media Kalender PHD (Penyesuaian Diri Hewan) kelas 5 IPA




Laporan Media Pembelajaran

v  Nama Media                    : Kalender PHD (Penyesuaian Diri Hewan)
v  Jenis Media                      : Tiga dimensi
v  Mata Pelajaran                 : Ilmu Pengetahuan Alam
v  Kelas                                : 5-A (Semester 1)
v  Standar Kompetensi          : 1. Mengidentifikasi cara makhluk hidup menyesuaikan diri dengan lingkungan
v  Kompetensi Dasar           : 3.1 Mengidentifikasi penyesuaian diri hewan dengan lingkungan tertentu untuk mempertahankan hidup
v  Indikator                            :
·      Menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri untuk memperoleh makanannya
·      Menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk memperoleh makanan
·      Menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri terhadap habitatnya
·      Menjelaskan cara penyesuain diri hewan terhadap habitatnya
·      Menyebutkan contoh hewan yang menyesuaikan diri untuk melindungi diri
·      Menjelaskan cara penyesuain diri hewan untuk melindungi diri
v  Bahan dan Cara membuat media:
·      Bahan dan Alat:
Ø Kertas manila
Ø Gambar-gambar hewan
Ø Guting
Ø Double tipe
Ø Staples  
·      Cara membuat media pembelajaran:
Ø Potong kertas manila menjadi empat
Ø Gunting-gunting gambar hewan
Ø Kemudian tempel-tempel gambar hewan pada kertas manila sesuai dengan materi
Ø Setelah semua halaman pada kertas manila sudah ditempeli gambar, kertas manila disusun sesuai dengan urutan materi
Ø Setelah itu gambari permukaan manila dan dijilid jadi satu
v  Langkah-langkah penggunaan media
1.    Guru masuk kelas dengan mengucapkan salam
2.    Lalu guru menjelaskan apa yang akan dipelajari pada hari ini dan tujuan pembelajaran
3.    Membagi siswa menjadi beberapa kelompok, setiap kelompok terdiri dari 4-5 anggota
4.    Menyajikan dan menjelaskan media kalender PDH
5.    Meminta siswa untuk mengidentifikasi gambar yang ada pada kalender PDH
6.    Menjelaskan materi penyesuan diri hewan dengan kalender PDH yang telah diidentifikasi siswa
7.    Memberikan tugas pada setiap kelompok untuk menyusun puzzle dan menjelaskan gambar yang ada pada puzzle serta mengerjakan TTS
8.    Meminta perwakilan kelompok maju mempresentasikan  tugas yang telah dikerjakan
9.    Bersama siswa membahas kembali tugas kelompok yang telah dipresentasikan oleh siswa
10.     Memberikan soal kepada siswa
11.     Meminta siswa untuk mengumpulkan soal yang telah dikerjakan

v   Kelebihan dan kekurangan:
·                          Kelebihan        :
Ø  Media mudah dibuat dan didapat bahan-bahannya
Ø  Dapat mempermudah proses pembelajaran
Ø  Tidak memerlukan biaya yang banyak atau murah
Ø  Membuat pemahaman siswa lebih faham terhadap materi pembelajaran yang di ajarkan.
· Kekurangan     :
Ø  Media mudah rusak
Ø  Media hanya menampilkan bentuk miniatur, guru harus memberi menjelasan lebih.



v 














Related

Pendidikan 7312131103384342388

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Komunitas Guru Berbagi Tirtoyudo

item