rpp ips kelas 3 sd Mengenal jenis-jenis pekerjaan
http://fahmidamusyafaatul.blogspot.com/2017/11/rpp-ips-kelas-3-sd-mengenal-jenis-jenis.html
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)
Nama
Sekolah : SDNxxxx
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan
Sosial
Kelas/Semester : III/ 2 (Genap)
Standar
Kompetensi : 2. Memahami jenis pekerjaan
dan penggunaan uang
Kompetensi
Dasar : 2.1 Mengenal jenis-jenis
pekerjaan
Indikator :
·
Menjelaskan pengertian kebutuhan
·
Menyebutkan jenis-jenis kebutuhan
·
Menjelaskan pengertian pekerjaan
·
Menyebutkan jenis pekerjaan yang ada di
lingkungan sekitar
·
Mengklasifikasikan macam-macam pekerjaan
berdasarkan hasil pekerjaan
·
Membedakan pekerjaan yang menghasilkan
barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa
Alokasi
waktu : 6 x 35 menit (2x
pertemuan)
A. Tujuan
pembelajaran:
(Pertemuan
ke-1)
·
Setelah guru memberikan contoh dan
penjelasan mengenai kebutuhan, siswa dapat
menjelaskan pengertian kebutuhan dengan benar
·
Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis kebutuhan dengan tepat
·
Dengan
penyajian gambar, siswa dapat menjelaskan
pengertian pekerjaan dengan benar
·
Dengan penyajian gambar, siswa dapat menyebutkan jenis pekerjaan yang ada di lingkungan
sekitar, minimal 5
(Pertemuan ke-2)
·
Setelah mendengarkan penjelasan guru,
siswa dapat mengklasifikasikan macam-macam
pekerjaan berdasarkan hasil pekerjaan dengan benar
·
Dengan diskusi, siswa dapat membedakan pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan
yang menghasilkan jasa
B. Materi
Pembelajaran:
- Jenis-jenis
kebutuhan
-
Kebutuhan pokok (primer)
-
Kebutuhan tambahan (sekunder)
-
Jenis-jenis pekerjaan yang ada di
lingkungan sekitar
-
Macam-macam pekerjaan yang menghasilkan
barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa
C. Metode
Pembelajaran:
- Ceramah
- Tanya
jawab
- Diskusi
- Penugasan
- Tugas
kelompok
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan Pendahuluan (5’)
·
Mengucapkan salam
·
Menanyakan kabar siswa
·
Menanyakan kesiapan belajar siswa
·
Meminta ketua kelas untuk memimpin
membaca do’a
·
Memeriksa kehadiran siswa
2.
Kegiatan Inti
Pertemuan
ke 1 (95’)
TAHAP
|
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
ALOKASI WAKTU
|
Eksplorasi
|
- Melakukan
apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa mengenai materi jenis-jenis
pekerjaan
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran atau kompetensi yang harus dicapai oleh siswa dan metode
yang digunakan
- Memberikan
wawasan tentang pentingnya kompetensi dasar (jenis-jenis pekerjaan) dalam
kehidupan sehari-hari
- Memberikan
contoh yang berkaitan dengan kebutuhan
- Meminta
siswa menyebutkan kebutuhannya dalam sehari-hari
|
- Menyimak dengan
baik pengantar yang diberikan oleh guru
- Menulis
tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
- Menyimak
penjelasan guru
- Menyebutkan
kebutuhannya dalam sehari-hari
|
15’
|
Elaborasi
|
-
Menjelaskan pengertian kebutuhan
dan jenis-jenis kebutuhan
-
Meminta siswa menjelaskan kembali
pengertian kebutuhan dan jenis-jenis kebutuhan
-
Meminta siswa untuk menyebutkan
contoh kebutuhan primer dan kebutuhan skunder
-
Menyajikan dan menjelaskan media
berupa gambar tentang berbagai pekerjaan
-
Meminta siswa untuk menyebutkan
berbagai jenis pekerjaan yang ada di lingkungan sekitar
-
Guru bersama siswa menganalisis
pengertian pekerjaan dari contoh dan media yang disajikan
-
Guru membuat permainan, dengan
memotong kertas karton menjadi kecil-kecil sesuai dengan jumlah siswa dan
menuliskan berbagai pekerjaan, lalu lipat kecil dan taruh wadah (sudah
disiapkan terlebih dahulu)
-
Guru meminta siswa satu persatu
untuk maju mengambil kertas dan menjelaskan pekerjaan yang tertulis di dalam
kertas
-
Meminta siswa lain untuk
menanggapi teman yang ada di depan
-
Guru memberikan soal kepada siswa
untuk mengetahui pemahaman siswa
-
Setelah siswa selesai mengerjakan
soal, guru bersama siswa mengoreksi dan membahas jawaban siswa
|
-
Menyimak penjelasan guru
-
Menjelaskan kembali pengertian
kebutuhan dan jenis-jenis kebutuhan
-
Menyebutkan contoh kebutuhan
primer dan kebuhan sekunder
-
Memperhatikan dan menyimak media
yang disajikan guru
-
Menyebutkan jenis pekerjaan yang
ada di lingkungan sekitar
-
Menganalisis pengertian pekerjaan
- Maju
ke depan untuk mengambil kertas dan menjelaskan pekerjaan yang tertulis di
dalam kertas
- Siswa
lain menanggapi temannya yang ada di depan
-
Mengerjakan soal yang diberikan
guru
-
Bersama guru mengoreksi dan
membahas jawaban dari soal tersebut
|
70’
|
Konfirmasi
|
- Memberikan
penguatan atas materi yang telah diajarkan
- Memberikan
pekerjaan rumah (PR) untuk dikerjakan siswa
- Menanyakan
pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh
- Memberikan
motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi
dalam belajar
|
- Menyimak
dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
- Mencatat
hal hal penting yang dijelaskan oleh guru
- Bertanya
apabila ada hal yang belum dimengerti
- Mencatat
pekerjaan rumah yang diberikan guru
- Menyampaikan
pesan kesan selama pembelajaran berlangsung
- Menyimak
pesan guru
|
10’
|
Pertemuan ke-2 (95’)
TAHAP
|
KEGIATAN GURU
|
KEGIATAN SISWA
|
ALOKASI WAKTU
|
Eksplorasi
|
- Melakukan
apersepsi dengan tanya jawab kepada siswa tentang materi yang diajarkan
kemarin dan menghubungkannya dengan materi yang akan dipelajari
- Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh siswa dan metode yang digunakan
- Memberikan
wawasan tentang pentingnya kompetensi dasar (jenis-jenis pekerjaan) dalam
kehidupan sehari-hari
- Memberikan
contoh mengenai pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang
menghasilkan jasa
- Meminta
siswa memberikan contoh pekerjaan yang menghasilkan barang dan yang
menghasilkan jasa
|
- Menyimak dengan
baik pengantar yang diberikan oleh guru
- Menulis
tujuan pembelajaran yang disampaikan oleh guru
- Menyimak
penjelasan guru
-
Memberikan contoh pekerjaan yang
menghasilkan barang dan yang menghasilkan jasa
|
15’
|
Elaborasi
|
-
Menjelaskan pekerjaan yang
menghasilkan barang dan pekerjaan yang menghasilkan jasa
-
Membagi siswa menjadi beberapa
kelompok (setiap kelompok terdiri dari 4-5 anak)
-
Meminta setiap kelompok untuk
mendiskusikan pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang
menghasilkan jasa dan membimbing jalannya diskusi
- Membimbing
siswa untuk melaksanakan presentasikan hasil diskusi
-
Mengajak siswa membahas kembali
hasil diskusi
-
Meminta setiap siswa untuk mengarang
pekerjaan yang diidamkan, alasan memilih pekerjaan tersebut dan usaha yang
dilakukan untuk mencapai pekerjaan itu
-
Setelah siswa selesai mengarang,
guru menyuruh siswa mengumpulkannya
|
- Menyimak
penjelasan guru
- Siswa
berkumpul sesuai dengan kelompok
- Berdiskusi
mengenai pekerjaan apa saja yang menghasilkan barang
- Berdiskusi
pekerjaan yang menghasilkan jasa
- Berdiskusi
untuk membedakan pekerjaan sesuai dengan barang yang dihasilkan
- Memcatat
hasil diskusi mengenai pekerjaan yang menghasilkan barang dan pekerjaan yang
menghasilkan jasa
- Mempresentasikan
hasil diskusi
- Kelompok
lain memberikan tanggapan dan pertanyaan mengenai presentasi kelompok yang
bertugas
- Membahas
hasil diskusi
- Mengarang
pekerjaan yang diidamkan, alasan memilih pekerjaan tersebut dan usaha yang
dilakukan untuk mencapai pekerjaan itu
- Mengumpulkan
karangan yang dibuat
|
70’
|
Konfirmasi
|
- Memberikan
penguatan atas hasil presentasi yang dilakukan oleh siswa
- Meminta
siswa untuk mengumpulkan laporan hasil diskusi
- Memberikan
pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan siswa
- Menanyakan
pesan kesan mengenai pelajaran yang baru saja diperoleh
- Memberikan
motivasi atau penguatan positif untuk memotivasi agar siswa lebih giat lagi
dalam belajar
|
- Menyimak
dengan baik penguatan yang diberikan oleh guru
- Mencatat
hal hal penting yang dijelaskan oleh guru
- Bertanya
apabila ada hal yang belum dimengerti
- Mengumpulkan
laporan hasil diskusi
- Mencatat
pekerjaan rumah yang diberikan guru
- Menyampaikan
pesan kesan selama pembelajaran berlangsung
- Menyimak
pesan guru
|
10’
|
3.
Kegiatan Penutup (5’)
· Memberikan
pesan-pesan untuk menghargai setiap pekerjaan yang berbeda dan selalu mementingkan
kebutuhan yang lebih utama
· Meminta
ketua kelas untuk memimpin membaca doa bersama sama
E.
Sumber Belajar
-
Wida Widianti dan Ratih Hurriyati, Ilmu
Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 51-60
-
Sunarti dan Eko Setiawan S, Ilmu
Pengetahuan Sosial, kelas III, hal 65-73
F.
Media Pembelajaran
- Gambar
berbagai pekerjaan
G. Penilaian
- Tes
tulis
- Daftar
cek
- Unjuk
kerja
Harrah's Cherokee Casino & Hotel - Mapyro
BalasHapusFind the best prices for 속초 출장안마 Harrah's Cherokee Casino & 수원 출장마사지 Hotel in Cherokee (NC), USA. Make 고양 출장안마 real-time driving directions to 창원 출장마사지 places to stay. 포커