RPP ipa kelas 4 sd (alat indra manusia)



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)

Nama Sekolah             : SDN xxxxx
Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester            : IV/ 1 (Ganjil)
Standar Kompetensi   : 1. Memahami hubungan antara struktur organ tubuh manusia dengan fungsinya, serta pemeliharaannya
Kompetensi Dasar        : 1.5 Mendeskripsikan hubungan antara struktur panca indera dengan fungsinya
1.6     Menerapkan cara memelihara kesehatan panca indera
Indikator                     :
·      Menjelaskan pengertian alat indra
·      Menyebutkan macam-macam alat indra
·      Menyebutkan bagian dari masing-masing alat indra
·      Menyebutkan fungsi dari masing-masing alat indra
·      Menjelaskan cara kerja dari masing-masing alat indra
·      Menjelaskan cara memelihara kesehatan alat indra
·      Melaksanakan cara memeliahara kesehatan alat indra
·      Menyebutkan cacat dan kelainan pada masing-masing alat indra
Alokasi waktu          : 3 x 35 menit (1x pertemuan)
A.  Tujuan pembelajaran :
·      Setelah mendengarkan penjelasan guru, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menjelaskan pengertian alat indra dengan benar.
·      Dengan menampilkan slide, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menyebutkan macam-macam alat indra dengan tepat.
·      Melalui penjelasan guru dan tampilan slide, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menyebutkan bagian dari masing-masing alat indra secara rinci.
·      Melalui tanya jawab setelah ditampilkannya slide, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menyebutkan fungsi dari masing-masing alat indra dengan benar dan tepat.
·      Melalui tanya jawab, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menjelaskan cara kerja dari masing-masing alat indra dengan benar.
·      Melalui diskusi, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat Menjelaskan cara memelihara kesehatan alat indra dengan tepat.
·      Setelah proses pembelajaran, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat melaksanakan cara memeliahara kesehatan alat indra dengan baik.
·      Dengan penjelasan guru dan ditampilkannya slide, siswa SDN xxxxx diharapkan dapat menyebutkan cacat dan kelainan pada masing-masing alat indra dengan benar.

B.  Materi Pembelajaran:
·      Alat indra manusia
-     Indra penglihatan (mata)
-     Indra mendengarkan (telinga)
-     Indra peraba (kulit)
-     Indra perasa (lidah)
-     Indra pembau (hidung)
C.  Metode Pembelajaran:
·      Ceramah
·      Tanya jawab
·      Diskusi
·      Penugasan
·      Tugas kelompok
D.  Langkah-langkah Pembelajaran
1.      Kegiatan Pendahuluan (5’)
· Mengucapkan salam
· Menanyakan kabar siswa
· Menanyakan kesiapan belajar siswa
· Meminta ketua kelas untuk memimpin membaca do’a
· Memeriksa kehadiran siswa
2.      Kegiatan Inti (95’)
TAHAP
KEGIATAN GURU
KEGIATAN SISWA
ALOKASI WAKTU
Eksplorasi
-      Melakukan apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa mengenai materi alat indra manusia
-      Menyampaikan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan metode yang digunakan
-      Memberikan wawasan tentang pentingnya kompetensi dasar dalam kehidupan sehari-hari
-      Memberikan contoh yang berkaitan dengan alat indra yang dimiliki manusia dan fungsinya
-      Meminta siswa menyebutkan fungsi dari indra manusia yang mereka ketahui
-     Menyimak dengan baik pengantar yang diberikan oleh guru

-     Menulis tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru

-     Menyimak penjelasan guru




-     Menyebutkan fungsi dari indra manusia yang mereka ketahui
15’
Elaborasi
-       Menunjukkan media pembelajaran (ppt) kepada siswa dan menjelaskannya
-       Menunjukkan slide yang berisi pengertian dan gambar alat indra manusia, kemudian menjelaskannya
-       Meminta siswa menjelaskan kembali pengertian alat indra dan macam-macam alat indra
-       Menampilkan slide yang berupa macam-macam alat indra kemudian guru menyuruh siswa untuk memilih alat indra yang mana yang harus dipelajari terlebih dahulu
-       Dengan slide guru menjelaskan alat indra yang telah dipilih siswa yang berupa bagian-bagiannya, cara kerjanya dan cara memeliharanya
-       Setelah itu guru menyuruh siswa kembali menyebutkan bagian-bagian, cara kerja dan gangguan dan penyakit alat indra tersebut

-       Setelah menjelaskan alat indra tadi, guru kembali menampilkan slide yang berupa macam-macam alat indra kemudian menyuruh siswa kembali menyuruh memilih alat indra yang ingin dipelajari selanjutnya dan menjelaskannya (diulangi kembali sampai mempelajari semua alat indra manusia)
-       Meminta siswa menjadi beberapa kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa) dan berkumpul sesuai dengan kelompok
-       Meminta setiap kelompok untuk mendiskusikan cara memelihara alat indra dengan baik
-       Setelah proses diskusi selesai, guru meminta perwakilan setiap kelompok untuk membacakan hasil diskusi
-       Menampilkan slide kembali tentang cara memelihara alat indra dengan baik kemudian membahasnya dan disangkutkan dengan hasil diskusi siswa
-       Menampilkan slide berupa soal dan menyuruh siswa untuk menjawabnya
-       Menyimak penjelasan guru





-       Menjelaskan kembali pengertian dan macam-macam alat indra
-       Memilih alat indra yang ingin dipelajari terlebih dahulu


-       Menyimak penjelasan guru



-       Menyebutkan kembali bagian-bagian, cara kerja dan gangguan dan penyakit indra tersebut

-       Menyimak penjelasan guru








-     Membentuk kelompok dan berkumpul sesuai dengan kelompoknya
-     Mendiskusikan cara memelihara alat indra dengan baik bersama kelompoknya
-     Perwakilan kelompok maju ke depan kelas dan membacakan hasil diskusi

-       Menyimak penjelasan guru




-       Menjawab soal yang diberikan guru

70’
Konfirmasi
-     Memberikan penguatan atas materi yang telah diajarkan




-     Memberikan pekerjaan rumah (PR) untuk dikerjakan siswa

-     Menanyakan pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh
-     Memberikan motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi dalam belajar
-      Menyimak dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
-      Mencatat hal hal penting yang dijelaskan oleh guru
-      Bertanya apabila ada hal yang belum dimengerti
-      Mencatat pekerjaan rumah yang diberikan guru
-      Menyampaikan pesan kesan selama pembelajaran berlangsung
-      Menyimak pesan guru

10’
3.    Kegiatan Penutup (5’)
·      Memberikan pesan-pesan untuk menghargai setiap alat indra yang dimiliki dan harus memeliharanya dengan baik
·      Meminta ketua kelas untuk memimpin membaca doa bersama sama
E.   Sumber Belajar
-      
 BSE
F.   Media Pembelajaran
-     Ppt

G.          Penilaian
-     Tes tulis
-     Daftar cek
-     Unjuk kerja

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Komunitas Guru Berbagi Tirtoyudo

item