penilaian kognitif, psikomotorik, dan afektif materi perubahan bentuk dan wujud benda kelas 2 Sd



Penilaian
a.    Tes Tulis
Soal pilihan ganda
Pilihan salah satu jawaban yang benar di bawah ini!
1.      Berikut ini yang merupakan contoh benda yang dapat berubah bentuk adalah, kecuali.......
a.       Adonan tepung                  c. Es lilin
b.      Plastisin   
2.      Berikut ini contoh benda yang terbuat dari tanah liat yang mengalami perubahan bentuk benda adalah.......
a.    Tembikar                 c. Pisau
b.    Panci alumunium
3.      Es batu adalah salah satu contoh benda yang dapat berubah ...........
a.    Bentuk                    c. Ubah
b.    Wujud  
4.      Contoh benda padat yang dapat berubah wujud menjadi cair jika dipanaskan adalah......
a.    Margarin                 c. Kayu
b.    Kertas
5.      Tembikar dibuat dengan cara .......
a.    Ditekan-tekan                     c. Didinginkan
b.    Dipilin-pilin
6.      Dibawah ini yang termasuk faktor yang mempengaruhi perubahan bentuk platisin adalah, Kecuali.........
a.    Ditekan-tekan                     c. Dibiarkan
b.    Dipilin   
7.       
Gambar di samping merupakan gambar es batu, es batu bisa membeku karena.........
a.    Dipanaskan dengan api                  c. Dimasukkan ke dalam lemari
b.    Didinginkan di dalam kulkas
8.       

Gambar di atas merupakan gambar margarin, margarin bisa mencair karena..........
a.    Dipanaskan dengan api      c. Dimasukkan ke dalam lemari
b.    Didinginkan di dalam kulkas
Skor  akhir =  x 100%
Rubik penilaian
Pedom dan penskoran untuk penilaian tes tulis
No
Pertanyaan
Level Kognitif
Jawaban
Skor
1.
Berikut ini yang merupakan contoh benda yang dapat berubah bentuk adalah, kecuali.......
C1
c. Es lilin
2
2.
 Berikut ini contoh benda yang terbuat dari tanah liat yang mengalami perubahan bentuk benda adalah.......
C1
a. Tembikar
2
3.
Es berubah menjadi air jika...........
C1
a. Dipanaskan
2
4.
Benda padat akan yang dapat berubah wujud menjadi cair jika dipanaskan adalah......
C1
a. Margarin
2
5.
Tembikar dibuat dengan cara .......
C2
a. Ditekan-tekan
3
6.
Dibawah ini yang termasuk faktor yang mempengaruhi perubahan bentuk platisin adalah, Kecuali........
C2
c. Dibiarkan
3
7.
                       
                         Gambar di samping merupakan gambar es batu, es batu bisa membeku karena.........
C4
b. Didinginkan di dalam kulkas
5
8.

Gambar di atas merupakan gambar margarin, margarin bisa mencair karena..........
C4
a. Dipanaskan dengan api
5
b. Instrumen unjuk kerja dalam bentuk rubik penilaian
Rubik kegiatan percobaan perubahan wujud benda melalui kerja kelompok
No
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Ketepatan melakukan percobaan perubahan wujud benda
Tidak terdapat kesalahan dalam melakukan  percobaan perubahan wujud benda sesuai dengan prosedur pelaksanaan
Terdapat 1 atau 2 kesalahan dalam melakukan percobaan perubahan wujud benda sesuai dengan  prosedur pelaksanaan
Terdapat 3 atau lebih kesalahan dalam melakukan percobaan perubahan wujud benda sesuai dengan prosedur pelaksanaan
Siswa belum bisa melakukan percobaan perubahan wujud benda sesuai dengan prosedur pelaksanaan
2.
Kerjasama kelompok
Seluruh anggota berpartisipasi aktif
Setengah atau lebih anggota kelompok berpartisipasi aktif
Kurang dari setengah anggota kelompok berpartisipasi aktif
Seluruh anggota kelompok terlihat




Cara penilaian kegiatan percobaan perubahan wujud benda
No
Nama Siswa
Perolehan Skor
Kriteria 1
Kriteria 2
1.



2.



3.



4.



5.



Rumus perhitungan sebagai berikut:
Keterangan:
·      Jumlah skor yang diperoleh siswa adalah jumlah skor yang diperoleh siswa dari kriteria 1 dan kriteria 2
·      Skor ideal adalah perkalian dari banyak kriteria dengan skor tertinggi.













c.    Sikap
Nilai karakter yang dikembangkan
Definisi
Indikator
Disiplin
Ketaatan atau kepatuhan terhadap peraturan
-       Kehadiran ke sekolah tepat waktu
-       Senantiasa menjalankan tugas piket
-       Menyelesaikan tugas sesuai waktu yang disepakati

Lembar pengamatan
Minggu ke ....... bulan ...... 2016
Nilai karakter yang dikembangkan: Disiplin
No
Nama
Perkembangan
Ket
BT
MT
MB
SM
1.






2.






3.






4.






5.






*) Guru memberikan tanda () pada setiap kriteria sesuai dengan nilai karakter yang muncul dari siswa
Keterangan :
Tahapan perkembangan nilai karakter sebagaimana tercantum dalam Kerangka Acuan Pendidikan Karakter (Kemendiknas, 2010) meliputi:
BT: Belum Terlihat
Apabila peserta didik belum memperlihatkan tanda- tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator karena belum memahami makna dari nilai itu (Tahap
Anomi).
MT: Mulai Terlihat
Apabila peserta didik sudah mulai memperlihatkan adanya tanda-tanda awal perilaku yang dinyatakan dalam indikator tetapi belum konsisten karena sudah ada pemahaman dan mendapat penguatan lingkungan terdekat (Tahap Heteronomi).
MB: Mulai Berkembang
Apabila peserta didik sudah memperlihatkan berbagai tanda perilaku yang dinyatakan dalam indikator dan mulai konsisten, karena selain sudah ada pemahaman dan kesadaran juga mendapat penguatan lingkungan terdekat dan lingkungan yang lebih luas (Tahap Sosionomi).
SM: Sudah Membudaya
Apabila peserta didik terus menerus memperlihatkan perilaku yang dinyatakan dalam indikator secara konsisten karena selain sudah ada pemahaman dan kesadaran dan mendapat penguatan lingkungan terdekat dan lingkungan yang lebih luas sudah tumbuh kematangan moral (Tahap Autonomi).

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Komunitas Guru Berbagi Tirtoyudo

item