contoh silabus IPS kelas 3 semester 2



SILABUS
Sekolah                       : SDN xxxxx
Kelas                           : 3
Mata Pelajaran            : IPS
Semester                      : II
Pengembang                : ......... ...........

Standar Kompetensi: 2. Memahami jenis pekerjaan dan penggunaan uang
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
Tenik
Bentuk Instrumen
Contoh Instrumen
2.1 Mengenal jenis-jenis pekerjaan
1.   Menjelaskan pengertian kebutuhan
2.   Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan
3.   Menjelaskan pengertian pekerjaan
4.   Menyebutkan jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar
5.   Mengklasifikasikan macam-macam pekerjaan berdasarkan hasil pekerjaan
6.   Membedakan pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa
Mengenal jenis-jenis pekerjaan
-  Guru memberikan contoh yang berkaitan dengan kebutuhan
-  Menyajikan gambar tentang berbagai
-  Guru menjelaskan macam-macam pekerjaan berdasarkan hasil pekerjaan
-  Guru memberikan permainan dengan setiap siswa maju untuk mengambil kertas dan menjelaskan pekerjaan yang ada di dalam kertas tersebut
-  Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa
-  Perwakilan kelompok mempresentesikan hasil dari diskusi
-  Guru dan siswa bersama-sama membahas hasil diskusi siswa

-  Tes tulis















-  Daftar cek

-  Unjuk kerja
-  Pilihan ganda dan uraian













-  Unjuk kerja

-  Diskusi















1.     Contoh dari kebutuhan siswa adalah......
2.     Sebagian besar orang yang berada di sekitar pantai.....
-      Terlampir

-      Terlampir

6 x 35 menit (2x pertemuan)
Wida Widianti dan Ratih Hurriyati, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 51-60.

Sunarti dan Eko Setiawan S, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 65-73.


2.2 Memahami pentingnya semangat kerja
1.   Menjelaskan pengertian semangat kerja
2.   Menyebutkan ciri-ciri semangat kerja
3.   Menjelaskan watak orang yang bekerja keras
4.   Membandingkan orang yang semangat kerja dan tidak semangat kerja
5.   Menguraikan hal-hal yang menimbulkan semangat kerja
6.   Menyebutkan manfaat semangat kerja
Memahami pentingnya semangat kerja
-   Guru menyajikan vidio mengenai cerita seorang bersemangat dalam berkerja
-   Siswa melihat dan menganalisis vidio yang ditampilkan oleh guru
-   Guru meminta kepada salah satu siswa untuk menyampaikan inti dan pesan dari vidio
-   Siswa menjelaskan tentang pengertian semangat bekerja
-   Dengan tanya jawab, siswa menjelaskan watak orang bekerja keras
-   Guru menyajikan vidio lagi, dengan menampilkan cerita orang yang tidak bekerja keras
-   Siswa menganalisis dan membandingkan sifat dari orang yang bekerja keras dan yang tidak berdasarkan kedua vidio tadi
-   Guru meminta siswa untuk mengungkapkan pendapat mengenai sifat dari cerita vidio tadi
-   Guru bersama siswa mengidentifikasi manfaat dari sifat bekerja keras
-   Tes tertulis
















-   Daftar cek


-  Uraian

















-  Unjuk kerja
1.    Manfaat bekerja keras yaitu mendapatkan..........
2.    Setiap pekerjaan harus dilakukan dengan penuh .......

-   Terlampir
9 x 35 menit (3x pertemuan)
Wida Widianti dan Ratih Hurriyati, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 61-72.

Sunarti dan Eko Setiawan S, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 74-77.
2.3 Memahami kegiatan jual beli di lingkungan
rumah dan sekolah
1.   Menjelaskan pengertian jual beli
2.   Menyebutkan syarat-syarat terjadinya jual beli
3.   Menyebutkan jenis-jenis tempat belanja
4.   Menjelaskan pengertian tempat belanja
5.   Membedakan antara pasar tradisional dan pasar modern
6.   Membedakan antara pasar nyata dan pasar tidak nyata
7.   Membedakan antara pasar hewan, pasar ikan, pasar loak dan pasar buah dan sayur
8.   Mempraktekan kegiatan jual beli di sekolah
9.   Menganalisis tujuan jual beli
10.  Menganalisis manfaat jual beli

Memahami kegiatan jual beli di lingkungan
rumah dan sekolah
-   Guru memberikan apersepsi mengenai kegiatan jual beli di masarakat
-   Siswa menjelaskan pengertian jual beli
-   Dengan tanya jawab siswa menyebutkan syarat-syarat terjadinya jual beli
-   Guru menyajikan media pop up book dan siswa menyebutkan jenis-jenis tempat belanja
-   Menyajikan media pop up book dan menjelaskan pengertian tempat belanja
-   Siswa membedakan berbagai tempat belanja yang ada dengan media pop up book
-   Menjelaskan persaingan jual beli secara sehat dan meminta siswa untuk membuat iklan suatu produk
-   Setelah mempelajari materi kemudian mempraktekan kegiatan jual beli di sekolah
-   Melakukan diskusi dan menganalisis tujuan jual beli serta manfaat dari jual beli
-  Tes tulis















-   Penilaian sikap
-   Penilaian produ
-   Unjuk kerja
-  Uraian
















-  Observasi

-  Iklan produk

-  Kegiatan jual beli dan diskusi 
1.    Barang yang termasuk kebutuhan sehari-hari adalah.......
2.    Orang yang menjual barang disebut ..........
-      Terlampir

-      Terlampir

-      Terlampir
9 x 35 menit (3x Pertemuan)
Sunarti dan Eko Setiawan S, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 81-96.
2.4 Mengenal sejarah uang
1.   Menjelaskan sistem barter dalam pemenuhan kebutuhan
2.   Menyebutkan syarat terjadinya barter
3.   Mengidentifikasi kelemahan sistem barter
4.   Menguraikan sejarah uang di Indonesia
5.   Menyebutkan jenis-jenis uang
6.   Membedakan uang kertas dan uang giral
7.   Menjelaskan nilai uang
8.   Menjelaskan fungsi uang
Mengenal sejarah uang
-   Guru bercerita mengenai kegitan jual beli pada zaman dahulu
-   Siswa menyimak dan menjelaskan sistem barter dalam pemenuhan kebutuhan
-   Melalui tanya jawab siswa menyebutkan syarat terjadinya barter
-   Dari hasil tanya jawab, sistem mengidentifikasi kelemahan sistem barter barter siswa
-   Guru menyajikan media berupa berbagai gambar uang pada zaman dahulu hingga sekarang
-   Guru menceritakan sejarah uang di Indonesia
-   Guru meminta siswa menceritakan kembali sejarah uang di Indonesia
-   Dengan disediakan berbagai gambar uang siswa dapat menyebutkan jenis-jenis uang
-   Dengan diberikan soal, siswa dapat membedakan jenis uang kartar dan giral
-   Dengan penjelasan guru, siswa dapat menjelaskan nilai uang
-   Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan fungsi uang

-  Tes tulis












-  Penilaian sikap

-  Uraian













-  Observasi
1.    Tukar-menukar barang dengan barang disebut ....
2.    Alat tukar sekarang berbentuk ......

-  Terlampir

15 x 35 menit (5x pertemuan)
Wida Widianti dan Ratih Hurriyati, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 85-98.

Sunarti dan Eko Setiawan S, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 97-109.
2.5 Mengenal penggunaan uang sesuai dengan
Kebutuhan
1.    Menjelaskan pengertian pengelolaan uang
2.    Menguraikan alasan pengelolahan uang
3.    Menyebutkan cara pengelolahan uang
4.    Menyusun kebutuhan sesuai keperluan
5.    Menjelaskan manfaat dari menabung

Mengenal penggunaan uang sesuai dengan
Kebutuhan
-   Guru menyajikan media berupa gambar mengenai pengelolahan uang seperti gambar orang belanja, bayar angkutan, dll.
-   Siswa menjelaskan pengertian pengelolahan uang
-   Guru menyimpulkan dan membenarkan jawaban siswa mengenai pengertian pengelolahan uang
-   Siswa mengungkapkan pendapat tentang alasan pengelolahan uang
-   Dengan didampingi guru, siswa menyebutkan cara pengelohan uang
-   Siswa disuruh untuk menuliskan kebutuhan siswa dan menyusunnya kebutuhan sesuai keperluan
-   Melalui diskusi, siswa menjelaskan manfaat dari menabung
-   Guru menyuruh perwakilan kelompok untuk mengungkapkan hasil diskusi
-   Guru bersama siswa membahas hasil dari diskusi tadi
-   Guru memberikan soal kepada siswa, untuk mengevaluasi keberhasilan dan pencapaian tujuan pembelajaran
-  Tes tertulis
















-  Unjuk kerja
-   Uraian

















-   Diskusi
1.    Membelanjakan uang harus sesuai dengan ....
2.    Manfaat mengelola uang dengan baik kehidupan menjadi ....
-  Terlampir

12 x 35 menit (4x pertemuan)
Wida Widianti dan Ratih Hurriyati, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 99-106.

Sunarti dan Eko Setiawan S, Ilmu Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 109-111.

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Komunitas Guru Berbagi Tirtoyudo

item