LKS percobaan perubahan bentuk benda

Lembar Kerja Siswa (LKS)
Perubahan Bentuk Benda
Standar Kompetensi   :
Benda dan Sifatnya
2. Mengenal berbagai bentuk benda dan kegunaannya serta perubahan  wujud dapat dialaminya
Kompetensi Dasar       :
2.2 Menunjukkan perubahan bentuk dan wujud benda (Plastisin/tanah liat/ adonan tepung) akibat dari kondisi tertentu
Indikator                     : Untuk mendeskripsikan perubahan bentuk benda
Kelas                           : II
Kelompok                   : .......................
Anggota Kelompok    :
  1. ..................................
  2. ..................................
  3. ..................................
  4. ..................................
A.      Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan percobaan perubahan bentuk benda, siswa diharapkan dapat mendeskripsikan perubahan bentuk benda dengan tepat.


B.       Permasalahan
Benda dapat berubah bentuk, perubahan bentuk melalui beberapa cara misalnya dengan ditekan-tekan, dipilin-pilin, dipukul-pukul, dipanasi, didinginkan.
coba perhatikan gambar berikut






Rounded Rectangle: Gambar orang membuat tembikar
 


bagaimana cara membuat tembikar?
tembikar terbuat dari tanah liat, tanah liat mudah diubah bentuknya, tanah liat bersifat lunak, tanah liat dapat dibuat menjadi tembikar, caranya dengan menekan nekan, tanah liat juga dapat
dibuat pot, batu bata
dan genting.
Pot                   Batu Bata        Genting
begitu pula plastisin dan kertas
plastisin dan kertas dapat diubah ubah bentuknya, benarkah plastisin dan kertas dapat dibentuk? untuk menguji kebenarannya. Marilah kita mengadakan percobaan berikut.
A.      Alat dan Bahan
·      Plastisin                                 Kertas


B.       Langkah-Langkah Pengamatan
1.    Siapkan alat dan bahan yang akan digunakan
2.    Ambil plastisin, dan bentuk menjadi kupu-kupu, kerbau dan bentuk sesuai keinginanmu.
3.    Setelah membentuk plastisin, amatilah perubahan plastisin tersebut.
4.    Setelah itu, bentuklah kertas menjadi bunga, pesawat-pesawatan dan sesuai keinginanmu. Kemudian amati perubahan kertas tersebut.


5.    Setelah kalian mengamati perubahan bentuk benda, hasil dari pengamatan tulis pada tabel yang tersedia.
C.      Lembar Pengamatan
Tabel
Berikan tanda centang () pada tabel berikut.
No
Pertanyaan
Dapat dibentuk
Tidak dapat dibentuk
1.
Plastisin dibentuk menjadi kupu-kupu
.........
.........
2.
Plastisin dibentuk menjadi kerbau
.........
.........
3.
Plastisin dibentuk sesuai keinginanmu
.........
.........
4.
Kertas dibentuk menjadi bunga
.........
.........
5.
Kertas dibentuk pesawat-pesawatan
.........
.........
6.
Kertas dibentuk sesuai keinginamu
.........
.........

D.      Analisis
Jawablah pertanyaan berikut dengan mencoret jawaban yang tidak benar.
1.    Saat plastisin dibentuk menjadi kupu-kupu, apakah bentuk berubah? (iya/tidak)
2.    Saat plastisin dibentuk menjadi kerbau, apakah bentuk berubah? (iya/tidak)
3.    Saat kertas dibentuk menjadi bunga, apakah bentuk berubah? (iya/tidak)
4.    Saat kertas dibentuk menjadi pesawat-pesawatan, apakah bentuk berubah? (iya/tidak)
E.       Kesimpulan
Plastisin dan kertas (dapat/tidak dapat) bentuknya, karena benda (dapat/tidak dapat) berubah dengan kondisi tertentu. Seperti dibentuk dengan berbagai cara, misalnya dengan ditekan-tekan, dipilin, dipukul, dibakar dan lain-lain. 
F.       Soal 
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan mencoret jawaban yang tidak benar!
  1. Benda (dapat/tidak dapat) berubah bentuk akibat kondisi tertentu
  2.  Perubahan bentuk benda (dapat/tidak dapat) dibentuk dengan berbagai cara, seperti dipilin dan ditekan
  3. Adonan tepung dan tanah liat merupakan benda yang (dapat/tidak dapat) dibentuk sesuai keinginan kita
  4. Kartas dan kayu juga merupakan benda yang (dapat/tidak dapat) dibentuk sesuai keinginan kita
  5. Genting dan batu bata dari tanah liat yang (dapat/tidak dapat) dibentuk dengan berbagai cara

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow us !

Blogger news

Trending

Tayangan

Komunitas Guru Berbagi Tirtoyudo

item