dalam penyampaian informasi dari hasil diskusi.




Jumlah skor yang dicapai




Jumlah skor maksimum
48

Keterangan:
Skor 1  : Kurang Baik                                           
Skor 2  : Cukup Baik
Skor 3  : Baik
Skor 4  : Sangat Baik
Jumlah skor  : jumlah skor tiap tiap indikator penilaian

Skor  akhir =  x 100%








3.    Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perilaku
Jumlah skor
Nilai
keterangan
Bekerjasama
Patuh
Bertanggung jawab
1.







2.







3.







4.







5.







6.







7.







8.







9.







10.







Keterangan:
Skor 1  : Kurang Baik                    Skor 3  : Baik                                     
Skor 2  : Cukup Baik                      Skor 4  : Sangat Baik
Keterangan                  : 91-100 (Sangat Baik)
                                      81-100 (Baik)
                                      71-80 (Cukup Baik)
                                      61-70 (Kurang Baik)

Skor Diperoleh            :   x 100

Related

Pendidikan 2121022040792414853

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Komunitas Guru Berbagi Tirtoyudo

item